30/12/2016

Apa saja Perbedaan NVidia VS ATi Radeon

Duo grafis yang selalu ketat dalam bersaing di dunia komputer saat ini tak lain dan tak bukan adalah NVidia dan ATi Radeon. Sama-sama memiliki kemampuan yang baik dalam memuat grafis dan gambar, menjadikan mereka selalu ingin tampil terdepan dengan selalu melakukan terobosan maupun update software hardware besutan terbaik mereka. Bahkan kini telah tersedia kartu grafis eksternal yang di rilis oleh kedua raksasa grafis ini.

nvidia dan ati perbedaannya

Tidak hanya bekerja sama dan mendukung dalam pembuatan notebook dan laptop. Kedua grafis ini juga menjadi supporter PC. Penambahan VGA NVidia atau ATi Radeon menjadikan grafis dan tampilan komputer anda (khususnya pada saat bermain game) menjadi lebih tajam dan realistik. 

Sejarah persaingan Nvidia dan ATI Radeon


Dalam sejarahnya, NVidia pernah merilis NVidia GeForce FX 5000 pada tahun 2003 yang kurang baik performanya atau bisa dianggap sebagai produk gagal. Mereka memberikan solusi dengan menurunkan kualitas gambar, namun perlakuan tersebut pastinya semakin membuat konsumen kecewa dan semakin memperburuk reputasi produk mereka. 

perbedaan ati vs nvidia

Sementara GPU andalan ATi yaitu ATI Radeon 9000, terbukti mampu mengungguli GeForce FX dari sisi kinerja dan performa yang mana peluang tersebut digunakan ATi merebut kepercayaan konsumen NVidia. 

Pada 2006, NVidia bangkit dengan perilisan GPU GeForce 6000 yang mengandalkan Shader Model 3. Inilah modal NVidia untuk membalikkan keadaan dari sisi kualitas gambar. Karena ketika itu, ATi belum bisa mendukung Shader Model 3. Akan tetapi pada tahun yang sama ATi mengembangkan produknya dan merlis ATi Radeon X1000 yang juga mulai menyematkan support Shader Model 3 sehingga level keduanya pada saat itu sama.

Berambisi ingin menjaga brand nomor 1, NVidia mengambil langkah curang dengan merangkul programmer dan game developer sehingga game buatan mereka akan berjalan baik di NVidia, tapi tidak di ATi. Ditandai dengan logo NVidia dengan tagline “The Way It’s Meant To Be Played” yang merupakan bukti bahwa game dengan logo tersebut merupakan hasil kerja sama curang tersebut.

Perbedaan NVidia dan ATi Radeon


perbedaan kartu nvidia dan ati

Antara NVidia dan ATi Radeon pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dalam hal performa ataupun dalam hal yang lain. Perbedaan ini didasari dengan berbedanya arsitektur yang digunakan kedua raksasa video ini dalam pembuatan VGA. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkap mengenai perbedaannya:


  • Segi Performa

Jika anda lebih condong dengan software pemutar musik, maka ATi Radeon lebih baik karena banyaknya dukungan ekstensi untuk hal tersebut dan fitur UVD ketimbang Nvidia Geforce.




Jika preferensi anda lebih condong ke dunia game atau anda suka bermain game, disarankan untuk menggunakan NVidia. Hal ini dikarenakan NVidia memiliki fitur PhysX yang berfungsi menampilkan game yang dimainkan agar terlihat lebih jernih dan jelas. Hal ini bisa terjadi akibat ketika game dimainkan, proses pengolahan data game dipindahan ke GPU PhysX dan hanya bekerja pada grafik GeForce High End. ATi Radeon juga memiliki fitur ini, tetapi pengolahannya dibebankan pada CPU.

VGA NVidia lebih lancar ketika digunakan untuk memainkan game dengan DirectX 11, namun kurang optimal ketika dijalankan pada game berbasis DirectX 9 dan 10 daripada ATi Radeon.

Jika kebutuhan anda lebih banyak frekuensinya kepada Editting video, NVidia lebih reliabel dibanding ATi Radeon.

ATi Radeon memiliki lebih banyak Shaderproc dimana lebih hebat dalam kalkulasi shading yang rumit seperti yang terdapat pada DirectX 10. Sedangkan NVidia memiliki texturing unit yang lebih banyak dan handal sehingga dengan konfigurasi grafis yang tinggi, performa gameplay tidak akan jauh terganggu.


  • Segi Pasar

ATi Radeon menawarkan performa yang top dengan harga yang miring. Intinya, target ATi adalah pengguna kelas Low-Mid End atau menengah kebawah. Sedangkan NVidia lebih menargetkan pengguna kelas High End atau kelas atas, dengan performa yang tak kalah menarik.

Nah, begitulah ulasan mengenai Grafis NVidia dan ATi Radeon yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat bagi anda, dalam menentukan GPU mana yang lebih cocok sesuai dengan kebutuhan anda.


Emoticon Emoticon