24/11/2016

Bahaya Parkir Sepeda Motor dengan Standar Samping

Parkir sepeda motor

Mungkin sahabat Sioto pernah mendengar atau ditegur oleh teman kalau parkir sepeda motor jangan sering pakai standar samping?, tentunya peringatan tersebut ada alasan tersendiri dan bisa dibuktikan secara keilmuan otomotif lho. Apa sih dampak sering melakukan parkir speda motor dengan menggunakan gagang standar samping ?

Sepeda motor adalah kendaraan bermesin yang sangat fleksible dan mudah dalam penggunaannya, tidak peru membuka pintu untuk menaikinya, tidak perlu membutuhkan fokus khusus terhadap gagang porsneleng dan juga dalam hal parkir tidak seribet menggunakan mobil.

Ada 2 kerugian yang didapat ketika pengendara sepeda motor melakukan parking dengan gagang standar samping ddaripada gagang tengah, diantaranya yaitu :

1. Ban Cepat botak sebelah




Menurut FDRtire, penggunaan jagang (bhs. jawa) samping bisa cepat membuat roda bagian kiri cepat tergerus dan tidak sama rata habisnya dengan ban samping kanan. apalagi kalau ban dalam kondisi kurang angin, maka ban akan lebih cepat botak pada sisi kiri.

2. Shockbreaker miring

Keseringan parkir sepeda motor dengan kondisi standar samping akan menyebabkan beban yang berlebih pada area skok (shockbreaker) sebelah kiri. dimana bila berlangsung secara berkelanjutan akan menyebabkan ketidak harmonisan panjang skok antara kiri dan kanan.

Nah, sudah tahu kan kerugian melakukan parking sepeda motor dengan memakai gagang standar samping ?, yuk biasakan menggunakan standar tengah agar shockbreaker awet dan Ban juga tidak cepat botak.


Emoticon Emoticon