Cara terbaik mengobati penyakit liver dan tidakan pencegahannya

Detikinfo sehat kali ini membahas tentang Cara terbaik mengobati penyakit liver dan tidakan pencegahannya. Penyakit liver merupakan jenis penyakit yang menyerang liver dan menyebabkan kinerja organ ini menjadi kurang maksimal. Hati atau liver, memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia, mulai dari tempat menyimpan gula dalam bentuk glukosa, sebagai distributor bagi seluruh jaringan pada tubuh dalam memberikan energi, serta sebagai organ yang memproduksi protein penting. Hati yang terserang penyakit, tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 


Cara mencegah terjadinya penyakit liver

Mencegah penyakit liver, bisa dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat terutama dengan makanan yang sehat pula. Beberapa tips di bawah ini, membantu anda dalam mencegah terjadinya penyakit liver. 




1. Konsumsi wortel secara rutin

Wortel dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang bagus dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel yang dikonsumsi secara rutin, juga baik bagi kesehatan liver atau hati anda. Wortel sendiri mengandung senyawa sehat bernama beta karoten dan flavonoid yang berperan dalam merangsang serta membantu meningkatkan fungsi liver dalam tubuh.

2. Minum Teh hijau secara rutin

Teh hijau merupakan jenis minuman yang banyak digemari, bukan hanya karena rasanya yang khas, melainkan juga mengandung banyak zat sehat bagi kesehatan. Di dalam teh hijau, terkandung zat sehat seperti antioksidan yang bernama cathehin. Adapun fungsi cathehin bagi kesehatan adalah untuk membantu kinerja liver agar lebih baik dan maksimal.

Teh hijau memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi kesehatan liver, melainkan juga membantu menyukseskan diet anda. Inilah kenapa banyak pakar kesehatan yang menyarankan penurunan berat badan, salah satunya adaah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin. 

3. Hindari konsumsi lemak jenuh

Salah satu gejala dari penyakit liver adalah turunnya berat badan secara signifikan. Mereka dengan penyakit lemak, umumnya juga mengalami fungsi empedu yang menurun. 

Saat kinerja empedu menurun, tubuh menjadi kesulitan dalam melakukan penyerapan terhadap lemak. Alhasil, ada masa dimana tubuh akan membutuhkan sedikit lemak sebagai cadangan energinya. 

Mereka dengan sakit liver, umumnya diberi asupan berupa lemak yang sehat. Beberapa jenis minyak sehat yang diperlukan dan sehat bagi penderita liver adalah dengan minyak zaitun, alpukat, serta minyak canola. 

4. Batasi cairan sodium

Konsumsi terlalu banyak cairan sodium, dapat menyebabkan terjadinya resistensi cairan sehingga menimbulkan yang namanya pembengkakan. 

Beberapa jenis makanan dengan kandungan sodium yang cukup melimpah adalah garam, sup atau jenis sayur dalam kaleng, keju, jenis bumbu tertentu, makanan ringan hingga natrium.

Ketika liver terserang penyakit, maka kemampuan dalam mempertahankan cairan akan semakin berkurang. Hal ini dapat terjadi ketika sistesis protein yang mengalami penurunan dalam hati. 

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan masakan yang selalu ada di dapur. Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dimana salah satunya adalah untuk mengaktifkan enzim yang berguna dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Di dalam bawang putih juga terkandung zat yang berguna dalam pembersihan hati yakni senyawa selenium serta senyawa allicin. 

6. Konsumsi jeruk bali secara rutin


Salah satu cara tepat dalam mencegah terserang penyakit liver adalah mengonsumsi jeruk bali secara rutin. Di dalam jeruk bali, terkandung vitamin C serta antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Kedua senyawa sehat tersebut, merupakan zat yang berguna dalam mempersihkan hati. Untuk meningkatkan kinerja hati dengan membersihkannya dari pengaruh racun, anda disarankan untuk mengonsumsi air jeruk bali secara rutin. 

Konsumsi ini mampu membantu anda dalam mengeluarkan racun serta karsinogen dalam tubuh. 

7. Konsumsi banyak sayuran hijau

Beragam sayuran hijau yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar, memiliki banyak kandungan sehat bagi kesehatan tubuh. Terlebih bagi kesehatan hati, maka sayuran hijau merupakan pilihan yang tepat bagi organ tubuh yang satu ini.

Sayuran hijau bisa diolah untuk kemudian dikosumsi sebagai bahan masakan atau bisa pula dijus sebagai minuman segar. Mengonsumsi jenis sayuran hijau bisa dilakukan dengan secara langsung dalam keadaan mentah atau diolah sesuai dengan selera.

Sayuran hijau mengandung banyak klorofil yang bagus dalam membantu membersihkan racun dalam aliran darah. Bukan hanya itu, namun jenis sayur ini juga baik dalam menetralisir kandungan berbahaya lainnya dalam tubuh seperti bahan kimia, pestisida hingga logam berat yang menganggu kesehatan hati. 

Cara mengobati penyakit liver

Untuk mengobati penyakit liver, anda bisa menggunakan jenis bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar, dimana salah satunya adalah temulawak. Cara menggunakan temulawak dalam mengobati liver, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. Siapkan temulawak sebanyak seperempat kg dan 3 lembar daun sirsak.

b. Iris tipis temulawak lalu keringkan hingga warnanya berubah menjadi kuning.

c. Rebus semua bahan ke dalam empat gelas air putih lalu tunggu beberapa saat hingga airnya menyusut menjadi tiga gelas saja.

d. Masukkan gula merah dan konsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Banyak sekali faktor yang berpengaruh pada kesehatan hati. Dalam hal ini anda bisa mencegah terjadinya penyakit liver dengan cara menghindari apa saja yang menyebabkan kerusakan hati seperti halnya mengonsumsi obat secara sembarangan serta masalah lingkungan. 

Penyakit liver merupakan jenis penyakit yang berbahaya, karena pada tingkat tertentu, jenis penyakit ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan hati dan harus melakukan tranplantasi hati. Operasi transplantasi hati tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dalam hal ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan hati dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site