31/12/2016

7 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Banten



Propinsi Banten, seperti propinsi lainnya di Indonesia, pastinya juga kaya akan destinasi wisatanya. Terutama pesona wisata alamnya, entah itu wisata pantai, gunung, hutan, maupun wisata lainnya. Nah, buat anda yang saat ini sedang mencari referensi tempat wisata terbaik di banten, berikut ini kami rangkum informasi lengkapnya buat pembaca semua.

wisata banten

1. Taman Nasional Ujung Kulon


Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Taman Nasional yang berlokasi di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tidak cuma mencakup kawasan wilayah daratan yang berada di Pulau Jawa saja, namun juga termasuk beberapa pulau yang ada di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang bisa anda lakukan di Taman Nasional Ujung Kulon yakni trekking, berkemah, dan juga melihat alam liar. Fungsi utama dari Taman Nasional Ujung Kulon yakni selain sebagai tempat wisata juga di manfaatkan sebagai tempat perlindungan badak.

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah kawasan wisata pantai di Banten yang tergolong baru. Pantai Sawarna sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan sekitar pada tahun 2000 karena telah dipromosikan melalui internet. Berlokasi di Desa Sawarna, Pantai Sawarna hanya berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung. Pada setiap harinya, Pantai Sawarna dikunjungi oleh hampir ratusan orang, baik yang dari sekitar Jawa Barat, sampai yang dari luar negeri. Biasanya para wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar sebab Pantai Sawarna mempunyai ombak yang cukup besar. Saat ini sudah banyak pula penginapan di sekitar Pantai Sawarna.

3. Gunung Krakatau




Gunung Krakatau merupakan gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat dan juga berdampak tidak hanya kepada Indonesia, tetapi juga mancanegara. Saat ini, Gunung Krakatau merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang paling disukai oleh para pendaki gunung. Kegiatan utama dan juga paling favorit di sini yakni mendaki Gunung Krakatau, banyak sekali para agen tur yang menawarkan paket mendaki Gunung Krakatau mulai dari paket 1 hari, sampai paket 4 hari.

4. Kampung Baduy

Kampung Baduy merupakan kampungnya para suku Baduy. Suku Baduy merupakan suku yang masih kental dengan adat sundanya, dan juga merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten. Kampung Baduy tersebut berada di Kabupaten Lebak, Banten yang mempunyai penduduk sekitar 8,000 jiwa dan juga terbagi menjadi 2, yakni Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam merupakan Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar merupakan suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar.

5. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan sebuah peninggalan sejarah yang sangat penting. Berdiri mulai tahun 1569, Masjid Agung Banten mempunyai arsitektur bangunan yang sangat kental dengan arsitektur jaman dahulu dan juga merupakan perbaduan dari berbagai macam budaya yang berbeda, di antaranya yakni budaya Hindu, China, Jawa, dan juga Eropa. Bukan hanya Masjid Agung saja yang bisa ditemui di lokasi ini, tetapi juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap pula dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten. 

6. Pulau Dua / Pulau Burung

Pulau Dua atau Pulau Burung merupakan cagar alam seluas 30 hektar yang berada di lepas pantai Banten. Sama seperti namanya, pulau tersebut dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah yang besar. Pada sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung datang dari berbagai benua untuk berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berganti dan berlalu, sebagian besar dari burung tersebut kembali ke tempat asal mereka.

7. Rawa Dano

Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang dengan jarak sekitar 100 KM dari Jakarta. Rawa Dano merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang menawarkan keindahan alam yang menenangkan. Rawa Dano sesuai dengan namanya memiliki kawasan yang mempunyai danau, rawa-rawa, dan juga hutan. Di tempat seluas 2,500 hektar tersebut, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan juga kadal. 

Demikian di atas beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di propinsi Banten. Semoga bermanfaat.

1 komentar

Kayanya seru tuh di kampung baduy. Tapi katanya gak boleh ambil gambar, itu yg bikin kurang nganu mas. :D


Emoticon Emoticon