Apa sih Kelebihan dan fitur Android Nougat 7 ?

Berbagai Nama unik telah menjadi ciri khas penamaan dari sistem operasi android. Sampai detik ini, pihak developer robot ijo telah mengeluarkan OS terbaru yang memang masih baru saja diluncurkan yaitu Nougat 7.0. Sebagai penerus versi sebelumnya yaitu Marshmallow, Nougat ternyata membawa beberapa fitur unggulan yang lebih baik dari versi seblumnya. Apa saja fitur yang diusung oleh Nougat 7.0 ?, simak ulasannya di bawah ini.


1. Smart Quick Settings

Walau fitur ini sudah disematkan di versi sebelumnya, namun pihak pengembang Nougat mengklaim fitur yang satu ini lebih cerdas dan pintar.

Pengguna smartphone memang masih bisa melihat ikon kecil yang dapat digunakan untuk mengakses langsung ke aplikasi yang sering dibuka (reccent). Namun ada Bedanya, pada Android Nougat 7.0 pengguna dapat mengatur sendiri setting mana yang akan ditampilkan di menu dan mana yang tidak.

Begitu juga Informasi didalam kotak notifikasi yang tampak, tentang ikon setting dapat diakses hanya dengan menyentuh ikon. Sedangkan ketika anda menyentuh dan menahan ikon, maka user akan dibawa ke halaman settings dan diperlihatkan informasi di dalamnya.

Apa sih Kelebihan dan fitur Android Nougat 7

2. Menu Recent Apps

Di Android Nougat ini pengguna dapat melakukan tap 2 kali (mengetuk) untuk mengakses aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya. adanya Tombol All Clear juga kembali tersedia untuk menutup seluruh aplikasi yang baru dibuka secara cepat tanpa megeksekusi satu persatu untuk menutupnya.

OS terbaru Nougat 7.0 ini juga akan membatasi jumlah menu dalam Recent Apps. Aplikasi yang sudah tidak diakses dalam jangka waktu tertentu akan otomatis terhapus atau tidak ditampilkan dalam Recent Apps. Fungsi ini sangat baik karena akan menghemat penggunaan RAM atau cache dan membuat kinerja tetap lancar.

3. Direct Reply

Jika pada versi sebelum Nougat 7.0 user harus masuk ke aplikasi dahulu sebelum membalas pesan, maka pada Android Nougat 7.0 anda akan dipermudah.

pengguna bisa menjawab pesan langsung dari panel layar notifikasi yang diterimanya. Fitur ini dapat diakses untuk seluruh aplikasi perpesanan yang menggunakan Google API.

4. Dukungan Multi-Window (multi screen)

Dukungan Multi-Window adalah fitur baru dan memudahkan user dari Android Nougat ini. walaupun fungsi multi window ini sudah dikenal sejak versi-versi android sebelumnya, namun jika pada versi sebelumnya kita hanya bisa menjalankan satu aplikasi dan aplikasi lainnya disembunyikan, maka di android nougat anda dapat menjalankan 2 aplikasi secara berdampingan atau dalam istilah kerennya multi tasking.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, anda hanya perlu menyentuh dan menahan aplikasi yang diinginkan pada menu Recent Apps. Ketika ada prompt muncul, seret aplikasi tersebut ke bagian atas layar (drag and drop). Ulangilah langkah ini untuk aplikasi lain yang ingin anda buka dan anda akan mendapatkan dua aplikasi yang bisa berjalan dan diakses bersamaan.

Pada jenis perangkat tablet, pengguna bahkan bisa menyesuaikan dan mengatur sendiri ukuran jendela aplikasi yang sedang berjalan sesuka hati.

Namun ada beberapa aplikasi yang memang tidak mendukung adanya multi window, jadi pengguna harus berkesperimen sendiri dengan aplikasi yang mendukung fitur ini.

5. Panel Settings informatif

adanya informasi singkat dan sangat informatif bisa ditampilkan di versi ini. Informasi ini membantu anda untuk mengetahui status atau hal lain yang berhubungan dengan smartphone seperti jika anda memilih ketegori network, maka akan tampil info tentang banyaknya data yang sudah anda pakai.

6. Redesigned Notification

untuk pecinta chatting dan memiliki banyak akses ke akun sosial media yang dimiliki, mungkin sering dibuat resah dengan notifikasi terlalu banyak dan terasa menjejali layar botifikasi. di Android Nougat mencoba memperbaiki masalah ini salah satunya dengan menghadirkan Redesigned Notification. 

Notifikasi di Nougat 7.0 dibundel hanya pada satu baris dan tidak berjajar ke bawah sehingga tidak terkesan banyak. Misalnya jika anda menerima banyak notifikasi dari whatsapp, maka sistem akan meringkasnya menjadi satu notifikasi saja sebaris. Jika anda ingin mendeletnya, cukup usap pemberitahuan tersebut ke kiri.

7. Beefier Doze

Fitur Doze adalah fitur penghematan baterai agar konsumsi daya lebih awet dan tahan lama. walau adanya Doze ini sudah diperkenalkan di versi 6.0 atau marshmallow namun di nougat semakin dikembangkan dengan beberapa fitur penghematan yang lebih canggih.

Layar smartphone akan otomatis mati ketika ponsel dimasukkan ke dalam saku, dan layar seketika kembali hidup saat smart phone dikeluarkan dari saku.

8. Night Mode







Fitur ini memungkinkan OS mengubah kecerahan, warna dan distorsi layar smartphone menjadi sedikit kemerahan ketika keadaan kurang cahaya agar mata pengguna lebih nyaman dan tidak membuat mata silau saat menggunakannya.

9. PIP (Picture in picture)

adanya picture in picture (PIP) atau gambar berada dalam gambar akan memungkinkan pengguna untuk menonton atau sekedar menampilkan popup video sambil membuka aplikasi lain layaknya ketika anda melihat tampilan youtube dan menggesernya ke bawah layar sehingga gambar atau video akan berjalan pada sisi tertentu di bagian layar yang aktif. Menurut Google, aplikasi ini nantinya sangat berguna untuk perangkat TV.

10. Lebih Immersive dan mendukung VR


Mendukung VulkamTM atau render terbaru untuk API 3D dan platform Daydream atau yang lebih dikenal sebagai virtual reality.

Dengan VulkamTM, game-game 3D pada smartphone akan bisa dinikmati layaknya bermain sungguhan dengan dukungan perangkat VR. Tentunya bermain game jadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan

12. Keamanan

Keamanan dari versi sebelumnya juga dihadirkan seperti fitur bernama File-Based Encryption dimana memungkinkan pengguna menentukan file-file pribadi yang dapat disembunyikan dan tidak bisa diakses pengguna lain dengan enkripsi yang lebih baik.

Juga ada fitur seamless update, yang berfungsi pengguna dapat memasang langsung update terbaru sebelum anda melakukan optimasi aplikasi.

Ada lagi aplikasi direct boot yang berfungsi agar membantu smartphone menyala lebih cepat dari posisi mati (fast booting).

Nah, sudah tahu kan sekarang beberapa fitur dan kelebihan dari Nougat 7.0 android ?, semoga ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca detikinfo semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site