Cara Mengatasi memori Internal Ponsel Habis

Bicara mengenai Memori atau media penyimpanan di ponsel tentunya pembaca akan membayangkan 2 jenis memori yang ada yaitu penyimpanan dalam (Internal) dan penyimpanan Luar (eksternal). Dimana yang banyak sekali dikeluhkan oleh pengguna smartphone saat ini adalah habisnya space memori Internal. Tentu saja keluhan ini wajar terjadi beda dengan penyimpanan dalam, karena Penyimpanan eksternal bisa diubah dengan leluasa hanya berbekal mengganti kartu memori dengan kapasitas yang lebih besar.

Perlu diketahui bahwa secara default penyimpanan internal di smartphone android saat ini banyak diisi oleh file system dan file instalasi dari berbagai aplikasi yang ada didalamnya. Semakin banyak pengguna ponsel mengunduh dan aplikasi dan menginstall-nya maka semakin menipis pula kapasitas penyimpanan yang ada di internal memory.

memori internal ponsel low

Tidak itu saja, secara default pula (sebelum ada settingan lanjutan dari pengguna), penyimpanan dalam juga digunakan oleh berbagai jenis aktifitas maupun file seperti Cache, Photo, Video, penyimpanan contact dan berbagai macam file dari aplikasi yang dijalankan.
Begitu padatnya tugas penyimpanan internal di smartphone, tanpa disadari akan menguras habis kapasitas yang ada. Bagi pengguna 'awam' yang hanya sekedar menggunakan ponsel dan tidak tahu menahu cara mengoptimasi ruang bebas di dalam internal memori akan sangat menjengkelkan dan tidak tahu apa yang meski dilakukan ketika terjadi overload kapasitas penyimpanan.

Adapun akibat yang biasa terjadi ketika kapasitas memori internal ponsel sudah mendekati habis akan menimbulkan dampak yang salah satunya sebagai berikut :

1. Ponsel akan bekerja tidak maksimal, dari segi kecepatan maupun reponsifitasnya ketika digunakan. Karena minimnya memori Internal bisa menyebabkan kegagalan sistem ketika melakukan baca tulis Temporary. Dimana ketika aktifitas temporary file yang biasa ditulis di media keras (internal memori) ini terjadi karena aplikasi ataupun RAM memerintahkan sistem untuk menyimpan file sementara untuk keperluan suksesnya aplikasi atau sistem yang berjalan.

Nah, ketika sistem gagal untuk menulis data temporary maka kinerja prosesor dan RAM akan semakin tinggi yang berakibat semakin melemahnya kinerja ponsel.

2. Tidak bisa melakukan Update aplikasi via Playstore yang umumnya biasa ditandai dengan adanya peringatan kode error karena habisnya kapasitas memori Internal.







3. Baterai Ponsel akan cepat terkuras habis. Mengapa ? dikarenakan banyaknya aktifitas index file yang dilakukan sistem ( monitoring file ) secara berkala dan menyebabkan prosesor semakin meningkat kinerjanya yang berimbas pada terkurasnya daya baterai.

Kemudian, apa yang musti dilakukan oleh user untuk membuat lega kapasitas simpan internal memori ?, di bawah ini ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan agar ruang penyimpanan dalam ponsel anda kembali lega dan berimbas semakin stabilnya kinerja sistem.

Cara menambah (Optimasi) kapasitas Penyimpanan Internal :

1. Pindah beberapa aplikasi ke memori Eksternal.

Cara pertama yang bisa dilakukan pengguna gadget yang tidak ingin kehabisan ruang penyimpanan internal adalah melakukan transfer aplikasi ke memori Eksternal, bisa ke microSD atau memori eksternal yang sudah include di ponsel.

Namun ada beberapa aplikasi yang memang tidak dapat dipindah ke eksternal memori kecuali dengan menggunakan akses root. nah, karena root tidak diperkenankan bagi pengguna yang belum mengetahui dampak buruknya maka lakukan eksport aplikasi yang memang bisa dipindah ke penyimpanan eksternal.

2. Hapus Cache

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk melegakan kapasitas internal Memory adalah melakukan pembersihan cache data. dimana cache ini aman dihapus karena hanya terdiri dari beberapa file indexing atau history file.

Bagi anda yang belum tahu cara melakukan penghapusan cache pada internal memori bisa melakukan dengan cara berikut :






a. Buka menu setting atau pengaturan di gadget anda

b. Kemudian buka menu Penyimpanan

c. Setelah terbuka silahkan lihat ada opsi Cahe lengkap dengan seberapa besar File yang ada di dalamnya. Silahkan klik lalu tekan opsi hapus.

3. Hapus Aplikasi

Biasanya ketika pertama kali pengguna memiliki ponsel pintar akan getol melakukan instalasi aplikasi karena rasa ingin tahu dan penasaran akan fungsinya. Namun dengan berjalannya waktu ternyata banyak sekali aplikasi yang tidak terpakai dan memang jarang sekali difungsikan. Nah, daripada memenuhi ruang penyimpanan alangkah baiknya aplikasi tersebut dihapus saja, Lumayan lho bisa menambah beberapa MB ukuran di ruang penyimpanan.

4. Pindah semua Dokumen

Pindahlah semua dokumen, Unduhan, file gambar atau yang lainnya di dalam galeri memori internal untuk dieksport ke dalam penyimpanan eksternal.

Dari beberapa opsi yang bisa dilakuan diatas, anda akan merasakan manfaatnya terhadap kinerja sistem ponsel anda. Semoga tips sederhana mengoptimasi Memori internal yang minim diatas bermanfaat bagi pembaca Detikinfo semua. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site