Ukuran Iklan Paro Atas yang diperbolehkan adsense Google

Publisher Adsense Google memang diwajibkan untuk mematuhi segala aturan yang ada tanpa ada kecuali. Mulai dari tata letak iklan, Ukuran iklan yang diperbolehkan sampai aturan baku lainnya harus selalu dipatuhi agar tidak terkena pinalty berupa Banned.

Bicara mengenai TOS atau aturan baku dari google adsense, penayang iklan yang dalam hal ini adalah pemilik-pemilik situs, dianjurkan setiap saat untuk melakukan monitoring terhadap kinerja dan kepatuhan penempatan kode iklan pada halaman situs yang sudah diotorisasi.

ukuran dan penempatan iklan yang tidak diperbolehkan
Tampilan Selular (responsiv)

Kali ini admin DetikInfo akan membahas tentang tata letak iklan google adsense khusus untuk ukuran iklan apa saja yang diperbolehkan disematkan di paro atas halaman situs. Tentu saja dalam artikel ini semua menilik pada aturan baku yang ada di kebijaksanaan Google adsense, Bukan hanya rekaan dan andai-andai si admin saja lho...hehe.

Sebelum adanya gadger smartphone yang mengharuskan pemilik situs merubah gaya templatenya menjadi Responsiv, dulunya pengguna Internet ketika berselancar dan berkunjung ke halaman situs sebagian besar masih menggunakan perangkat Komputer atau PC. Namun lain dengan sekarang ini, peringkat teratas pengguna internet yang ingin berkunjung ke halaman situs yang dicarinya diduduki oleh smartphone sebagai peringkat pertama.




Dulu penayang iklan adsense bisa memasang berbagai metode ukuran Besar diatas 300x250 di paro atas halaman situs miliknya karena masih belum banyak yang menggunakan ponsel pintar untuk menjelajahinya. Ketika dibuka di PC Iklan yang tampak adalah murni ukuran sebenarnya tanpa diperkecil atau diperbesar secara otomatis oleh perangkat PC.

Oleh sebab itu, Pihak Google adsense 'mewajibkan' seluruh penayang iklan untuk mengubah template bawaan situsnya dengan template yang support dengan Smartphone alias Responsif agar iklan berukuran banner bisa menyesuaikan dengan bentuk dan dimensi layar smartphone milik pengunjung.

Dari gambaran diatas, yang ingin admin sampaikan disini adalah perihal penerapan iklan apa saja yang tidak diperbolehkan adsense untuk dipasang di situs yang sudah menerapkan template responsif.

Bentuk Iklan yang sekarang ini tidak diijinkan oleh pihak google adsense untuk diletakkan pada paro atas yaitu ukuran 300x250 dan diatasnya. Maksud dari statement diatas apa ? simak jawabannya di bawah ini.

Penayang dilarang meletakkan iklan berukuran besar pada paro atas halaman karena ketika iklan tersebut tampil di versi Mobile (selular) yang tampak oleh pengunjung adalah sebagian besar Iklan. Dengan ukuran banner iklan besar di tampilan selular, pengunjung yang datang dari selular dan melakukan load artikel bukannya yang tampil isi artikel malah iklannya dahulu yang pengunjung lihat.



Disitulah pihak google beranggapan dan mempertegas aturannya kalau hal diatas bisa mengelabuhi pengunjung situs. menurut google, iklan yang tampak terlebih dahulu dan isi artikel berada di bawahnya maka iklan akan dianggap sebagai isi artikel. Pengunjung situs akan melakukan scroll ke bawah untuk bisa membaca isi konten yang anda suguhkan karena di paro atas diduduki oleh iklan besar yang memenuhi sebagian besar halaman layar ponsel pintar.

Google juga memberikan gambaran jelas tentang aturan melarang seetiap pemilik situs untuk mengelabuhi pengguna dengan menyamarkan iklan dengan isi konten artikel. Walaupan anda tidak mengubah perilaku iklan seperti mengubah script dan lain sebagainya, namun meletakkan iklan pada posisi paro atas halaman berpotensi menutupi isi artikel dan menuntun pengguna untuk melihat banner besar terlebih dahulu. Itulah yang dilarang oleh TOS google adsesne saat ini.

tata letak yang diperbolehkan
tata letak tampilan mobile (diperbolehkan)
Lalu apa saja ukuran ads yang diperbolehkan oleh pihak adsense google untuk dipasang pada paro atas halaman situs anda agar aman dari peringatan bahkan banned ?. Ukuran iklan tersebut adalah sebagai berikut

  • 1. Ukuran Responsif
  • 2. Ukuran iklan Link tautan (Link ads)
  • 3. Ukuran iklan yang lebih kecil dari 300x250
Namun yang perlu diingat, walau semua ukuran iklan diatas yang diperbolehkan untuk anda pasang di paro atas halaman situs bukan berarti masih aman untuk digunakan. Setiap pemilik situs tentu akan berbeda satu dengan yang lain dalam hal Template, Maka dari itu periksalah secara seksama bagaimana kinerja halaman situs anda ketika dibuka di selular.

tata letak iklan yang dibolehkan
tata letak tampilan mobile (diperbolehkan)
Agar lebih aman dalam memasang iklan di paro atas, sebaiknya gunakan iklan link tautan. Bila ingin memasang iklan bananer sebaiknya gunakan bentuk responsif di bawah paragraf pertama. Bila ingin tetap menggunakan iklan banner pada sekitar judul gunakan responsif agar nantinya di tampilan selular akan mengecil dengan otomatis agar tidak menutupi sisi konten anda untuk loading pertama kali oleh pengunjung.

Ingat, semua penayang akan selalu dimonitoring oleh pihak google adsense. Admin sendiri juga pernah mendapat peringatan seperti hal diatas ketika menggunakan format iklan banner besar di paro atas, padahal sekian lama sekitar 2 tahun lebih dulunya tidak pernah adda peringatan sama sekali. Jadi berhati-hatilah daripada nanti tiba-tiba ada peninjauan terhadap kinerja iklan di situs sobat.

Jangan sampai ketika anda menggunakan ukuran banner iklan Responsif ketika halaman artikel dibuka di selular masih saja iklan ukuran besar yang memenuhi halaman, itu masih tidak diperbolehkan.

Sebenarnya ada beberapa sebab yang bisa mengakibatkan iklan ukuran responsif gagal mengecil dan selalu menampilkan ukuran banner besar di situs anda yang salah satunya adalah Kode HTML atau kode CSS yang mengijinkan iklan tampil dengan kerangka yang lebih besar.

Beruntunglah bila anda mempunyai template yang bisa untuk meloading ukuran iklan responsif ketika tampil menjadi lebih kecil alias seukuran banner Mobile. Jadi iklan tidak akan mengganggu pengunjung ketika ingin membaca tulisan anda.

Nah, mungkin tips dan info diatas saya sudahi sekian dulu. Bagi yang ingin bertanya atau ingin sekedar sharing pengalaman pemasangan iklan google addsense silahkan share komen anda di kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site