10/11/2016

Cara Melaporkan ke DMCA Google untuk penjiplak Artikel



Anda memiliki sebuah artikel di situs namun banyak yang diduplikat atau dijiplak oleh situs lain tanpa pemberitahuan ?, atau anda sebagai pemilik artikel sudah merasa melaporkan para penjiplak konten (artikel) ke Digital Millennium Copyright Act (DMCA) namun selalu gagal dengan alasan yang tidak anda pahami ?, atau mungkin anda bingung bagaimana cara melakukan komplain hak cipta ke DMCA google agar sukses di approved ?

dmca google

Admin dulunya juga mengalami hal yang sama, baru Pertama kali lihat ada situs lain yang melakukan duplikat artikel dari situs saya maka mau tidak mau langsung tancap gas untuk melakukan komplain Hak cipta via Google DMCA. Namun proses pertama gagal karena memang saya saat itu belum tahu banyak bagaimana cara kerja dan cara pengisian form laporan pelanggaran, jadinya semua url yang tersubmit semua kena reject alias tertolak.

Apakah menyerah begitu saja ? Tentu tidak dong, Dengan kegagalan maka Blogger akan tahu bagaimana cara mengatasi kegagalan submit pelanggaran di google DMCA agar sukses.

Sebelum saya mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara paling jitu dan terbukti sukses untuk melaporkan para jiplakers atau penduplikat konten ke form DMCA google, admin ingin mengulas dahulu sedikit tentang apa itu DMCA dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs pemilik konten original dan pengaruh terhadap situs yang menjiplak.

DMCA atau Digital Millennium Copyright Act berlaku sejak tahun 1998 yang disahkan oleh Senat Amerika di bawah payung Hukum dan Hak cipta Amerika Serikat.

DMCA melindungi Hak cipta Perorangan, Kelompok maupun perusahaan dari perbuatan Penjiplakan Teknologi, Hardware Mupun Software. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah Konten original yang diduplikat secara tidak sah di ranah dunia maya (Internet) bisa dikenai sanksi DMCA sebagai bentuk pelanggaran yang masuk dalam hukum Pidana maupun perdata.

Admin tidak akan memperpanjang tentang apa Itu DMCA, karena saya beranggapan banyak Blogger atau pemilik situs yang sudah paham garis besar pengertian DMCA itu bagaimana.




Dampak Situs yang terkena pelaporan DMCA :

1. URL artikel Hilang

Untuk situs yang sudah terdampak dan pernah terindikasi ada Konten yang menjiplak dari situs lain kemudian si pemilik resmi situs tersebut sudah diapproved laporannya maka URL yang terdampak akan Hilang dari dasboard blog.

2. Suspend akun

Bila penjiplak situs semua artikelnya berasal dari satu situs resmi milik orang lain dan pelaporan penghapusan diterima maka kemungkinan besar akun ke situs tersebut akan diblokir atau suspended.

3. Peringkat Menurun

Google search adalah mesin pencari paling populer dan dengan sistem robot perayap yang sangat canggih. Bila ada situs yang terindikasi isi artikel berasal dari menjiplak konten milik situs lain maka peringkat di Search engine akan menurun.

Bahkan banyak sekali situs yang sudah terlapor dihilangkan dari list penelusuran. Kalau sudah seperti itu maka siapa yang mau baca artikel kalau di search engine saja tidak bisa muncul ?

4. Pengunjung Situs Lari

Situs yang sudah terbukti banyak melakukan jiplak artikel milk orang lain akan dinilai oleh pengunjung bahwa semua konten yang dia baca tidaklah original. Sekali pengunjung mempunyai penilaian seperti itu maka tidak akan pernah balik lagi ke situs tersebut.

5. Situs masuk Lumendatabase

Maksudnya bagaimana ?, Tahukah anda bahwa semua pelanggaran yang dilaporkan baik itu berasal dari dasboard google DMCA, Bing DMCA maupun dari situs DMCA.COM semua terlampir dan tersimpan di lumendatabase.org.

Segala bentuk pelanggaran hak cipta digital akan didokumentasi di lumendatabase sehingga pelanggar maupun pelapor bisa melihat karya apa saja yang telah masuk dalam daftar pelanggaran.

Suatu contoh bila anda berkunjung ke mesin pencari dan melakukan searching suatu kata, kalimat atau produk tertentu dan di akhir halaman anda melihat ada tulisan berupa notifikasi pelaporan pelanggaran DMCA maka akan ada link url menuju ke situs Lumendatabase.com terkait kata kunci yang anda cari.

6. Pelanggaran TOS Google adsense

Bagi pemilik situs yang melakukan pelanggaran berupa menjiplak hasil karya orang lain dan terbukti masuk ke dalam daftar DMCA maka berbahaya untuk kelangsungan akun adsense milik si penjiplak situs yang kode iklannya ditempel di situs pelanggar.

Masih banyak lagi beberapa dampak yang diakibatkan oleh pelanggaran hak cipta yang dilaporkan ke DMCA. Lalu apa dampaknya bagi si empunya situs yang diduplikat ?

Dampak bagi Situs yang disetujui oleh DMCA :

1. Peringkat Naik

Bagi situs yang telah disetujui pelaporan pelanggaran di DMCA maka peringkat dan kedudukan artikel di mesin pencari akan semakin naik. Hal tersebut dikarenakan robot mesin pencari tidak menemukan adanya duplikat konten yang sengaja dibuat oleh situs penjiplak.

2. Konten Murni Original




Tentu saja si pemilik situs akan senang isi artikelnya merupakan konten yang orisinil tanpa ada bentuk kalimat yang menyamainya di situs lain atau Bisa dikatakan Unique article. Bila anda mempunyai artikel yang unik tentu tidak ada halangan bagi mesin pencari untuk menaikkan rating anda di search engine.

3. Pemilik Hak cipta

pasti senang dong kalau anda memenangkan komplain hak cipta dan disetujui ?, tentu kebanggaan tersendiri mempunyai artikel yang asli milik dan karya anda. walau sekedar tulisan digital via situs namun hal tersebut menjadikan bukti bahwa anda benar-benar memiliki hak ataas karya pribadi dan tidak boleh adda seorangpun yang menduplikat tanpa seijin anda.

Mungkin masih banyak beberapa keuntungan yang bisa didapat dari dikabulkannya pelaporan DMCA oleh si pemilik konten original. Jadi Laporkan saja apabila ada indikasi artikel anda banyak yang menjiplak agar nantinya keuntungan naiknya peringkat situs di mesin pencari menjadi hak anda sepenuhnya bukan si penjiplak artikel.

Nah, setelah cuap-cuap sedemikian panjangnya, admin akan langsung memberikan tips tentang cara melakukan pelaporan pelanggaran hak cipta ke DMCA Google secara terperinci. Ini murni pengalaman admin lho ya, jadi apabila ada beberapa sobat yang selama ini selalu gagal melakukan pelaporan penjiplak ke DMCA bisa mencoba tips yang admin berikan di bawah ini.

CARA KOMPLAIN DMCA GOOGLE :

1. Masuk ke url DMCA google khusus Blogspot disini

2. Pastikan masuk ke akun google situs anda.

3. akan tampak tampilan form yang harus anda isi setepat dan sedetail mungkin. Untuk contoh pengisiannya adalah sebagai berikut:

isian data laporan pelanggaran dmca


a. Informasi Kontak
  • -Nama Depan : Isi dengan nama depan anda selaku pemilik, isi dengan Nama asli anda tidak usah pakai nama akun karena hal ini nantinya berkaitan dengan Hukum suatu negara yang memerlukan Identitas asli bukan nama samaran di akun.
  • -Nama Belakang : isi dengan nama paling belakang anda.
  • -Nama Perusahaan : isian ini bersifat opsional, tidak usah diisi tidak masalah
  • -Pemegang Hak Cipta yang Anda wakili : ada 2 opsi untuk isian ini, pilih diri sendiri (self) lalu beri tanda centang pada kolom dibawahnya yang mengindikasikan bahwa andalah yang mengisi form tersebut dan sebagai pemilik hak cipta.
  • -Alamat email : isi dengan alamat email akun situs, jangan mengisi alamat email dengan akun samaran karena nantinya google akan melacak jalur situs milik anda melalui akun tersebut.
  • -Negara/Kawasan : silahkan isi Negara pemilik situs.
b. Karya Berhak Cipta Anda

form laporan pelanggaran dmca

  • -Identifikasi dan uraikan karya berhak Cipta : isi dengan kalimat pelaporan misalkan 'artikel saya telah dijiplak dan diduplikat oleh situs lain tanpa ijin yang sah'. 
  • -Isikan pada kolom di bawahnya URL artikel anda, isikan satu persatu setiap barisnya kalau anda ingin melaporkan beberapa artikel sekaligus.
form isian situs penjiplak

  • -Pada isian kolom dibawahnya lagi yaitu isikan URL lokasi yang melanggar. Masukkan satu persatu alamat url persis sesuai urutan alamat yang anda tulis di kolom alamat artikel milik anda. Lihat contoh pada gambar.
c. Pernyataan Tersumpah
  • Beri centang semua pada 3 opsi yang tersedia
d. Tanda Tangan

submit laporan pelanggaran hak cipta

Isi tanggal saat anda mengirimkan laporan, kemudian pada kolom tanda tangan isi dengan nama yang persis seperti nama anda yaitu nama depan dan belakang.

Setelah itu beri tanda centang yang mengkonfirmasi anda bukanlah robot dan langkah terakhir silahkan klik tombol kirim.

4. Setelah sukses melakukan pengiriman form, nantinya akan tampil halaman yang menyatakan bahwa pelaporan anda sedang diproses. Anda bisa masuk ke link dasboard pelaporan pelanggaran DMCA yang anda lakukan melalui alamat dasboard disini.

dasboard laporan DMCA

5. Bila anda membuka tampilan halaman pelaporan yang pernah anda lakukan akan terlihat detail ID, tanggal, jumlah URL yang terkirim, URL yang disetuji, tertunda maupun URL yang ter-reject (tidak dikabulkan).

Untuk Proses diatas bisa dilakukan apabila situs yang dilaporkan berplatform Blogspot. Untuk anda yang ingin melaporkan situs penjiplak dengan platform seperti Wordpress, Joomla dan lain sebagainya silahkan menggunakan form pelaporan Web disini

Silahkan tunggu minimal 1x24 jam untuk proses peninjauan. Bila laporan pelanggaran telah disetujui nantinya url artikel situs yang terindikasi menjiplak akan hilang dan tidak dapat diakses. mengapa ?, karena pihak google telah me-remove artikel tersebut dari dasboard blog dari si empunya penjiplak. Selamat berburu penjiplak konten ya...semoga sukses sobat blogger semua.

5 komentar

Akhirnya... Kemaren-kemaren digroup cuma posting hasil laporan dmca... Semua yg baca jadi pada ngiler dan bertanya2 penasaran bagaimana cara melakukannya...
Ini jawabannya... perlu di sebarluaskan kabar ini... Maturtengkyu om... :D

Resiko kalo post di g plus jadinya ya kyak diatas, jadi tutorial deh mas bab laporan dmca-nya... Plong rasanya bisa nulis..hehehe

sebelum mengajukan komplain, apa harus pasang widget dmca mas?

Tidak perlu memasang widget apapun mas, langsung saja masuk ke form pelaporan kemudian isi sesui petunjuk diatas ... Kalau valid 1 hari lngsung disetujui laporannya

kang farhan, kaya kenal ya wajah wajahnya.. ini blog baru apa ya? dulu bukan yang ini kalau nda salah.. wah makin suskses aja nie.
ya emang nyeselin si gan kalau konten kita ada yang duplikat, apalagi tu konten yang menduplikat nangkrin di atas. tapi kembali lagi, kadang saya sadari kalau ilmu kan bukan milik kita, ilmu kan haknya Alloh. tok kita juga nyari nyari bahan untuk artikel yang kadang suka juga nyerempet ke punya orang. mudah mudahan kita bisa jadi orang yang ikhlas, walau tidak mudah. ya..ambil baiknya aja, artikel kita di duplikat kan karena bagus. kalau nda bagus nga mungkin di duplikat, bahkan di baca aja ngak.

Makasih banyak tapi sharing ilmutentang DMCAnya, mudah mudahan bermanfaat.. sukses selalu kang.


Emoticon Emoticon