22/10/2016

Mengatasi Internet aktif namun BBM tidak Terhubung

Mengatasi Internet aktif namun BBM tidak Terhubung

Pengguna aplikasi BBM di smartphone android seringkali dihadapkan padda situasi dimana ada koneksi data yang terhubung dan aktif namun BBM tidak mau terhubung. Yang lebih menjengkelkan lagi apabila koneksi Internet lancar namun koneksi BBM kadang mati-hidup tanpa diketahui sebabnya oleh si pengguna. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa sebab dimana setiap user bisa berbeda penanganannya sesuai dengan karakteristik smartphone, versi OS android dan lain sebagainya.

bbm tidak terhubung

Sebelum menginjak ke sesi pemecahan permasalahan BBM tidak dapat terhubung walau koneksi Internet data lancar, Admin akan memberikan gambaran tentang alur bagaimana proses BBM bisa tersambung dan terkoneksi antara satu pengguna dengan pengguna yang lain.

Ketika koneksi data internet sudah terhubung maka aplikasi akan secara otomatis jaringan data, seketika itu pula Aplikasi BBM akan menghubungi server penyedia aplikasi dan berinteraksi balik sehingga aplikasi menjalankan runtime notifikasi tanda terhubung dan semua layanan siap untuk digunakan.

Ketika ada problem jaringan, maka secara otomatis tanda atau tulisan terhubung akan hilang dan berganti dengan label tidak terhubung pertanda aplikasi tidak siap digunakan untuk aktifitas pengguna. Namun adakalanya ketika ada tanda terhubungpun BBM juga tidak mau dipakai untuk proses berkirim pesan.

Adapun tanda yang bisa dipakai sebagai patokan bagi pengguna BBM apakah itu terhubung atau tidak bisa dengan jalan melihat centang yang ada ketika pesan telah dikirim. Sebagai contoh, apabila anda selesai mengirim pesan dan tanda di pojokan pesan tersebut belum berupa ikon centang maka itu berarti pesan anda belum terkirim ke server BBM. Namun apabila ikon sudah berubah menjadi centang satu, itu pertanda pesan yang anda kirim sudah masuk ke server dan siap untuk di kirim kembali ke terget tujuan dengan ditandai adanya centang 2 yang masih samar. lalu ketika si penerima membuka pesan yang anda kirim maka centangpun akan berubah menjadi berwarna biru.

Nah, setelah mengetahui bagaimana sistem kerja aplikasi BBM terhadap jaringan dan Server penyedia layanannya, maka sekarang tiba waktunya untuk memberikan tips Cara mengatasi BBM tidak terhubung namun koneksi internet lancar dan aktif. Yuk simak ulasannya berikut ini.




1. Cara pertama adalah memastikan koneksi Internet aktif dan lancar, Caranya adalah coba buka aplikasi lain seperti Browser, Cobalah untuk menjelajah internet sebentar saja, Apabila lancar sekarang masuk ke tahap kedua.

2. Coba matikan aktifitas aplikasi BBM, caranya Masuk ke menu pengaturan. Kemudian masuk ke menu apl (aplikasi). Cari aplikasi BBM dan silahkan pencet tombol 'paksa berhenti', Nantinya BBM dansemua prosesnya akan berhenti berjalan.

Lalu langkah selanjutnya adalah membuka kembali BBM, silahkan tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi tanda terhubung di status bar ponsel anda.

Bila proses nomor 2 ini tidak juga berhasil silahkan lanjut ke opsi ke tiga di bawah inni.

3. Update BBM anda dengan versi terbaru. Apabila ternyata aplikasi sudah dalam versi terbaru namun permasalahan masih tetap saja tidak dapat terhubung, Langkah yang harus anda ambil adalah mencopot (unistall) aplikasi BBM terlebih dahulu kemudian unduh lagi dan pasang kembali.

4. Sebenarnya dengan langkah yang nomor 3 diatas sudah bisa mengatasi problem yang terjadi, Namun bila tetap tidak dapat terhubung juga, silahkan cek apakah banyak aplikasi yang berjalan di balik layar yang belum anda tutup dengan sempurna.

Banyak pengguna android yang hanya mengandalkan tombol Home untuk keluar dari aplikasi tanpa mematikan seluruh proses aplikasi sehingga koneksi data internet masih tetap berjalan tanpa sepengetahuan user.

Bayangkan saja apabila anda baru saja menjalankan beberapa aplikasi social media seperti FB, Whatsapp, Line, HangOut, Google Plus, Game Online dan sebagainya maka logikanya bandwidth data internet akan tebagi sepersekian dari aplikasi yang dijalankan.

Begitu juga BBM yang membutuhkan koneksi Internet yang tidak sedikit menyedot kuota data, Bisa jadi aplikasi akan kesulitan mendapat jatah bandwith yang memadai untuk sekedar tersambung ke server BBM.

5. Coba Restart ponsel anda. Dalam hal ini apabila kejadian tidak terhubungnya BBM hanya terjadi sesekali waktu. Bila hanya terjadi kadang-kadang maka hal ini bisa diatasi hanya dnegan melakukan reboot ponsel agar sistem kembali fresh.

6. Pastikan signal dan kualitas jaringan provider di ponsel anda bagus, Hal ini dikarenakan banyak kasus ggalnya koneksi data atau terputusnya sambungan Internet secara tiba-tiba disebabkan kegagalan koneksi karena jaringan yang buruk dan tidak stabil.

Mungkin hanya tips diatas yang bisa admin DetikInfo berikan untuk pembaca semua yang seddang mengalami gagguan pada koneksi data di aplikasi BBM smartphone kesayangannya. Semoga memberi manfaat dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah artikel ini.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon