21/10/2016

Cara mengatasi Gagal Download dan Update di Playstore

Bagi Anda pengguna Ponsel android mungkin ada sebagian yang pernah mengalami gagal Download aplikasi di Play store atau mungkin juga ingin melakukan update aplikasi namun gagal juga. mungkin saja banyak yang bertanya-tanya, padahal memori di MicroSD masih longgar namun kok tetap saja gagal dalam mengunduh atau update aplikasi di ponsel android kesayangan. Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana mengatasinya ?

gagal update playstore

Ada beberapa sebab yang memungkinkan terjadinya gagal download aplikasi di market resmi milik google tersebut. Bahkan ketika ada pemberitahuan update aplikasi dan proses update dilakukan namun gagal di tengah jalan bukan sesuatu yang jarang terjadi. Banyak aksus serupa di penjuru Dunia ini bagi pengguna OS android, bahkan Admin sendiri pernah mengalaminya. Bagaimanapun problem tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan beberapa tips khusus.

Adapun penyebab kegagalan update aplikasi maupun download di playstore bisa terjadi karena beberapa sebab seperti memori internal penuh, sambungan Internet yang kurang baik, Kehabisan kuota data, atau juga bisa disebabkan adanya aplikasi ataupun sistem yang bermasalah.

Nah, untuk mengatasi addanya gangguan kegagalan download serta update aplikasi di google playstore silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

1. Pastikan Ruang penyimpanan Longgar



Ruang penyimpanan default yang dipakai untuk melakukan update aplikasi umumnya ada di memori internal. Jadi pastikan space kosong yang ada di internal memori ponsel android anda lebih dari 400an MB. Bila kurang dai itu Niscaya proses download akan terjadi kegagalan.
2. Lihat Versi Aplikasi Play Store

Tidak menutup kemungkinan addanya kegagalan download aplikasi terjadi karena versi aplikasi Playstore ponsel anda Lawas. Jadi coba Update terlebih dahulu aplikasi ke versi yang lebih tinggi. Namun perlu diingat, lakukan pengecekan pertama pada ruang penyimpanan di memori Internal sebelum memperbaharui aplikasi Playstore dengan yang baru.

3. Koneksi Internet bermasalah

Kemungkinan ketiga adalah adanya koneksi data Iternet di ponsel yang terputus atau jaringan bermasalah. Kalau ini terjadi cobalah untuk menonaktifkan saluran data dan nyalakan kembali. Umumnya setelah melakukan refresh jaringan maka koneksi data bisa lancar.

4. Reboot Ponsel

Coba lakukan reboot atau penyalaan ulang sistem operasi dari awal. Matikan dan nyalakan kembali android kemudian cobalah mengulangi proses download aplikasi. Disini juga berlaku syarat memori internal haruslah mempunyai space kosong 400-an MB lebih. Percuma anda melakukan reboot Ponsel kalau space memori internal anda tidak mencukupi untuk proses tersebut.

5. Reset Ponsel

Cara Terakhir apabila semua opsi sudah tidak bisa dilakukan padahal memori masih longgar dan koneksi data bagus, maka langkah yang harus anda ambil adalah mengembalikan pengaturan sistem ke pengaturan pabrik (factory reset).

Biasanya setelah melakukan langkah reset ulang, permasalahan akan cepat teratasi. Namun Resikonya adalah semua aplikasi anda akan terhapus kecuali aplikasi bawaan ponsel ( seperti baru beli ).

Dengan beberapa tips dan saran diatas, besar kemungkinan proses Download aplikasi dari market playstore akan berhasil dengan sempurna dan lancar. Semoga tips dari admin DetikInfo diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon