Daftar Tempat Wisata di Bengkulu Terlengkap

Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di barat daya Provinsi Sumaera. Bengkulu mempunyai titik koordinat 5º 40' - 2º 0' LSdan 100º 40' - 104º 0' BT. Ibukota provinsi Bengkulu adalah Bengkulu.

Selain di bagian utara berbatasan dengan Sumatera Barat, di bagian selatan berbatasan langsung dengan Lampung. Sebelah barat Bengkulu berbatasan langsung Samudera Hindia. Dan di sebelah timurnya, Bengkulu berbatasan langsung dengan Jambi dan Sumatera Selatan.


Sejarah Singkat Provinsi Bengkulu

Kerajaan Selebar, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Sekiris dan Kerajaan Gedung Agung merupakan kerajaan yag pernah berdiri di Bengkulu yang dibawahi oleh Kesultanan Banten.

EIC (British East India Company) mendirikan pusat berdagangnya lada. Tahun 1713 didirikan Benteng Marlborough yang pembangunannya selelsai pada tahun 1719. Tahun 1824 Bengkulu kemudian diserahkan kepada Belanda, di atas Perjanjian London dengan Malaka sebagai imbalannya.

Pada abad ke-19 Rejang Lebong dijadikan pusat penambangan emas sampai sekitar abad ke-20. Untuk saat ini kegiatan menambang komersial telah diberhentikan karena deposit emas telah habis.

Tahun 1930-an Bengkulu menjadi sebuah tempat pembuangan para aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Setelah Indonesia merdeka, Bengkulu bengkulu menjadi karisidenan masuk dalam provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 18 November 1968 statusnya meningkat menjadi provinsi ke-26.

Objek Wisata Bengkulu

Selain Bengkulu merupakan provinsi yang kaya akan histori dan peninggalan-peninggalan sejarah zaman dahulu, Bengkulu juga mempunyai objek wisata alam yang tak kalah menarik.

1. Objek Wisata Alam

Berikut in iadalah beberapa objek wisata alam yang dapat Anda kunjungi ketika singgah di Bengkulu, diantaranya:

· Pantai Pasir Putih

pasir putih bengkulu

Dengan berjarak sekitar 19 kilometer dari kota Bengkulu, Pantai Pasir Putih ini terletak di sebelah selatan Pantai Panjang. Di Pantai Pasir Putih ini juga terdapat patung Gajah Putih yang dijadikan ikon oleh penduduk setempat. Kondisi jalan yang sangat bagus memudahkan Anda untuk mengakses pantai ini.

· Pantai Panjang

pantai panjang bengkulu

Pantai yang berjarak paling dekat dengan Bengkulu, yaitu sekitar 3 kilometer. Banyak pohon cemara yang cukup rindang menghiasi perjalanan Anda ke pantai ini. Akses menuju pantai ini juga bisa dibilang mudah, termasuk transportasi umumnya.

· Pantai Jakat dan Tapak Padri

pantai tapak padri bengkulu

Lokasinya berdekatan dengan Benteng Marlborough. Pemandangan disini juga tak kalah indahnya dengan yang lainnya. Masyarakat umumnya berkunjung ke Tapak Padri pada sore hari menjelang matahari terbenam, karena Tapak Padri sendiri merupakan wilayah dataran tinggi.

· Pulau Tikus

pulai tikus bengkulu

Disebut Pulau Tikus karena merupakan induk dari beberapa pulau-pulau di sekitarnya. Pulau ini dapat dijangkau hanya dengan melakukan perjalanan selama 1 jam dari Bengkulu. Terdapat banyak karang yang indah di Pulau Tikus ini, sehingga cocok dijadikan wisata bahari.

· Danau Dendam Tak Sudah

danau dendam sudah bengkulu

Bertempat sekitar 8 km dari Bengkulu. Danau ini dikelilingi bukit-bukit kecil berlatar belakang bukit barisan. Sepanjang danau ditumbuhi Anggrek air Vanda Hookeriana yang membuat pandangan tambah sejuk.

· Taman Hutan Hujan Tropis

taman hutan tropis bengkulu

Taman yang berjarak sekitar 16 km dari Bengkulu ini mudah dicapai oleh berbagai macam kendaraan. Taman ini biasanya dimanfaatkan untuk tujuan observasi dan tempat berkemah.

· Taman Wisata Konak

Taman ini merupakan taman berkonsep modern dan alami yang terletak di wilayah Kepahiang, Bengkulu. Selain banyak wahana permainan untuk keluarga, taman ini juga memiliki koleksi satwa yang cukup banyak

· Taman Berburu Seblat

taman berburu seblat bengkulu

Taman ini terletak di Bengkulu Utara. Taman in merupakan surga bagi yang mempunyai hobi memburu. Hewan yang bisa diburu disana diantaranya adalah kelinci, rusa, tupai, kijang babi dll.





· Danau Tes

danau tes bengkulu

Sebuah danau dengan pemandangan berupa bukit-bukit indah yang ditengah danau terdapat persawahan warga. Sumber air utama Danau Tes berasal dari Sungai Ketahun.

· Danau Mas Harun Bastari

danau bastari harun bengkulu

Danau yang terletak di Kecamatan Selupu Rejang ini merupakan danau yang cukup unik dilengkapi pulau kecil yang tersusun dari rumput liar.

· Danau Gedang dan Bukit Menghijau

danau gedang bengkulu

Danau yang akses transportasinya dirasa masih sulit. Danau ini termasuk danau alami dan belum terjamah oleh banyak orang.

· Taman Nanua

Taman Nanua ini meruoakan taman burung dan ada juga reptil mini. Taman ini terletk di pulau terluar Indonesia, Pulau Enggano.

· Danau Musi, Suro

Terletak di Kabupaten Kepahiang, tepatnya di Desa Suro Ilir. Danau yang indah dengan akses jalan yang sudah cukup bagus.

· Danau Picung

danau picung bengkulu

Danau ini terletak tepat di pusat kota dengan akses perjalanan yang cukup lancar. Danau ini tepatnya terletak di sekitar Tubei (ibukota Lebong). Pinggir danau diperuntukkan untuk umum sebagai tempat pemancingan.

· Tanah Lot Lais

tanah lot lais bengkulu

Tanah Lot Lais ini cocok dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyaksikan sunset. Formasi batu karang di sepanjang pantai yang terletak di Lais (Bengkulu Utara) ini seolah-olah menyempurnakan keindahannya, seperti mirip Tanah Lot Bali.

· Taman Wisata Dio Bagite

Taman wisata in merupakan kebun binatang mini yang mempunyai koleksi cukup banyak satwa. Taman ini bertempat di jalan Curup-Lubuk Linggau.

· Danau Tujuh Warna

danau tujuh warna bengkulu

Danau yan gterletak di Rimbo Pengadang ini mempunyai 7 kawah yang mempunyai warna yang berbeda satu sama lain. Untuk bisa mencapai tempat ini bisa menggunakan kendaraan beroda empat. Akan tetapi, katanya, jika dilakukan ditempuh dengan berjalan kaki secara ramai-ramai akan lebih menarik. Suhu di kawah ini cukup tinggi, bahkan bisa digunakan untuk menanak nasi atau memasak telur.

2. Objek Wisata Budaya dan Sejarah

Selain mempunyai objek-objek wisata alam, Bengkulu juga kaya akan objek wisata budaya dan sejarahnya, yang meliputi:

· Benteng Marlborough

benteng malborough bengkulu

Benteng Marlborough dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet oleh perusahaan India Timur. Benteng ini menghadap selatan serta mempunyai luas 44100 meter persegi. Benteng yang berbentuk menyerupai kura-kura ini didesain seperti bangunan abad 18. Menurut informasi masyarakat sekitar, di benteng itu juga terdapat pintu bawah tanah yang digunakan sebagai jalan keluar pada waktu perang jaman dulu.

· Parr and Hamilton Monuments

parr and hamilton monuments bengkulu

Untuk Parr Monuments, bertempat di depan pasar yang bernama Pasar Barukoto, berseberangan dengan benteng Marlborough. Sedangkan Hamilton terletak pada Jl. Soekarno-Hatta. Kedua monumen ini dibangun Inggris untuk memperingati kekalahan Inggris di Bengkulu.

· Rumah Pengasingan

rumah pengasingan bengkulu

Tepatnya, Rumah Pengasingan Bung Karno, bertempati di Jalan Soekarno-Hatta. Beberapa peralatan dan benda yang pernah dimiliki oleh Bung Karno masih disimpan rapi di rumah ini. Soekarno juga sempat mendesain masjid yang oleh penduduk sekarang dikenal dengan nama Masjid Jamik.

· Museum Provinsi Bengkulu

museum provinsi bengkulu

Terletak di Jalan Pembangunan, tepatnya di sebelah selatan kota Bengkulu. Di museum ini kita bisa melihat baju batik asli Bengkulu bernama Kain Besurek dan benda bersejarah lainnya.

· Danau Pematang

Danau yang berada sekitar 16 kilometer dari Curup ini dapat diakses menggunakan transportasi umum. Danau ini dikelilingi bukit.

· Rejang Lebong

rejang lebong bengkulu

Rejang Lebong yang terletak 6 km jauhnya dari Curup ini merupakan tempat yang terdapat air panas dan 2 air terjun.

· Danau Tes

Danau ini terletak sekitar 51 km dari Curup dan merupakan danau terbesar di Bengkulu. Danau ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik. 

· Air Terjun Kepala Curup

air terjun kepala curup bengkulu

Air yang segar menjadikan air terjun ini ramai didatangi wisatawan. Air terjun in iberlokasi sekitar 29 km jauhnya adri Curup.

· Kolam Renang Tabarena

Kolam renang Tabaren merupakan kolam renang alami yang berada di sungai. Airnya bersih dan dingin. Kolam renangTabarena 4 km jaraknya adri Curup.

· Sungai Air Putih

Sungai air putih merupakan sungai yang terdiri dari air dingin dan air panas. Sungai ini terletak di daerah Tambang Sawah, 80 km dari Curup dan 15 km dari Muara Aman.

· Pusat Pelatihan Gajah

Pusat pelatihan gajah bertempatdi Seblat, Napal Putih, Bengkulu Utara.

· Makam Sentot Alibasyah

Sentot Alibasyah adalah salah satu dari Panglima Perang Pangeran Diponegoro pada saat Perang Padri yang dikirim ke Bonjol. Amakam SentotAlibasyah terletak di Desa Bajak, Teluk Segara, Bengkulu.

· Gunung Kaba

Gunung yang juga berlokasi di Curup ini menjadi salah satu wisata alam favorit bagi para pendaki.

· Suban

Suban juga berlokasi di Curup, tepatnya di kaki Gunung Kaba. Anda bisa mandi air panas asli dari alam.

Selain beberapa wisata alam maupun wisata budaya dan sejarah, objek wisata lain yang dijadikan andalan Bengkulu adalah:

· Bunga Raflessia Arnoldy

raflesia arnoldi bengkulu

Bunga yang ditemukan oleh Dr. Arnoldy dan Sir Thomas Raffles ini berlokasi di Dusun Lubuk. Keistimewaan bunga ini adalah bunga ini merupakan bunga terbesar diameternye di dunia, mencapai 100 cm.






· Anggrek air Vanda Hookeriana

Anggrek air Vanda Hookeriana

Anggrek ini hanya dapat ditemukan di Danau Dendam Tak Sudah.

· Bunga Kibut (Amorphopalus Titanuum)

bunga kibut bengkulu

Bunga ini diketahui tumbuh di sekitar daerah Rejang Lebong. Bunga ini tidak memiliki batang tetapi memiliki bunga, dan mempunyai tinggi sekitar 3 m.

· Kekayaan Fauna

Fauna yang mendominasi wilayah Bengkulu adalah gajah, rangkong, kijang, macan dan monyet.

· Hutan

Kekayaan hutan di Bengkulu didominasi oleh Damar, Meranti, Rattan dan Kayu Medang. Tanaman lain yang dibudidayakan masyarakat adalah durian, getah karet, kopi, jeruk, minyak sawit dan lain-lan.

· Upacara Tabut

Upacara Tabut diadakan untuk memperingati 2 orang pahlawan yang bernama Hasan dan Husen ketika mati dalam perang melawan Yazud. Pelaksanaan upacara ini setiap tanggal 1 sampai dengan 10 Muharram.

· Taman Berburu

Taman Berburu terletak di Gunung Nanu’an, Pulau enggano. Hewan yang biasanya diburu adalah kijang, babi hutan, banteng liar dan lain-lain. 

· Taman Laut

Taman Laut ini berlokasi di sekitar Pulau Enggano.

· Taman Nasional

Taman nasional yang terdapat di Bengkulu, tepatnya di kecamatan Seblat, adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Sumatera Selatan.

· Tempat Pelatihan Gajah

Berlokasi di Seblat juga, tepatnya sebelah sungai Seblat, Bengkulu Utara. Tempat pelatihan gajah ini juga merupakan salah satu dari tempat latihan gajah yang berada di Indonesia seperti Way Kambas, Sebangau, Sebokor dll.

Demikian sekiranya informasi beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Bengkulu. Selain wisatanya, Anda juga wajib mencoba makanan seperti gulai tempoyak, bagar kambing dan pendap. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site