Syarat dan Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat tanpa Agunan

Detikinfo.com - Syarat dan Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat tanpa Agunan. Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki pengetahuan seputar perbankan atau keuangan, pasti tidak asing lagi dengan sebutan KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR adalah sebuah program pemerintah, untuk memberikan bantuan modal kepada masyarakat untuk menjalankan usahanya. 

Syarat dan Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat tanpa Agunan

Untuk Anda yang mungkin saat ini belum paham apa itu KUR, dan bagaimana cara pengajuannya, silahkan simak penjelasan di bawah ini

Pengertian KUR

Singkat kata, KUR merupakan salah satu program dari pemerintah yang mempunyai kerjasama dengan Bank Nasional Negara dan ditujukan kepada usaha kecil menengah maupun semua bentuk Koperasi yang dianggap layak namun belum bankable.Program tersebut berbentuk layanan kredit ataupun pembiayaan langsung.

KUR dijamin oleh sebuah Lembaga Penjamin Kredit. Untuk syarat-syarat mendapatkan KUR sendiri sangat bervariasi tergantung masing-masing bank yang menyediakan. Akan tetapi, saya akan mencoba menyederhanakan dan memberikan gambaran umum seperti apa persyaratan dokumen yang diperlukan. 

Berikut ini saya tuliskan detailnya :




1. Untuk syarat yang pertama, pemohon harus mempunyai dokumen legalitas seperti KTP atau Kartu Keluarga.

2. Pemohon juga harus mempunyai dokumen legalitas pendirian usaha seperti bukti NPWP, SIUP, SKDU atau semacamnya.

Selain persyaratan dokumen, juga dibutuhkan persyaratan sebagai kreditur yang meliputi:

1. Kreditur yang memohon KUR tidak sedang menerima program kredit apapun dari perbankan ataupun dari pemerintah.

2. Teruntuk kredit konsumtif misalnya kredit kendaraan bermotor KKB, punya kartu kredit, ataupun kredit kepemilikan rumah KPR masih diperbolehkan untuk mengajukan dan menerima dana KUR.

3. Untuk plafond yang berskala kecil menengah, KUR maksimal yang bisa diajukan sampai 500 juta.

Sedangkan KUR bisa didapatkan melalui beberapa cara sebagai berikut:



1. Anda harus memastikan dahulu usaha yang akan Anda ajukan KUR adalah usaha yang produktif. Apa saja yang termasuk usaha produktif? Usaha produktif disini yang dimaksud adalah misalnya usaha salon kecantikan, rumah makan, ataupun bisa juga usaha kerajinan.

2. Setelah Anda bisa memastikan usaha Anda termasuk usaha produktif, Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan mengajukan KUR seperti yang saya ulas sebelumnya

3. Setelah semua dokumen siap dan usaha Anda tergolong usaha produktif, Anda diharuskan mendatangi kantor Bank yang akan menyalurkan KUR tersebut, seperti: Bank Mandiri, Bank Bukopin, BRI, BNI, BTN, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri.

4. Langkah terakhir yang Anda harus tempuh adalah dengan menyerahkan semua surat permohonan KUR beserta dokumen yang diperlukan kepada pihak Bank untuk selanjutnya diproses.

Setelah beberapa cara tersebut diatas telah dilakukan, maka pihak Bank kemudian akan melakukan survei terhadap usaha anda untuk melakukan penilaian kelayakan usaha. Apabila usaha anda layak, maka pengajuan KUR akan disetujui.

Demikian beberapa syarat dan cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk mengajukan KUR tanpa agunan. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site