Cara bersihkan File sampah PC dengan CCleaner agar tidak lemot

Komputer yang lemot tentunya ada berbagai penyebab, seperti banyaknya sampah file temporer, menumpuknya cache, kuki, file sistem yang corrupt hardware yang bermasalah atau bisa juga disebabkan oleh malware atau virus yang bercokol di sistem. Bagi anda yang merasa PC masih sehat dari segi hardware, file sistem masih oke dan yakin tidak ada virus yang menyusup di sistem lalu merasa komputer lemot bak keong berjalan maka ada saatnya untuk melakukan tips yang akan admin Detikinfo suguhkan kali ini.

PC yang terasa berat dalam hal loading, entah itu membuka browser, membuka aplikasi, atau melakukan aktifitas multitasking yang tidak sebanding dengan kualitas serta kecepatan spesifikasi yang ada di PC maka saatnya membersihkan file sampah dan cache yang tertimbun di hardisk.

file temporary di pc

Seperti diketahui, file sampah atau biasa disebut sebagai file sementara (temporary files) adalah berkas yang sudah tidak terpakai, dimana file tersebut dulunya berfungi sebagai penunjang berbagai macam eksekusi seperti menjalankan instalasi software dan aktifitas lainnya yang berjalan dibalik layer sistem.

Adapun cache sendiri secara sederhana bisa diartikan file jejak yang tersimpan di hardisk atau perangkat penyimpanan yang berfungsi sebagai rekam jejak aktifitas yang dilakukan pengguna dalam mengeksekusi aplikasi. Sebenarnya fungsi cache sangat berguna untuk mempermudah dan memperingan kinerja RAM, dikarenakan sistem tidak akan mengolah ulang jejak yang sudah ditinggalkan di dalam hardisk tanpa perlu membebani RAM.

Namun bila cache sudah menumpuk akan menjadi masalah dan kendala tersendiri, apalagi bila hardisk sudah tergolong uzur dan kapasitasnya kecil. Tentunya langkah paling tepat adalah menghapus cache agar hardisk lega kembali serta kinerja perangkat penyimpanan tidak akan terlalu sibuk mengurusi file cache yang menumpuk.




Ada banyak tool untuk sekedar mempercepat dan membersihkan file sitem di PC windows agar kinerjanya kembali normal, yang salah satunya adalah software gratis bernama CCLEANER. Dimana tool ini sangat berguna untuk mengosiongkan isi bak sampah (recycle bin), file sementara, papan klip, memori buangan, file fragment checkdisk, cookies, membersihkan registry dan banyak lagi optimasi yang bisa dilakukan aplikasi gratisan ini.

Lalu bagaimana cara penggunaan CCLEANER agar PC kembali cepat dan tidak lemot ?, silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Silahkan unduh software ccleaner di situsnya, pilih yang versi free (tidak berbayar) atau bisa mengikuti tautannya disini.

2. Install aplikasinya di PC dan jalankan.

aplikasi pembersih file ccleaner

3. yang perlu anda lakukan setelah aplikasi terbuka adalah tinggal menekan tombol 'jalankan ccleaner'

4. Setelah proses pembersihan sukses 100 persen sekarang ganti ke menu (tab) Registry.

5 di menu reggistry silahkan tekan tombol 'pindai masalah', setelah terproses tekan tombol perbaiki masalah terpilih. tunggu sampai proses pembersihan berlangsung.

6. Setelah semua selesai silahkan tutup aplikasi dan rasakan perbedaannya.

Dengam melakukan pembersihan file sampah di sistem komputer dengan menggunakan tool ccleaner anda akan bisa merasakan perbedaan antara sebelum dan sesudah dilakukan cleaning, PC akan terasa ringan dan tidak lemot lagi. Bagaimana, sudah siap melakukan bersih-bersih file sistem di PC anda ?
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site