19/12/2016

Air Terjun Benang Kelambu, Spot Wisata Mempesona di Lombok Tengah



Siapa sih yang tak kenal dengan Pulau Lombok di Nusa Tenggara? Pulau cantik yang kaya akan bebagai destinasi wisata yang eksotik ini memang sangat menarik untuk dijelajahi dan dieksplor keindahannya. Dan bahkan banyak yang bilang, jika keindahan wisata di sana tak kalah dengan di pulau Bali. 

Berbicara mengenai desitinasi wisata air terjun di Lombok, tentunya nama Air Terjun Benang Kelambu sudah tak asing lagi. Destinasi wisata ini seolah ‘merayu’ semua pengunjung untuk tetap berlama-lama menikmati segala keindahan pesonanya.

Air Terjun Benang Kelambu, lombok

Buat anda yang belum tahu, pastinya penasaran kan dengan keistimewaan apa saja yang ada di air terjun benang kelambu ini? Nah untuk itu silahkan simak review selengkapnya, di bawah ini.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Ai Terjun Benang Kelambu ini berada di Pulau Lombok, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik di Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Menyandang gelar sebagai air terjun yang paling terkenal dari sekian banyak air terjun yang ada di Pulau Lombok, Air Terjun Benang Kelambu ini berada tepat di tengah-tengah Pulau Lombok, yakni di kaki Gunung Agung, dan airnya bersumber langsung dari mata air Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

Keistimewaan Air Terjun Benang Kelambu

Nama Air Terjun Kelambu disematkan pada lokasi wisata yang satu ini bukan tanpa alasan, karena memang seperti namanya, air terjun ini mengalir melalui celah-celah yang ada diantara tanaman pohon gambung dengan deretan titik air yang tercurah dari atas bukit dan jatuh membentuk sebuah pemandangan layaknya kelambu atau tirai.

Air Terjun Benang Kelambu ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki 2 hingga 3 tingkatan. Jika diperhatikan, Air Terjun Benang Kelambu ini seolah terbagi menjadi dua kelompok dimana kelompok yang pertama terdiri dari 2 terjunan air dan kelompok yang kedua yang terdiri atas 4 terjunan air.




Pengunjung juga bisa dengan tenang mandi di bawah aliran air terjun langsung karena Air Terjun Benang Kelambu memiliki aliran yang tidak terlalu deras. Menagapa? Karena aliran air tidak langsung jatuh ke dasar, melainkan jatuh ke dalam kolam yang terbuat dari batu cadas yang berbentuk seperti lempengan dan berada di tingkatan kedua. Setelah itu, barulah air akan jatuh ke dasar secara langsung.

Ada kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat sekitar bahwasanya orang yang mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini akan menjadi awet muda dan disembuhkan dari penyakit.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Benang Kelambu

Obyek wisata Air Terjun Benang Kelambu ini sangat potensial untuk dikembangkan, namun sayangnya masih belum dikelola dengan baik. Di lokasi wisata yang satu ini, Anda tidak bisa menemukan kamar ganti dan toilet yang layak pakai. Bahkan rambu-rambu petunjuk arah masih belum tersedia.

Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, di lokasi wisata Air Terjun Benang Kelambu ini terdapat area parkir baik untuk mobil maupun motor dengan tarif sekitar Rp 2.500,00 untuk mobil dan Rp 1.000,00 untuk motor.

Akses ke Air Terjun Benang Kelambu

Anda bisa mencapai lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini dengan menempuh jalur yang dimulai dari Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – dan terakhir adalah Desa Aik Berik. Namun, karena petunjuk arah menuju lokasi wisata Air Terjun Benang Kelambu ini sangat sedikit, sebaiknya Anda bertanya kepada agen tur atau petugas hotel atau bahkan masyarakat sekitar supaya Anda tidak tersesat.


Emoticon Emoticon