25/10/2016

Cara Terbaru Setting Pembayaran adsense via Bank BNI (Akun US dan IDR)

Bagi publisher Google adsense, tidak ada suatau yang lebih membahagiakan selain menerima pembayaran dari Pihak Google setiap Bulannya pada rentang tanggal 22 sampai 26. Dimana setelah nilai ambang batas pendapatan telah mencapai 100 dollar US (untuk akun US) dan 1,3 juta untuk akun Indonesia nantinya publisher bisa mencairkan pendapatan dengan beberapa metode yang disediakan oleh Google adsense seperti via Bank Transfer, Cek maupun via Western Union.

pembayaran adsense via BNI

Untuk saat ini, Penayang iklan adsense dengan akun baru yang secara otomatis mendapatkan mode akun IDR hanya bisa mencairkan pendapatannya hanya melalui 1 cara yaitu via transfer Bank Lokal tanpa ada pilihan lain seperti WU atau Kiriman Cek. Namun Pilihan kiriman via WU yang akhir-akhir ini sering terlambat menjadikan banyak pemilik akun addsense yang ingin berpindah cara pembayaran via transaksi Kawat yaitu dengan metode kiriman transfer antar Bank.

Memang sekilas Terlihat sama antara mode akun US dan Lokal (IDR), namun dari beberapa pengalaman beberapa publisher seringkali ingin mendapatkan akun adsense US karena 'katanya' tahan Banned dan nilai Per klik (BPK) serta pendapatan dengan kurs dollar yang semakin hari semakin merangkak naik terhadap nilai Rupiah.

Admin tidak ingin berpanjang lebar lagi membahas tentang bagaimana dan apa itu adsense. Kali ini fokus pada judul yang saya suguhkan diatas, Admin ingin membahas tentang Bagaimana cara mengubah metode pembayaran Adsense melalui Bank BNI, baik itu untuk akun US maupun akun IDR. Mengapa admin khususkan Bank BNI ?, sebenarnya nantinya sama saja cara dan metode pengisian form-nya, Yang membedakan cuma pengisian SWIFT-BIC dari setiap bank yang ingin anda pakai (untuk akun US).




Perlu diketahui sebelumnya, bahwasanya setelan metode pembayaran untuk yang akun Indonesia (IDR) sangat simple sekali daripada yang mempunyai akun lama (US). Dimana akun Lokal tidak memerlukan yang namanya Kode SWIFT yang berfungsi sebagai kode unik Bank Transfer antar Negara. Pengaturan adsense Lokal di bagian pembayaran hanya mengisi Nama Pemilik, Nama Bank dan Nomor Rekening saja tanpa adanya SWIFT Code.

Langsung saja ke pembahasan Inti, Untuk persiapan mengisi form detail pembayaran melalui transfer Bank (EFT) anda diwajibkan mengetahui terlebih dahulu Kode SWIFT Bank dan setiap Bank mempunyai Nilai Kode yang berbeda (Unik). Kesalahan sedikit saja meakukan penulisan kode ini bisa menyebabkan Uang pendapatan anda tidak akan bisa masuk ke Rekening Tujuan dan akan diakumulasikan ke bulan berikutnya.

Lalu bagaimana cara melakukan pengaturan pembayaran adsense melalui Rekening khususnya BANK BNI (Bank Negara Indonesia) ? Simak caranya di bawah ini.

Cara Setting Pembayaran Via Bank BNI (Akun US)

1. Siapkan dahulu Kode Swift dan tentunya Nomor rekening Bank anda, Untuk SWIFT-BIC kode Bank BNI adalah BNINIDJA. 
Baca : Daftar SWIFT kode bank di Indonesia
2. Silahkan Masuk ke akun adsense US milik anda.

3. Pada tampilan adsense versi baru silahkan klik tanda titik 3 vertikal di kolom SALDO, kemudian pilih View Payment.

masuk akun setting pembayaran

4. Akan terbuka Billing yang disana lengkap dengan rincian kolom Penghasilan, Transaksi, Saldo dan metode Pembayaran. Nah silahkan masuk ke ke menu 'Mengelola Metode Pembayaran'.

pilihan metode pembayaran adsense

5. Silahkan klik opsi Tambahkan bentuk pembayaran Baru'

6. Akan tampak Form isian yang harus anda isi dengan sebenar-benar data. Untuk panduan contoh mengisi dengan Nomor Rekening BNI adalah sebagai berikut :

isian form setting pembayaran adsense US

  • a. Nama Pemilik Akun : Isi dengan nama akun Rekening anda, harus persis tanpa mengurangi dan menyingkat nama pemilik rekening.
  • b. Nama Bank : Silahkan isi dengan Bank Negara Indonesia
  • c. SWIFT-BIC : isi dengan Kode swift BNI yaitu BNINIDJA
  • d. Nomor Rekening : isi dengan Nomor rekening BNI anda, kemudian Ulangi dengan menulisakannya lagi di kolom bawahnya. Ingat, jangan menggunakan tanda hubung apapun di nomor rekening, sambung saja semua angka yang tertera persis dengan nomor rekening BNI anda.
  • e. Klik simpan, selesai

7. Kemudian anda akan dibawa ke metode pembayaran lagi, silahkan klik opsi Gunakan sebagai pembayaran Default.

Setelah anda melakukan hal tersebut, nantinya di dasboard Payment akan nampak 3 angka terakhir Nomor rekening. Hal ini berlaku untuk satu kali setting, jadi anda tidak bisa lagi melakukan editing nomor rekening setelah proses simpan terjadi.

Untuk akun adsense lokal atau IDR maka pengaturan pembayaran via bank BNI sangat simple tanpa memasukkan kode SWIFT karena memang proses pembayaran dilakukan dengan kurs Lokal atau Rupiah. Di bawah ini akan saya tunjukkan bagaimana cara pengaturan akun adsense Lokal melalui transfer bank BNI.

Cara Setting Pembayaran Via Bank BNI (akun IDR)

1. Persis dengan langkah diatas untuk memunculkan setting pembayaran

2. Lakukan input form di metode pembayaran sebagai berikut :

setting pembayaran akun IDR

  • a. Nama Pemegang Rekening bank : Silahkan isi persis dengan anama akun Bank BNI anda
  • b. Kode Bank : pada tombol drop down silahkan pilih nama Bank Negara Indonesia (BNI)
  • c. Nomor Rekening : isi dengan benar nomor rekening anda

3. Klik tombol simpan dan selesai.

Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya ?, anda harus menunggu pihak google untuk melakukan uji coba transfer sejumlah uang dalam nominal kecil ke rekening anda dan nilainya tidak lebih dari 3 digit. Lakukan pengecekan di kredit buku tabungan atau berkas transaksi, Bisa dengan cara melakukan cetak buku tabungan dan nilai yang terkirim tersebut berfungsi sebagai nilai verifikasi yang anda harus masukkan ke dalam Form 'Verifikasi Rekening Bank'.

Setelah anda yakin benar dengan nilai yang telah anda inputkan persis seperti yang masuk ke kredit rekening silahkan Klik tombol Verifikasi dan anda siap untuk menggunakan Akun Bank BI anda untuk menerima pembayaran Adsense bila sudah sampai ambang batas yaitu senilai 1,3 Juta Rupiah.

Bagaimana, gampang sekali kan cara melakukan setting pembayaran adsense Google melalui Bank BNI ?, Untuk settingan bank lainnya caranya sama. Yang membeddakan hanyalah Kode Swift (akun US) dan Nama Bank milik anda. Semoga tips dari admin detikinfo diatas bermanfaat.

4 komentar

Nah akhirnya nongol juga yg di tunggu2....oia no.swift untuk bri apa ya kang?

Hehe, ketahuan juga ane. Untuk swift-bic bank BRI : BRINIDJA mas wahyu... :)

mantep nih. baru aja cair hari ini.

berapa lama nunggu transferan 3 digit nya? saya udah 1 hari nungguin belum datang juga ,Bisa di jelaskan ? terimakasih


Emoticon Emoticon