22/10/2016

Mengatasi Laptop tiba-tiba Restart atau mati Sendiri



Pernahkah anda mengalami Laptop tiba-tiba restart sendiri tanpa sebab yang tidak jelas ?. Paling menjengkelkan apabila pas megerjakan pekerjaan mengetik, editing atau lain sebagainya yang belum disimpan lalu tiba-tiba saja Komputer jinjing kesayangan melakukan reboot tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, Jadi hilang deh hasil kerja kita sebelum sempat melakukan save atau penyimpanan ke perangkat keras (hard drive).

mengatasi laptop restart atau mati sendiri

Berbicara mengenai permasalahan laptop restart dengan sendirinya (booting ulang) tanpa ada interaksi antara pengguna menyentuh tombol restart, ada beberapa sebab yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Hal tersebut bisa terjadi karena ada permasalahan hardware atau juga permasalahan sistem operasi di Laptop tersebut.

Kali ini Admin DetikInfo akan membahas tentang apa penyebab dan bagaimana solusi menghadapi Laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Untuk membahasnya, saya akan membagi menjadi 2 sub ulasan yaitu tentang penyebab dan cara penanggulangannya. yuk disimak...






1. Operating Sistem Bermasalah

Komputer yang mereboot secara tiba-tiba tanpa interaksi pengguna dalam memantik tombol restart bisa disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah. Sietm yang bermasalah bisa disebabkan oleh addanya File yang corrupt (hilang) atau bisa karena adanya registry rusak, Aplikasi yang crash dan sebab lainnya.

2. Pengaruh infeksi Virus

Tidak dipungkiri lagi bahwa Virus juga menjadi penyebab sistem restart dengan sendirinya. Virus yang menginfeksi sistem anda bisa melakukan apa saja menurut script yang ditanam oleh si pembuat virus. Ada virus yang bisa menyebabkan reboot seccara berkala secara otomatis, ada juga jenis virus komputer yang bisa melakukan shutdown otomatis tanpa diketahui oleh pemilik PC dan lain sebagainya.

3. Aplikasi / Software bermasalah.

Software yang terpasang di Laptop anda bisa jadi menyebabkan crash pada sistem yang berjalan dan ketika aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya maka sistem secara otomatis melakukan reboot tanpa ada notifikasi terlebih dahulu.

4. Hardware bermasalah

hardware RAM laptop

Perangkat keras (hardware) yang ada di dalam PC harus bekerja secara sinkron agar sistem berjalan Normal. Namun apabila salah satu hardware mengalami masalah tentunya sistem akan mendeteksi adanya kesalahan Input Output (IO) dan melakukan reboot bahkan shutdown secara otomatis tanpa notifikasi terlebih dahulu.

Adapun Perangkat keras yang sering bermasalah dan bisa menyebabkan restart otomatis terhadap Laptop anda adalah sebagai berikut

a. Power Supply

Perangkat penyuplai daya inilah yang harus menjadi perhatian utama. Disetiap perangkat komputer semua mengandalkan adanya Input tegangan yang stabil sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan. Apabila Power Supply sudah tidak bisa lagi melakukan tugasnya alias Outputnya tidak sesuai ukuran, baik itu tegangan maupun daya yang dikeluarkan, maka akan menyebabkan sistem tidak berjalan secara normal.

b. Random Acces Memory (RAM)

Penyimpanan Sementara yang sangat vital ini juga sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup sistem operasi. Adanya kerusakan di keping RAM dapat menyebabkan sistem Hang (macet), Reboot sendiri, Shutdown, aplikasi tiba-tiba mati dengan sendirinya dan banyak lagi malfunction yang bisa terjadi.

c. Processor

Nah, kalau perangkat keras yang satu ini memang sangat vital sekali dalam menggerakkan seluruh sistem Laptop anda. Prosesor sebagai otaknya Komputer mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat maupun sistem yang berjalan.

Prosesor yang terlalu panas juga bisamenyebabkan sistem tiba-tiba melakukan reboot dengan sendirinya. Bahkan ketika suhu sudah overload bisa mematikan sistem dan tidak bisa dinyalakan kembali, Untuk menyalakannya ulang harus menunggu dinginnya prosesor yang terlalu panas.

d. Hardisk

Perangkat penyimpanan ini bisa juga menjadi tersangka restart-nya sistem secara tiba-tiba. Hardisk yang sudah mengalami masalah, baik karena motor penggerak maupun kepingan hardisk yang mulai rusak akan menyebabkan aplikasi atau sistem yang berjalan bisa berhenti secara tiba-tiba.

e. Motherboard

Kalu masalah yang satu ini sudah masuk ke tahap permasalah yang serius terhadap Laptop atau PC anda. Motherboard merupakan perangkat Base tempat beberapa komponen agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

RAM, Hardisk, Prosesor, CD Drive, VGA dan perangkat lainnya diproses oleh hardware ini. Maka apabila semua perangkat sudah oke dan ternyata Motherboard yang mengalami masalah tentu jalan terakhir harus mengganti MoBo untuk bisa menjalankan aktifitas sistem.

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya malfunction di Laptop yang tiba-tiba melakukan restart dengan sendirinya, saatnya memberikan solusi tentang cara mengatasi Laptop yang suka restart dengan sendirinya.

Cara Mengatasi LAPTOP restart sendiri :




1. Periksalah hardware

Untuk pemeriksaan, silahkan cek pada bagian RAM terlebi dahulu. Pengecekan RAM bisa menggunakan aplikasi khusus yang banyak tersebar di Internet untuk mengetahui kesehatan perangkat berbentuk kepingan kecil ini.

Bila RAM sudah yakin tidak ada masalah, coba cek kesehatan Hardisk Laptop anda. Bisa jadi Hardisk menjadi kendala dalam pembacaan dan penulisan (read anda write) sehingga bisa menyebabkan sistem reboot dengan sendirinya. Periksa juga Panas dari Prosesor, sudah normal atau terlalu panas.

Cek dan ingat-ingat pula perangkat apa yang terkahir kali anda tancapkan di Laptop, Umumnya perangkat yang tidak kompatible dengan spesifikasi laptop maupun sistem yang berjalan bisa menyebabkan malfunction terhaddap sistem operasi.

2. Periksa Baterai Laptop

Baterai Laptop yang sudah Drop atau bermasalah dengan daya yang dikeluarkan bisa menjadi penyebab rebootnya sistem secara tiba-tiba. Namun hal ini jarang sekali terjadi.

3. Periksa Software

Sotware apa yang perlu diperiksa ?, Periksa aplikasi terakhir yang telah anda install sebelumnya. Kalau perlu Unistall aplikasi yang baru saja anda tanam di Laptop sebelum permasalahan reboot sendiri terjadi.

4. Lihat Space Hardisk

Lihatlah ruang kosong yang tersedia di Hardisk anda. Rung penyimpanan yang hampir habis (Low Memory) akan menyebabkan file temporary dari sistem gagal dalam melakukan tugasnya dan berakibat restart tiba-tiba di laptop anda.

5. Bersihan File Sampah
Anda bisa melakukan pembersihan beberapa file sampah yang ada di penyimpanan dan sistem. Gunakan saja aplikasi pihak ketiga seperti software CCLEANER atau sejenisnya.

6. Scan sistem dengan Antivirus

Lakukan langkah pembersihan file sistem dari virus yang bercokol di laptop anda. Sebaiknya scan seluruh drive, jangan hanya yang berada di Drive C, namun seluruh drive yang anda punya untuk memastikan virus sudah tidak ada lagi. Ingat, lakukan update antivirus dengan definition yang baru agar hasilnya maksimal.

7. Repair OS

Apabila semua hal diatas sudah anda lakuan dan tidak berhasil, silahkan lakukan repair sistem agar semua file sistem yang corrupt bisa kembali pulih seperti sedia kala. Kalu perlu lakukan fresh Install atau Install ulang secara penuh untuk memastikan sistem sehat bukannya hardware yang bermasalah.

Dengan beberapa langkah diatas, Insya Allah semua problem tentang laptop yang tiba-tiba mati sendiri bisa teratasi dengan sempurna. Lakukan tahap demi tahap untuk pengecekan permasalahan agar anda tahu bagian mana yang menyebabkan malfunction sistem tersebut terjadi. Semoga tips DetikInfo kali ini bermanfaat untuk pembaca tercinta semua.


Emoticon Emoticon