17/12/2016

3 Jenis Cat Mobil dan Cara Merawatnya Agar Awet

cat mobil dan cara merawatnya

Salah satu upaya untuk mempercantik tampilan mobil adalah dengan mengecatnya. Untuk mengecat mobil, saat ini telah tersedia bermacam-macam merk yang tentunya dengan kwalitas dan harga yang berbeda juga. Anda tinggal memilih sesuai selera dan tentunya budget yang anda miliki. 

Dan dari sekian banyak merk cat mobil, secara umum cat – cat tersebut dikelompokkan menjadi 3 jenis. 3 jenis cat ini memiliki kelebihan dan tentunya juga kekurangan masing-masing. Untuk itu sangat di sarankan, jika anda hendak mengganti cat mobil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu masing-masing jenis cat tersebut serta kekurangan dan kelebihannya. Selain itu yang juga tak kalah penting adalah mengetahui tips merawat cat tersebut agar awet dan tahan lama.

Jenis Cat Mobil 


1. Cat Metalic


Cat berjenis metalic adalah cat yang memiliki kandungan partikel zinc (seng). Kandungan ini dapat menghasilkan campuran warna silver pada cat.

Kelebihan : Dengan menggunakan cat metalic, mobil anda akan terlihat lebih elegan dan sporty. Cat jenis ini juga sangat efektif untuk menutupi goresan pada bodi sehingga nilai jual mobil anda akan meningkat




Kekurangan : Meskipun efektif dalam menutupi goresan, namun cat ini dapat mempersulit anda ketika hendak memperbaiki suatu kerusakan. Selain itu pilihan warna cat metalic juga tidak terlalu banyak

2. Cat Acrylic


Cat yang berbasis plietilen ini terbuat dari plastik. Cat ini akan mengeras setelah kering.

Kelebihan : Cat Acrylic memiliki kelebihan berupa penggunaannya yang mudah. Selain itu efek mengkilap yang ditimbulkan cat ini juga menambah nilai plus tersendiri.

Kekurangan : Sifat cat yang cepat kering menuntut anda untuk bekerja dengan cepat dan tepat (karena sulit dihapus). Selain itu warna cat ini juga cepat pudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari dan berkontak dengan bahan kimia.

3. Cat Urethane


Cat Urethane adalah cat yang dibuat dari bahan berkualitas namun harganya tetap terjangkau

Kelebihan : Cat ini dapat menghasilkan lapisan film yang sangat kuat, tahan panas, air, dan bahan kimia. Urethane juga memiliki daya tutup yang cukup tinggi sehingga dapat menyamarkan goresan dengan sangat sempurna.

Kekurangan : Anda harus menggunakan pakaian khusus ketika mengecat dengan cat ini karena Urethane memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Tips merawat cat mobil agar awet dan tahan lama


1. Cuci dengan pencuci khusus


Hal ini sering diabaikan oleh kebanyakan pemilik mobil. Banyak dari mereka mencuci mobilnya dengan detergen yang tidak sesuai. Hal ini dapat menyebabkan warna cat pudar atau bahkan tergores. Jika anda ingin aman, sebaiknya bawa mobil anda ke tempat pencucian.

2. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama


Kebanyakan cat mobil tidak dapat bertahan lama dengan paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, parkirkan mobil anda di tempat yang teduh dan jangan membiasakan membiarkan mobil di luar rumah.

3. Gunakan kain lap yang sesuai


Ketika mengelap mobil, jangan gunakan kain lap sembarangan karena hal ini bisa menimbulkan goresan halus dan memudarkan warna cat mobil. Gunakan kain lap yang sesuai seperti chamois atau kanibo untuk mengelap bodi mobil. Sebelumnya, pastikan juga kalau kain lap yang anda gunakan tersebut sudah bersih dari debu atau kotoran.

Itulah di atas ulasan tentang 3 jenis cat mobil dan tips cara merawatnya agar tetap awet. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon