31/10/2016

Cara Transfer dari Bank Mandiri ke BNI via SMS Banking

Bila sebelumnya admin telah membahas perihal cara melihat laporan mutasi rekening Bank Mandiri via Mobile Banking, kini saatnya admin kembali memberikan tips Perbankan yaitu cara melakukan Transfer antar rekening Bank, yaitu dari Bank Mandiri ke BNI via SMS Banking. Selain menghemat waktu, daripada datang ke Loket atau ke mesin ATM lebih baik melakukannya dari Ponsel yang anda miliki.

SMS BANKING

Adapun sayarat untuk bisa melakukan transaksi keuangan melalui fasilitas operator selular, anda diharuskan melakukan ferivikasi Nomor telepone yang anda punya ke pihak Bank. Prosesnya cepat dan tentu saja gratis. ingat, tidak semua operator selular mendukung SMS banking. Bagi anda yang menggunakan nomor selular Telkomsel, XL, maupun Indosat bisa memanfaatkan fasilitas SMS banking. dan saat ini untuk kartu selular 3 sementara masih mendukung 2 bank yaitu BNI dan CIMB Niaga.

Baca juga:
Cara transfer dari BNI ke BCA via SMS Banking

Untuk contoh yang akan saya paparkan dalam tutorial kali ini saya menggunakan Kartu Telkomsel (simpati) yang sudah saya dafarkan sebelumnya ke pihak bank agar bisa digunakan untuk transaksi finansial seperti Melihat Inquiry, Transfer, Pembayaran Online, dan transaksi Lainnya pada akun bank Mandiri yang saya punya.

Masuk ke sesi tutorial, saya beranggapan bahwa anda sudah memiliki akun bank Mandiri serta Nomor telpon sudah terverifikasi pihak Bank untuk proses SMS Banking. Contoh yang akan saya paparkan di bawah nanti adalah transaksi transfer Uang dari rekening Mandiri Ke rekening BNI, Yuk disimak...
Cara Transfer dari Mandiri Ke BNI via SMS Banking :

1. siapkan dahulu Nomor Rekening BNI tujuan, catat bila perlu.

2. Di menu panggilan silahkan ketik *141# dan tunggu sampai ada tampilan pilihan opsi.

3. Pilih nomor 6 (rekening mandiri) dan klik Kirimkan. Kemudian pilih Nomor 3 (transfer). Lihat contoh gambar di bawah.

4. Di tampilan selanjutnya pilih opsi nomor 2 karena ingin melakukan transfer antar Bank. setelah itu masukkan kode 009 yang berarti anda melakukan transfer ke bank BNI. Kode 3 digit tersebut merupakan kode Bank Lokal yang harus anda input. Contoh lihat gambar di bawah ini.

opsi sms banking mandiri ke bni

5. Di layar selanjutnya masukkan Nomor rekening tujuan. Ingat jangan menggunakan tanda hubung atau spasi dalam menulis nomor rekening tujuan.

6. Selanjutnya masukkan nilai Nominal rupiah yang ingin anda kirimkan. Ingat juga, jangan memberi tanda titik atau koma sebagai pemisah satuan mata uang. Contoh bila andaingin mengirim uang senilai 200 ribu maka ketik 200000 tanpa titik pemisah ribuan. (lihat pada contoh gambar di bawah)

opsi pengiriman antar bank

7. setelah itu tampak nama pemilik rekening tujuan, Bila memang benar Nama tersebut yang seharusnya anda kirimi uang, selanjutnya anda harus mengisi 2 digit PIN yang diperintahkan secara acak setiap kali transaksi. Masukkan dengan benar.

opsi pengiriman uang via sms banking

8. Bila PIN yang anda masukkan tepat maka akan ada Notifikasi SMS masuk pada ponsel anda bila transaksi berhasil, lengkap dengan Nama, nomor rekening Tujuan, Jumlah Nominal Uang serta Kode referensi transaksi yang menyatakan transaksi sukses.

notifikasi sms banking berhasil

Untuk berkirim uang atau transfer antar bank, dalam contoh kali ini mandiri ke BNI hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit untuk terkirim ke rekening tujuan. Jadi Buat apa capek-capek pergi ke mesin ATM kalau hanya untuk melakukan transfer uang antar Bank.

Untuk tutorial diatas bisa dipraktekkan untuk transfer uang di bank selainnya asal Kode dan Format Bank sudah terdaftar di daftar sms Banking. Caranya sama saja, yang membedakan adalah pada proses menginputkan kode Bank Tujuan. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon