30/12/2016

Berbagai Gangguan Pada Sistem Kemudi Mobil dan Cara Mengatasinya



gangguan pada sistem kemudi mobil

Sistem kemudi pada mobil memegang peranan penting dalam kenyaman berkendara. Mobil yang sudah lama terpakai biasanya akan mengalami ketidakseimbangan antara komponen-komponen kaki mobil yang menyebabkan penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Jika itu terjadi, tentunya akan menyebabkan masalah-masalah pada sistem kemudi mobil anda. 

Gangguan-gangguan pada kemudi mobil dapat bermacam-macam. Bahkan jika dibiarkan terus menerus akan semakin parah bahkan menganggu kinerja komponen mobil lainnya. Untuk itu akan lebih baik bila anda mengenal gangguan-gangguan pada sistem kemudi dari dini sebelum terlambat dan mobil mengalami kerusakan yang parah. 

Gangguan pada sistem kemudi mobil




1. Kemudi mobil menjadi berat


Hal ini biasanya disebabkan tali kipas atau V-belt sudah mulai kendur atau kurangnya oli pada power steeringnya sehingga menyebabkan kemudi mobil akan menjadi lebih berat. Pada kendaraan model gear box, biasanya kemudi yang berat disebabkan oleh penyetelan sektor shaft yang tidak tepat terhadap steering worm sehingga menyebabkan tidak adanya free play.

Pada kendaraan bermodel rack and pinion, kemudi mobil yang berat dapat diakibatkan tidak cukupnya tekanan didalam ban mobil, penyetelan baut pada gigi yang terlalu longgar, dan gerak bebas (free play) yang terlalu berlebih.Pada mobil jenis jip, kemudi dapat terganggu ketika center arm bracket mengalami aus dan akan cenderung menarik kendaraan ke satu arah saja.

2. Kinerja kemudi mobil terganggu


Bentuk ban yang cenderung radial lebar dan tekanan angin pada ban yang kurang akan menyebabkan bidang gesek yang bersentuhan dengan permukaan jalan akan lebih besar sehingga kinerja kemudi mobil akan terganggu dan kurang optimal.

3. Getaran kuat pada kemudi


Hal ini dapat diakibatkan oleh lemahnya sistem suspensi depan mobil. Biasanya disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie rod) pada sistem kemudi mobil.

4. Gerak kemudi mobil telalu bebas dan berlebihan


Biasanya hal ini disebabkan oleh penyetelan sektor shaft yang tidak tepat ataupun penyetel rack pada model mobil rack and pinion terlalu longgar.

Cara Mengatasi Gangguan Pada Kemudi Mobil


Biasanya untuk mengatasi gangguan-gangguan pada kemudi mobil anda harus melakukan spooring dan balancing pada mobil anda secara rutin. Spooring adalah proses untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan roda kiri. Karena ketidakseimbangan antara kedua roda inilah yang dapat menyebabkan mobil limbung dan menjadi berat sebelah. 

Sedangkan balancing berfungsi untuk membuat roda belakang menjadi pararel dengan roda depan mobil. Selain itu balancing juga berfungsi untuk menghindari adanya getaran-getaran kecil ketika mobil sedang berkendara. 

Untuk tahap awal periksalah gerak bebas yang terdapat pada mobil anda dengan cara mendongkrak bagian depan mobil. Periksa sistem kemudi mobil, bila terdapat sambungan yang longgar segera kencangkan. Pada kemudi mobil biasanya anda harus memeriksa bagian pada sambungan sistem kemudi, bantalan roda, pasangan roda dan baut pada pusat pegas



Bila bagian roda depan mobil anda tidak seimbang, anda dapat melakukan tindakan pertama dengan memberikan pemberat pada velg dan selanjutnya membawa mobil anda ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut. Jika ban mobil masih terlihat miring, hal ini mungkin disebabkan oleh patahnya pegas pada bagian suspensi.

Bila kemudi mobil anda cenderung bergerak ke satu arah saja maka kemungkinan terdapat kesalahan pada posisi roda dan kelurusan roda. Periksa dan pastikan tekanan kedua roda belakang dan depan sama. Setelah itu periksa kondisi rem dan pastikan daya cengkram rem maksimal ketika pedal rem sedang tidak diinjak.

Nah itu tadi informasi terkait gangguan yang sering terjadi pada kemudi mobil. Anda dapat memperbaiki sendiri jika bisa dan ada alatnya atau jika gak mau repot, bisa langsung membawa nya ke bengkel. Semoga informasi diatas dapat membantu.


Emoticon Emoticon