Keunikan Kacamata Kardus 3 Dimensi dari Google

Detikinfo.com- Keunikan Kacamata Kardus 3 Dimensi dari Google. Apakah yang canggih, terbaru, dan keren harus selalu mahal? Inilah pola pikir yang nampaknya ingin diubah oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yakni Google. Kini kecanggihan sebuah teknologi ditransformasi dalam bentuk yang sederhana dan juga ramah lingkungan yakni dalam bentuk kacamata kardus.

Namanya Cardboard, sebuah kacamata 3 dimensi yang sangat unik. Keunikan kacamata ini dapat dilihat dari bahan bakunya yang berupa kardus. Sebuah benda yang jauh dari kesan mewah. Dengan Cardboard, Anda dapat menikmati kecanggihan Virtual Reality tanpa perangkat keras yang menguras kantong. 

Keunikan Kacamata Kardus 3 Dimensi dari Google

  • Profil
Cardboard mulai diperkenalkan ke publik pada Juni tahun 2014 di salah satu kota di negeri Paman Sam yakni San Fransisco. Kacamata ini terbuat dari kardus dan berteknologi layaknya perangkat canggih headset bernama Oculus Rift yang terbilang berharga tinggi.






Kacamata yang terkesan murahan ini justru mampu menyajikan tampilan berupa visualisasi secara 3 dimensi sehingga apa yang Anda lihat tampak seperti aslinya, sungguh benar-benar nyata. Perangkat kacamata ini tersusun dari kertas kardus yang telah dibuat pola dan lensa seperti pada kacamata umumnya. Lensa inilah yang mampu menjadikan tampilan ponsel pintar Anda dalam bentuk 3 Dimensi.

Kertas pola yang akan dibentuk menjadi kacamata harus Anda rakit sendiri hingga terbentuk kacamata seperti layaknya melipat kertas origami. Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuta pola yang sudah disediakan google. 
  • Cara Pemakaian



Cara pemakaian kacamata unik ini cukup mudah, setelah melipat Cardboard, Anda hanya perlu menempelkan ponsel Android Anda. Pastikan layar pada ponsel Anda berhadapan dengan bagian lensa yang ada pada kacamata canggih tersebut. Tapi jangan lupa untuk terlebih dahulu mengunduh aplikasi Cardboard di Google Play Store sebelum mencoba pemakaian kacamata ini.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut pada ponsel pintar Anda, silahkan mulai menggunakan kacamata itu saat mengoperasikan ponsel. Untuk membuktikan tampilan 3 Dimensinya, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi percobaan. Saat Anda menggerakkan mata Anda, maka menu pada tampilan layar smartphone Anda akan mengikuti.
  • Aplikas dan Teknologi 3D
Cardboard memiliki dua buah sisi gambar yang terpisah pada layar ponsel pintar sehingga mampu menampilkan gambar secara nyata sesuai teknologi Virtual Reality yang lain. Dengan demikian, mata pada pengguna ponsel akan dipenuhi bidang pandang karena masing-masing mata akan melihat setiap gambar sehingga dapat melihat secara 3 dimensi.

Keseruan sensasi 3D tersebut dapat Anda rasakan saat bermain berbagai permainan atau games. Selain itu, jika Anda ingin merasakan keseruan lainnya silahkan coba membuka aplikasi Google Earth dimana anda akan mampu melihat kenampakan bumi yang indah dalam bentuk 3D.

Ada beberapa aplikasi yang juga bisa Anda coba seperti Photo Sphere, Toutube, dan animasi Windy day. Anda mungkin akan ketagihan menggunakan alat ini saat sudah merasakan sendiri keseruan yang bisa Anda dapatkan.
  • Kelemahan
Jika Anda pikir kacamata ini dapat digunakan untuk semua jenis ponsel pintar berbasis teknologi android, Anda salah. Hal ini dikarenakan tidak segala jenis dan seri ponsel pintar memiliki ukuran yang sesuai untuk diselipkan dalam cardboard. Hanya Nexus 5 yang mampu berkolaborasi dengan kacamata ini. Sepertinya kacamata ini hanya dirancang untuk ponsel tersebut.

Kehadiran kacamata ini berdampak positif, bukan hanya mengubah pola pikir sebagian masyarakat bahwa yang canggih itu harus mahal, tapi juga mampu menciptakan teknologi yang ramah terhadap bumi dan seisinya. Kehadiran kacamata kardus ini semoga dapat menginspirasi anda menemukan berbagai teknologi go green berikutnya.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. tapi liat objek hp sedeket itu ga rusak mata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu tidak, karena sudah disesauaikan ukurannya... Sperti google glass juga tidak menyebabkan mata sakit menurut pengujiannya mas :)

      Delete

Partner Site