Bahaya Logam Lunak Timbal pada kesehatan Tubuh

Pembaca detikInfo, Bagi yang sering Nonton Televisi pasti sudah kerap kali melihat iklan tentang adanya Produk Pipa tanpa timbal. Dimana jenis pipa uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) ini mengedepankan tajuk iklan bagi masyarakat untuk memilih jenis saluran Pipa air minum yang bebas dari Logam lunak Timbal (Pb). Lalu apa sebenarnya pengaruh dan bahaya Timbal pada tubuh manusia ?, yuk simak ulasan tentang Timbal di bawah ini.

Timbal merupakan salah satu jenis logam lunak, seperti halnya merkuri (logam berat) yang secara ilmu medis bisa menyebabkan keracunan bagi tubuh. Akibat yang dirasakan apabila ada logam ini masuk ke dalam tubuh tidak akan terasa secara signifikan namun akan menggerogoti sistem kekebalan tubuh secara lambat laun namun pasti.

Bahaya timbal bagi kesehatan

Beberapa produk yang umum menggunakan timbal dalam campurannya seperti Baterai, Pipa paralon, Amunisi senapan, Bahan bakar dan lain sebagainya. Walau dalam berjalannya waktu produk seperti baterai sendiri sekarang ini sudah banyak yang mengiklankan dirinya tanpa berbahan timba atau merkuri.

Timbal bisa masuk kedalam tubuh manusia tidak hanya melalui saluran pencernaan namun juga bisa lewat udara. Untuk Timbal yang terkadang sangat disepelekan manusia adalah membuang sampah elektronik ke tempat yang tidak semestinya yang akhirnya ketika ada curah hujan Logam dari behan yang elektronik yang mengandung logam beracun tersebut meresap ke dalam kontur tanah yang akhirnya air akan dikonsumsi oleh manusia.

Sedangkan contoh sederhana Timbal yang bertebaran di udara bisa terhirup sistem pernafasan berupa asap buangan transportasi. Sisa pembakaran dari hasil bensin yang bercampur dengan Timbal akan menyebar ke udara yang akhirnya terhisap oleh manusia. Seperti diketahui, Timbal pada Bensin digunakan untuk menurunkan tingkat Oktan, dimana banyak kita jumpai pada jenis bensin Premium yang tujuannya untuk menurunkan kualitas bahan bakar tersebut dari segi oktan dan bisa dijual dengan harga rendah.





Timbal dalam ilmu kimia disebut Logam Pb yang memiliki titik Leleh 327,5 derajat Celcius dan titik didihnya 1740 derajat celcius. Pb termasuk ke dalam golongan logam Lunak dengan warna kebiru0biruan atau keabu-abuan. Logam yang tergolong beracun ini memiliki nomor atom 82 dan tahan terhadap korosi yang bila masuk ke dalam tubuh manusia dapat merusak sistem syaraf.

Dampak Keracunan Timbal

Adapun dampak dari terpaparnya tubuh manusia oleh logam Pb ini antara lain :

1. Memperpendek umur sel darah merah

2. Jumlah sel darah merah menurun

3. Asam amino Levulinat Dehidrase (ALAD) dalam urin makin meningkat

4. Logam Fe di dalam plasma darah juga akan bertambah

5. Meningkatnya kadar Protopporhin dalam sel darah merah.

Efek Timbal bagi kesehatan

Sedangkan efek Logam Lunak Timbal bagi tubuh manusia salah satunya sebagai berikut :

1. Menurunnya tingkat kecerdasan

2. Fungsi Kognitif yang semakin melemah

3. Berkurangnya Fungsi pendengaran

4. Pendeknya Postur Tubuh

5. Rusaknya Ginjal

6. Merusak Fungsi syaraf

7. Meningkatkan tekanan darah tinggi

8. Mempengaruhi kesuburan dan organ reproduksi

9. Anemia padda ibu hamil

10. Kecacatan pada janin, dan lain sebagainya

Dari cara pencemarannya, ada beberapa contoh bahaya adanya kontainasi timbal bagi tubuh seperti :




1. Pada mainan Anak, Sudah banyak diberitakan dalam jurnal-jurnal medis bahwa mainan anak sering kali mendapat sorotan tentang kandungan timbal yang menempel padanya. Timbal biasa ditemukan dalam cat yang digunakan untuk memperindah warna mainan.

2. Pada Makanan, salah satu contohnya di negara Chili ditemukan adanya pabrik penggilingan tepung yang mana batu penggilingan dilapisi timbal yang berakibat terkontaminasinya tepung.

3. Disfungsi Ereksi, Tubuh pria yang terapapar logam Timbal dapat menyebabkan menurunnya kualitas ereksi.

4. Pengaruh terhadap Ibu hamil. Terpaparnya timbal pada ibu yang sedang hamil tidak hanya berpengaruh bagi sang ibu namun juga pada janin yang dikandungnya. Lewat plasenta timbal dapat meracuni janin yang berakibat adanya bayi lahir prematur, Berat badan kurang dan kecacatan fisik maupun mental.

5. menyebabkan Skizofrenia. Timbal juga bisa menyebabkan adanya gangguan di otak manusia yang berkaitan dengan Skizofrenia, yang mana penyakit ini merupakan gangguan mental yang biasa ditandai dengan halusinasi, delusi, gangguan pikiran serta gangguan perilaku.

Nah, dari pemaparan tentang bahaya Timbal yang ada di sekitar kita tentunya wajib untuk selalu mawas dan berhati-hati dengan paparan Logam berbahaya dan beracun ini. Mulai dengan hidup sehat dan mengenal apa saja yang menyebabkan datangnya penyakit adalah solusi cerdas agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. Yang saya tahu tuh hanya pipa saja yang biasanya menggunakan campuran timbal kang, ih bahaya juga ya bisa menurunkan kecerdasan, kalau begitu harus di hindari nihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bner mas, emang timbal secara tidak langsung sngat merugikan kesehatan...msyarakat kita banyak yg belum tahu apa bahaya logam ini

      Delete

Partner Site