05/03/2017

Mengatasi Suara Meletup di Knalpot Matic dan Manual

Mengatasi suara meletup di knalpot motor matic dan manual. - Perawatan secara berkala Sepeda motor adalah suatu keharusan bagi yang ingin mesin kendaraannya awet dan tahan lama. Kali ini SiOto akan mengulas tentang solusi menghindari knalpot motor meletup atau meledak-ledak saat mesin menyala. Apa sebab dan bagaimana cara mengatasi knalpot meletup pada motor matik maupun manual ?

Knalpot Motor Meletup di motor matic dan manual

Meletup atau terddengarnya suara meledak-ledak di suara mesin kendaraan bermotor biasa disebuat sebagai Detonasi. Dimana ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan detonasi, Bisa dari sisi mesin maupun dari bahan bakar.

Adapun penyebab dan solusi detonasi (ledakan) di knalpot sebagai berikut :

1. Busi expired




Busi merupakan komponen penting dalam proses pengapian, yang mana percikan api yang sudah tidak optimal akan menyebabkan keterlambatan proses dan timing pembakaran sehingga terjadi letupan tanda bahan bakar telat dibakar di ruang mesin.

Cobalah untuk memperhatikan masa pakai Busi di kendaraan, cek percikan api apakah masih optimal atau sudah 'loyo'.

Bersihkan kepala pengapian busi untuk memastikan proses pembakaran dari percikan api yang dihasilkan sempurna.

2. Spul, CDI, Coil

Tidak hanya busi yang harus diperhatikan, Bila Busi sudah yakin bagus kondisinya, cek komponen pendukungnya seperti CDI, Spull dan coil apakah masih oke atau tidak.

3. Bahan Bakar.

Kualitaas bahan bakar yang tidak sesuai kriteria juga bisa menjadi penyebab terjadinya Detonasi atau suara ledakan di knalpot Motor.

Begitu pula Bahan Bakar yang tercampur dengan senyawa lan seperti terkontaminasi Air bisa menyebabkan letupan di ruang pembakaran.

4. Filter udara

Pencampuran komposisi udara dan bahan bakar haruslah sesuai dengan standar yang diberikan oleh pabrikan Motor, sehingga apabila Filter udara tersumbat tentunya akan menyebabkan minimnya campuran udara dengan rasio yang tidak seimbang.

Banyaknya bahan bakar daripada udara sesuai dengan yang distandarkan ruang pembakaran akan menyebabkan 'banjir' di ruang pembakaran dan bisa menyebabkan detonasi.

5. Cek karburator atau Injeksi

Untuk motor manual yang rata-rata menggunakan karburator sebagai proses pengkabutan bahan bakar bisa melakukan pengecekan apakah setelan angin dan bahan bakar sudah pas atau belum.

Bagi yang menggunakan motor jenis injeksi maka bisa dilakukan kalibrasi Injeksi di Dealer service resmi yang mempunyai alat khusus injeksi.

Semoga tips tentang solusi mengatasi knalpot meletup (Detonasi) diatas bermanfaat untuk sahabat SiOto semua.


Emoticon Emoticon