Tren Bisnis Kedai Kopi Beromzet Jutaan Rupiah

Detikinfo.com - Tren Bisnis Kedai Kopi Beromzet Jutaan Rupiah. Kegemaran anak muda zaman sekarang yang sering menghabiskan waktu untuk sekedar berbincang sambil menikmati secangkir kopi mulai dilirik sebagai lahan bisnis oleh sebagian orang. Kopi memang tidak hanya menjadi teman yang cocok untuk santai, naun juga dapat menjadi obat ngantuk saat sebagian orang sedang diburu waktu berbagai deadline tugas baik tugas kantor maupun tugas kuliah.

Tren Bisnis Kedai Kopi Beromzet Jutaan Rupiah

Tak heran kini makin menjamur berbagai kafe yang menawarkan berbagai jenis kopi. Mulai dari kopi khas Indonesia yang sudah mendunia seperti kopi aceh, lampung, dan sumbawa, hingga kopi dengan berbagai campuran seperti latte, capuccino, dan mocaccino. 

Daya tarik kedai kopi ini semakin besar dengan adanya berbagai menu pendamping yang cukup variatif seperti pisang goreng, pancake, roti bakar, dan menu lain. Kedai kopi pun bukan hanya milik kaum kelas atas saja karena sudah banyak angkringan yang tetap nyaman untuk dijadikan tempat santai namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Meskipun terlihat sederhana, bisnis kedai kopi sebenarnya mampu memberikan masukan jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap bulan. Hal ini dikarenakan umumnya pengunjung kedai kopi seringkali datang bersama dengan teman-temannya sehingga omzet penjualan akan lebih tinggi. Itulah mengapa bisnis kedai kopi ini dapat Anda jadikan pilihan jika hendak membuka bisnis baru.

Jika Anda benar-benar serius ingin memulai bisnis kedai kopi, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda jadikan masukan agar kedai kopi Anda memiliki keistimewaan dibanding dengan kedai lain yang akan menjadi pesaing Anda.

Tips sukses berbisnis kedai kopi


  • · Tentukan Tema
Tema adalah hal yang sangat penting untuk sebuah kedai. Dengan tema ini, Anda bisa mendesain tempat, memilih ornamen di kedai, seragam pegawai, hingga menu yang tersedia. 

Contohnya, jika Anda ingin membuka kedai kopi nusantara. Maka sebaiknya dinding-dinding kedai tersebut dihiasi dengan lukisan perkebunan kopi di berbagai daerah di Indonesia dan menu yang tersedia adalah berbagai kopi dari seluruh pelosok negeri.

· Pilih Tempat

Cari lokasi kedai yang strategis seperti daerah yang berada di dekat kampus, pusat wisata dan perbelanjaan, dan perkantoran. Selain itu usahakan pilih lokasi dimana di tempat tersebut belum ada kedai kopi sebelumnya. Perhatikan pula daerah tersebut apakah bersih dan nyaman karena orang-orang yang datang ke kedai kopi umumnya akan singgah dalam waktu yang lama.

· Fasilitas Penunjang



Sebagai tempat yang identik dengan lokasi bersantai, kedai kopi akan lebih menarik jika dilengkapi denga berbagai fasilitas yang membuat waktu santai menjadi menyenangkan. Contohnya adalah dengan fasilitas WiFi, TV, dan berbagai permainan seperti permainan kartu. Selain itu nda dapat menambahkan agenda hiburan lain seperti live performance musik akustik di akhir pekan.

· Strategi Promosi

Strategi promosi adalah hal yang paling penting dalam berbisnis. Maka dari itu saat memulai usaha kedai kopi ini, silahkan memilih strategi promosi yang efektif seperti melalui berbagai lini masa di sosial media. Berikan juga diskon untuk opening kedai kopi Anda agar banyak orang mau mencoba hingga akhirnya ketagihan untuk datang kembali.

· Menu Pendamping

Menu makanan sebagai pendamping kopi adalah hal yang juga penting. Pilihlah menu pendamping yang variatif namun tidak terlalu berat seperti roti bakar, pancake, sosis bakar, kentang goreng, maupun martabak.

· Izin Usaha

Jangan lupa untuk mendaftarkan usaha Anda jika akan dibuat dalam skala besar. Hal ini akan membuat bisnis berjalan lebih aman dan terhindar dari hal yang dianggap melanggar hukum.

Bagaimana, sebuah peluang yang menarik bukan? Buat anda yang lagi bingung dalam menentukan usaha yang terbaik saat ini, mungkin membuka kedai kopi bisa anda pertimbangkan. Selamat mencoba dan selamat berwirausaha.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site