23/11/2016

Penelitian LIPI : Bambu Efektif Cegah Banjir Bandang

Banyaknya bencana banjir Bandang di Indonesia dirasa perlu penanganan yang serius namun pasti, Baik itu oleh pihak pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Pusat Studi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) membeberkan cara mudah mencegah bencana banjir bandang dengan menanam Bambu. Apa sih kkeunggulan dari tanaman bambu ini sehingga dinilai sebagai cara efektif untuk menangkal adanya bencana banjir ?.

bambu bisa cegah banjir

Menurut LIPI, memperbaiki kondisi struktur tanah di bagian Hulu yang merupakan area utama penyumbang Banjir bandang harus diutamakan dengan cara menanam Tumbuhan bambu di sepanjang tepian aliran sungai.

Daripada melakukan proses pembetonan di sisi-sisi sungai lebih baik memulai menanam pohon bambu, Ungkap Deputi Bidang Ilmu pengetahuan Hayati LIPI Enny.S. Melakukan pengecoran hanya akan menstabilkan struktur tanah secara kinetik yang sebenarnya struktur tanah sendiri tetap tidak stabil sehingga ketika datang air yang banyak, tepian sungai tidak akan kuat menahan adanya erosi.

Dari sisi sumber daya Air, Melakukan pembetonan di area pinggiran sungai akan berdampak pada sumber mata air di sekitar sungai, Air akan hilang karena penghalang beton.

Masih menurut Enny, Karena sifat tanaman bambu yang dapat mengonservasi air, maka Sumber mata air tidak akan hilang dalam jangka panjang walau terjadi kemarau panjang sekalipun. SSifat batang bambu juga bisa menampung dan menghisap air dikarenakan sifat pohon ini kapiler. dimana air bisa dialirkan kebawah dan akibatnya menimbulkan sumber mata air disaat terjadi kemarau.




Tnaman bambu merupakan jenis pohon yang mempunyai akar serabut yang mampu menstabilkan struktur tanah dari gerusan erosi. Akar yang menyebar akan membuat jalinan kuat menghadang gerusan air yang besar sehingga penanaman bambu di sepanjang pinggiran sungai segera mungkin digalakkan dan disosialisasikan ke masyarakat, ujar Elizabet bagian Peneliti Bambu di pusat penelitian Biologi LIPI.

Penanaman bambu akan sangat bermanfaat dijangka pendek meupun jangka panjang untuk mencegah longsor dan banjir. Begitu juga dari sisi ekonomi, Bambu bisa menjadi nilai ekonomis tersendiri bagi masyarakat setempat.

Menurut Penelitian, Pohon bambu juga bisa menyumbang 30 persen oksigen dibanding dengan pohon lainnya sehingga bisa dibayangkan bagaimana banyak udara segar disumbang oleh pohon ini bila ditanam di sepanjang aliran sungai yang rawan banjir serta longsor.

Jadi, yuk sesegera mungkin menanam pohon bambu di sekitar aliran sungai, agar kelak bermanfaat dan sebagai ikhtiar untuk mencegah bencana banjir yang sering melanda Negeri kita tercinta.


Emoticon Emoticon