Vaksin Demam Berdarah Resmi Beredar di Indonesia

DetikInfo Kesehatan- Saat ini Vaksin Demam berdarah sudah beredar secara resmi di Indonesia. Vaksin untuk proses imunitas tubuh terhadap virus Dengue ini untuk pertama kalinya diedarkan di seluruh dunia. Dengan masuknya vaksin Dengue inilah nantinya masyarakat Indonesia akan bisa bernafas lega untuk terhindar dari akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang sudah banyak membunuh banyak korban manusia khususnya anak dan remaja.

vaksin dengue

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Cissy B Kartasasmita (16 Oktober 2016) menuturkan bawah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Vaksin Dengue ini telah memberi izin beredarnya vaksin ini.

Vaksin yang telah lolos uji Laboratorium dan diproduksi secara massal oleh Perusahaan asal Perancis, Sanofi Pasteur, terbukti sangat efektif dan aman untuk diberikan pada anak dikisaran Umur 9 sampai 16 Tahun.

Dalam Prosesnya, Vaksin Demam berdarah diberikan dengan 3 tahap suntikan dengan jarak 6 Bulan. Untuk masing-masing setiap proses suntikan telah mengandung 4 tipe Virus Demam berdarah seperti DEN1, DEN2, DEN3 dan DEN4.





Karena mahalnya biaya pembelian vaksin, saat ini pemberian suntikan imunitas Dengue belum dicanangkan sebagai bentuk standar imunisasi Nasional seperti Imunisasi Folio, Hepatitis, Campak dan lain sebagainya. Maka dari itu pembelian vaksin dengue masih bersifat Personal karena biaya obat yang mahal sekitar 900 ribu Rupiah.

Seperti Diketahui Bahwa Penyakit Demam berdarah disebabkan Oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus Dengue. Ketika Virus ini masuk ke dalam tubuh maka akan berlaku masa Inkubasi kurang lebih 3 sampai 15 hari. Dimana korban gigitan nyamuk ini akan mengalami gejala DEmam Tinggi selama 3 Hari berturut-turut.

Terkadang banyak Korban gigitan nyamuk demam berdarah tidak menyadari bila panas yang terjadi di tubuh akibat adanya masa Inkubasi virus Dengue dan terlambat untuk mendapat pertolongan pertama di Rumah Sakit.

Untuk jenis Nyamuk yang banyak memakan korban nyawa anak-anak ini mempunyai ciri-ciri yang bisa dilihat secara kasat mata dan cenderung bisa dideteksi bentuk dan aktifitasnya. Salah satu ciri-ciri utama nyamuk ini adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri Nyamuk Demam berdarah (Aedes Aegypti) :

1. Warna yang tampak pada badan nyamuk yaitu Belang Hitam dan Putih (loreng) di seluruh tubuhnya dan bentuknya cenderung kecil ramping dan sangat gesit.

2. Nyamuk ini bisa terbang sampai ketinggian 100 Meter dari atas tanah.

3. Biasanya aktifitas aktif nyamuk demam berdarah yaitu Pagi sekitar Pukul 7 sampai 11 siang. Namun tidak menutup kemungkinan di sore hari nyamuk ini masih aktif beraktifitas.

4. Tempat berkembang biaknya yaitu air yang menggenang (air diam) seperti di kaleng bekas, bak mandi, drum, tempayan dan lain sebagainya.

5. Berbeda dengan nyamuk lainnya, hewan ini tidak suka berkembang biak di got atau air yang kotor. Jadi Air bersih atau jernih yang menggenang akan membuat nyamuk ini semakin nyaman untuk berkembang biak.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti selanjutnya mari simak apa saja gejala ketika tubuh sudah terinfeksi oleh virus Dengue ini.





Gejala Tubuh ketika terjangkit Demam berdarah :

1. Suhu Tubuh yang tinggi sekitar 39-40 derajat Celcius selama dua sampai tujuh hari.

2. Tubuh penderita akan lemah, lesu, Ada tanda pendarahan Hidung, Pendarahan Mulut atau juga adanya Pendarahan lewat Dubur (uang air besar Berdarah)

3. Perut sakit atau Kram dan bisa memicu muntah-muntah pada penderita.

4. Adanya Bintik-bintik merah pada kulit ketika direnggangkan.

5. Pada kasus yang sudah parah maka penderita gigitan nyamuk ini akan timbul resa gelisah, Ujung tangan dan kaki terasa dingin, Berkeringat, Pendarahan selaput Lendir Mukosa.

6. Jumlah Trombosit menurun hingga mencapai bawah 100.000 per mm3.

7. Terjadi Atralgia ( sakit kepala sendi) dan sakit kepala yang berat.

8. Ntyeri pada Ulu Hati dan juga sampai terjadinya pendarahan lambung.

9. Terjadi Mialgia atau Sakit pada otot.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan Admin DetikInfo tentang vaksin Dengue beserta sedikit penjelasan bagaimana gejala dari akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Semoga kita selalu menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggal agar terhindar dari virus dengue yang berbahaya.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site