Tentang Penyakit Asma, Gejala, Cara Mengobati Dan Tindakan Pencegahan Yang Benar

Ulasan Detikinfo kali ini Tentang Penyakit Asma, Gejala, Cara Mengobati Dan Tindakan Pencegahannya. Asma merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian ogan pernapasan manusia. Meski belum diketahui secara pasti apa penyebab awal datangnya asma, namun penyakit ini dapat terjadi ketika ada radang yang menganggu jaringan pernapasan sehingga produksi lendir meningkat.

Gejala asma

Gejala asma sendiri ada yang berat dan ada pula yang ringan. Gejala asma yang tidak segera diobati, akan bertambah parah seiring dengan berkembangnya penyakit. Gejala awal dari asma, bisa berbeda pada orang yang berbeda pula. 

Tentang Penyakit Asma, Gejala, Cara Mengobati Dan Tindakan Pencegahan Yang Benar

Beberapa gejala asma yang harus diwaspadai dan sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan adalah sebagai berikut.

a. Tubuh yang terasa lemas dan mudah merasa capek.

b. Di malam hari, penderita sering mengalami batuk kecil.

c. Gangguan tidur yang terjadi secara terus menerus hingga menimbulkan gelisah.

d. Nafas yang terasa tidak nyaman. Dalam hal ini penderita umumnya merasa sesak nafas akibat napas yang menjadi berat.

e. Rasa depresi, mudah sedih, dan mudah tersinggung.

f. Rasa sakit pada tenggorokan, hidung tersumbat, hidung meler dan beberapa gejala yang mirip dengan serangan influenza.

Pengobatan asma menggunakan bahan-bahan alami




Salah satu penyebab penyakit asma adalah karena alergi. Beberapa orang dengan kondisi alergi akan debu, serbuk sari pada bunga ataupun jamur, memiliki resiko terkena penyakit asma lebih tinggi. Jika memang penyakit asma yang terjadi akibat alergi, ada baiknya anda mengatasi asma, sesuai dengan jenis alergi yang anda alami. 

Beberapa gejala asma akibat alergi, bisa berupa batuk, npas yang berubah menjadi cepat, tekanan kuat yang terasa di dada hingga sesak napas. Jika sudah demikian, ada baiknya anda menggunakan baju hangat, masker,s erta jauhi apa yang menjadi sumber alergi anda. 

Dalam mengobati penyakit asma, dokter biasanya memberikan jenis obat yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meski demikian, penggunaan jenis obat tersebut dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang lain. Inilah kenapa penggunaan bahan bahan alami, dinilai lebih sehat karena tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. 

1. Jahe

Salah satu jenis bahan alami dalam mengobati asma adalah jahe. Jahe sendiri adalah tanaman rimpang yang memiliki aroma khusus. Banyak yang telah membuktikan kehebatan jahe dalam menangani gejala sesak napas sekaligus mengurangi terjadinya peradangan. 

Jahe sendiri mampu mengatasi semua jenis asma yang disebabkan oleh berbagai penyebab. Cara menggunakan jahe sebagai obat asma, bisa dilakukan dengan cara, menyiapkan beberapa ruas jahe untuk kemudian direbus hingga mendidih. 

Akan lebih baik jika anda tidak menggunakan jahe yang telah lama disimpan, karena ditakutkan khasiatnya yang mulai pudar. Konsumsi air jahe selagi dalam kondisi hangat. 

2. Kopi

Meski banyak orang yang cenderung menjauhi kopi akibat kopi yang cenderung membawa dampak buruk bagi kesehatan, namun nyatanya kopi bisa digunakan sebagai salah satu alternatif penyakit asma yang tepat. Dalam menangkal jenis penyakit asma, anda bisa menggunakan kopi hitam pahit untuk kemudian dikonsumsi tanpa campuran gula. 

Kopi mengandung kafein yang berperan sebagai penghilang beragam gangguan pernapasan sehingga saluran napas bisa menjadi lebih lega. 

Kopi yang dikonsumsi sebaiknya hanya digunakan sebagai obat alternatif dalam mengobati asma, atau jika memang dikonsumsi tanpa dijadikan pengobatan, sebaiknya anda bisa membatasi jumlah konsumsi. Karena jika tidak, maka bahaya kafein, bisa kapan saja menyerang anda. 

3. Bawang putih

Salah satu obat yang dinilai cukup ampuh dalam mengatasi asma adalah bawang putih. Obat alami yang satu ini bukan hanya memiliki banyak kandungan sehat melainkan juga berguna dalam mempersedap banyak jenis masakan. 




Untuk menggunakan bawang putih sebagai bahan alami pengusir asma, anda bisa merebus bawang putih hingga mendidih ke dalam air sebanyak seratus mililiter. Selanjutnya tunggu ramuan menjadi dingin dan minum di malam hari. bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, maka bawang bisa pula digunakan sebagai penurun darah tinggi yang sehat dan aman. 

4. Bawang bombay

Jenis bawang-bawangan lainnya untuk mengatasi asma adalah bawang bombay. Sama seperti bawang putih, jenis bawang yang satu ini merupakan bumbu dapur yang berguna dalam menyedapkan banyak jenis masakan. 

Bawang bombay mengandung zat inflamasi yang berguna dalam mengurangi terjadinya peradangan pada saluran napas seseorang. 

5. Madu

Bahan alami sebagai alternatif dalam mengobati asma lainnya adalah madu. Di dalam madu, terdapat zat alami yang baik dalam melegakan saluran pernapasan, terutama bagi mereka yang menderita asma. Bukan hanya baik untuk asma, namun madu juga baik dalam mengatasi banyak gangguan kesehatan. 

Konsumsi madu secara rutin, juga membantu anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit tidak akan dekat-dekat dengan anda. Cara menggunakan madu dalam mengatasi penyakit asma, adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan kayu manis bubuk dan larutkan ke air hangat. Ramuan siap dikonsumsi. 

6. Senam pernapasan

Selain menggunakan bahan-bahan alami dalam melegakan pernapasan akibat penyakit asma, anda juga disarankan untuk melakukan senam pernapasan. Senam yang dilakukan, dapat membantu organ paru-paru supaya memiliki kapasitas yang normal. 

Gerakan senam pernapasan bukan hanya membuat anda jauh dari asma, melainkan juga membuat pikiran menjadi lebih santai dan menghindarkan anda dari gangguan stres. 

7. Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu teknik pengobatan yang berasal dari China. Meski demikian, akupuntur juga banyak ditemukan di negara kita, karena manfaatnya yang cukup besar bagi kelangsungan hidup sehat kita. 

Akupuntur dalam mengobati asma dapat dilakukan dengan cara melakukan terapi jarum pada beberapa titik yang terdapat di tubuh kita. Titik yang diterapi, adalah titik yang memiliki hubungan dengan rongga pernapasan seseorang. Penggunaan akunpuntur sendiri, telah terbukti ampuh bagi beberapa orang yang telah melakukannya. 

Mencegah datangnya penyakit asma

Asma bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, hingga mereka yang telah tua sekalipun. Inilah kenapa ada baiknya kita selalu menjaga diri dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. 

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mencegah terjadinya penyakit asma.


a. Jaga kondisi lingkungan dengan baik

Jika anda memiliki alergi dengan debu, akan lebih baik jika anda bersihkan rumah secara rutin sehingga tidak akan ada lagi debu yang membuat anda mengalami gangguan pernapasan. Jika memang debu berasal dari polusi, ada baiknya ada selalu gunakan masker untuk menjauhkan hidung dari polusi yang tersebar di udara. 

b. Hindari memelihara hewan seperti kucing dan anjing

Beberapa hewan seperti halnya kucing dan anjing, ternyata bisa menjadi salah satu sumber datangnya gangguan pernapasan. Terlebih jika anda memiliki alergi terhadap binatang tersebut. 

c. Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara teratur, mampu membuat badan tetap bugar, sehat, dan kuat. Tidak hanya itu, namun olahraga juga bagus dalam menghindarkan anda dari beragam jenis penyakit dimana salah satunya adalah asma. 

Asma merupakan jenis gangguan saluran pernapasan yang cukup mengganggu karena membuat napas menjadi sesak. Sebelum penyakit asma datang, ada baiknya anda melakukan pola hidup sehat dengan menjauhi sumber datangnya asma.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site