Tips menjadi Programmer Aplikasi android Otodidak

Sudah tidak dipungkiri lagi kalau Sekarang dominasi pasar gadget dikuasai oleh sistem Android. Dengan semakin bertambahnya pengguna android di dunia maka kesempatan besar bagi pembuat atau Developer aplikasi Android berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang banyak diminati oleh pengguna smartphone. Disinilah peran penting pembuat aplikasi untuk bersaing satu sama lain untuk memikat hati konsumen android untuk menanam program buatannya.

tips jadi programmer android otodidak

Bicara tentang pembuat aplikasi mungkin saja yang terbayang di benak kita adalah orang yang sekolahnya tinggi, biaya mahal dan dengan berbagai ijazah TIK yang dikantonginya. Memang benar, Sekolah tinggi dengan keahlian khusus memang bisa menjadi faktor utama untuk mencetak seorang programer dengan segala teori regular dan praktek yang dijalaninya selama duduk di bangku sekolah.

Namun banyak pula yang tidak mempunyai keahlian khusus dari jenjang kuliah pemrograman banyak yang sukses menjadi seorang programer handal, bahkan bisa mengalahkan kualitas dan kuantitas mereka-meraka yang bertahun-tahun berkutat di bangku sekolah.

Sekolah khusus untuk ilmu pemrograman atau biasa kita dengar dengan Kuliah TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) memang diperuntukkan bagi mereka yang memang ingin membangun ilmu dari titik awal secara bertahap sampai lulus. Dalam hal bahasa pemrograman, Berbagai teori secara urut dijabarkan agar seorang murid mengerti tentang alur, logika, Algoritma dan segala yang ada dalam membangun sebuah aplikasi yang kompleks.

Seorang Otodidak ilmu pemrograman akan membuat byPass (jalan pintas) untuk memotong itu semuanya. Rata-rata mereka (ilmu otodidak) mempelajari apa yang perlu dipelajari dan langsung praktek dengan berbagai fix dan error. Bahkan tanpa disadari pengetahuan yang sekilas hanya berdasarkan 'coba-coba' akan membuat mereka semakin selektif, kreatif bahkan lebih presisi memperhitungkan segala kode yang mereka terapkan.

Saya tidak akan secara khusus dan luas membandingkan apa dan bagaimana kelebihan atau kekurangan kedua hal diatas. Kini admin akan Fokus pada pembahasan tentang Tips mudah menjadi programer aplikasi Android secara otodidak. Maksudnya adalah, ketika seseorang dengan tingkat pendidikan bukan dari jalur TIK khususnya Bahasa Program dan ingin sekali mempelajari dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk nyata yaitu sebuah aplikasi yang bisa dijalankan maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memuluskan niatnya tersebut.

Admin akan memberikan tips khusus ini karena memang ada kaitannya dengan pengalaman pribadi. Harap maklum karena admin juga bukan programer Tulen dan tidak pernah mencicipi apa yang namanya bangku Kuliah TIK sebelumnya...hehe. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dari awal mula mempelajari bahasa pemrograman, algoritma, Logika pemrograman sampai mencoba beberapa bahasa program seperti Visual Basic, Delphi, Java dan lain sebagainya.

script code aplikasi android
Contoh Script Code

Nah, untuk sobat yang ingin sekali mempelajari tentang bagaimana menjadi seorang programer sebuah aplikasi android dengan skill yang belum tingkat dewa seperti saya maka ikuti tips saya berikut ini.

1. Tentukan dahulu aplikasi di sistem operasi apa yang nantinya ingin anda buat. Maksudnya, bila anda ingin sekali membuat aplikasi android dan mahir dalam bahasa program didalamnya maka fokuslah dahulu pada tujuan. Dengan mengetahui tujuan anda membuat aplikasi di salah satu sistem nantinya akan menentukan tahap selanjutnya seperti bahasa program tertentu yang harus dikuasai

2. Menguasai salah satu bahasa pemrograman. Maksudnya disini, bila masih awam dan baru saja ingin terjun ke dunia pembuatan aplikasi android maka mau tidak mau anda harus bisa bahasa script seperti Java.

Karena ingin belajar otodidak, maka referensi ilmu bisa didapat dari membeli buku, membaca di situs-situs yang mengulas tentang bahasa pemrograman java dan bisa juga memperbanyak referensi ilmu pemrograman dengan berbagai literatur yang tersedia gratis di Internet dengan format PDF.

Menguasai bahasa program harus tahap demi tahap, jangan langsung ingin meloncat ke tingkat expert kalau bahasa dasar belum dikuasai. Terkadang banyak aplikasi android yang hanya dibangun dengan sedikit pengetahuan script untuk dapat dijalankan dan sangat berguna bagi penggunanya.

3. Pelajari sedikit algoritma dan alur program. Maksudnya, anda harus mengetahui berbagai alur dari jalannya sebuah aplikasi yang ingin dibangun, misalnya anda ingin membuat aplikasi berhitung matematika, maka setidaknya anda harus tahu alur mulai awal mula aplikasi dijalankan kemudian user melakukan klik terhadap sebuah tombol, apa yang terjadi ketika user menginputkan angka pada textview dan lain sebagainya. 

Dengan sering belajar mengetahui alur dan logika pemrograman nantinya anda akan semakin mudah mengimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.

4. Baca dan praktekkan secara langsung beberapa contoh script aplikasi yang ada di berbagai situs yang menyediakan tutorial gratis.

Dengan langsung praktek berarti waktu anda tidak akan terbuang sia-sia. Teori yang anda baca bukanlah guru seperti di depan kelas yang bisa mendikte dan mengoreksi setiap saat. Andalah yang menentukan apakah program atau script yang anda inputkan sudah benar sesuai syntax dan peruntukannya ataukah belum. 

Dengan langsung praktek dari suatu contoh aplikasi sederhana anda lambat laun akan mengerti letak kesalahan dari script yang anda inputkan ketika melakukan Run program. Intinya baca dan praktek, begitu seterusnya.

5. Berimajinasi dengan cara kreatif, maksudnya ketika anda membayangkan ingin membuat suatu aplikasi walau sudah banyak yang membuat jenis aplikasi tersebut maka jangan minder dahulu, kreatiflah sedikit dengan menambahkan 'bumbu' lain pada aplikasi buatan anda.




6. Jiplak dan modifikasi, Jangan ragu untuk mencontek hasil orang lain untuk anda modifikasi sesuai keinginan asal bukan modifikasi dari script contoh yang berhak cipta lho ya...

Ketika anda ingin membuat program orang lain yang sudah jadi sesuai keinginan sebenarnya secara tidak langsung anda sudah mempelajari berbagai alur program serta semua script yang ada didalamnya tanpa sibuk menulis satu persatu dari awal. Lebih mudah dan hemat waktu bukan ?

7. Jangan sungkan Untuk bertanya pada yang lebih ahli. Banyak Forum di Internet yang dengan senang hati memberikan jawaban atas persoalan yang anda alami ketika terjadi masalah dalam membuat kode program aplikasi. 

8. Mencobalah terus mengembangkan aplikasi dari yang ringan ke tingkat yang lebih tinggi, dari script yang sederhana sampai yang alurnya rumit.

9. Hafalkan dan mengerti istilah-istilah penting dan dasar di dalam bahasa pemrograman android ( dalam hal ini Java ), Kan lucu kalau anda sudah bisa membuat aplikasi namun tidak tahu apa itu Intent, Override, Class, Private, public dan lain sebagainya.

10. Dokumentasikan segala hal penting yang baru saja anda pelajari dan menurut anda sulit untuk dihafal. Catat dalam notepad khusus karena suatu saat nanti anda akan membutuhkan script kode yang anda kira sulit tersebut untuk diimplementasikan ke ddalam aplikasi lainnya.

11. dan yang terpenting adalah pantang menyerah, konsisten dalam belajar script pasti tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi programer aplikasi anroid yang handal.

Mungkin masih banyak tips yang tidak bisa saya sebutkan, Namun Tips diatas Bila sudah dipraktekkan maka hasilnya luar biasa. Intinya Fokus pada apa yang kita inginkan maka keberhasilan pastinya didepan mata.

Semoga tips menjadi programmer aplikasi android secara otodidak diatas bermanfaat bagi sobat yang ingin memulai membuat suatu aplikasi Android tanpa Jenjang pendidikan Formal terlebih dahulu. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site