23/12/2016

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya tidak Rusak

Meskipun ginjal hanyalah organ dalam yang ukurannya kecil, tetapi ginjal memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Jika ginjal ini mengalami kerusakan, otomatis ginjal tidak akan bisa bekerja dengan baik sehingga tubuh juga akan mendapatkan berbagai masalah.

tips jaga ginjal agar sehat

Oleh karena itu, penting kiranya agar kita senantiasa menjaga kesehatan ginjal supaya ginjal tidak rusak. Nah, pada kesempatan ini, kami akan share tips dalam menjaga kesehatan ginjal supaya ginjal selalu sehat dan tidak rusak. 

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal 


  • Rutin Berolahraga dan Menjaga Asupan Makanan 
Olahraga bukan hanya menjaga kesehatan ginjal saja, tetapi juga menjaga kesehatan organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itu, sempatkanlah olahraga meskipun hanya beberapa menit saja.

Begitu juga dengan makanan. Sedikit banyak makanan yang kita asup akan berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Bersikap selektif dalam memilih makanan dan benar-benar memperhatikan asupan makanan yang lengkap merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal juga.

Kurangi asupan garam, lemak, gula dan sodium dalam menu makanan sehari-hari Anda. Dengan kombinasi yang baik antara rutin berolahraga serta menjaga asupan makanan sehari-hari tentu akan menjadikan ginjal kita terjaga kesehatannya.

  • Menjaga Berat Badan 
Berat badan juga turut berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Ketika tubuh lebih gemuk, akan mengakibatkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring racun-racun di dalam darah. Selain itu, resiko untuk terkena diabetes, hipertensi dan kolesterol juga akan meningkat jika tubuh gemuk. Nah, jika ketiga penyakit yang berbahaya ini berkolaborasi, bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan ginjal.

Sehingga dengan demikian, menjaga agar berat badan tetap ideal akan menurunkan resiko ginjal Anda mengalami kerusakan.

  • Berhenti Merokok 



Merokok bukan hanya mempengaruhi kesehatan paru-paru saja,tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal serta meningkatkan resiko hipertensi dan juga diabetes.

Bagi perokok aktif, menghentikan kebiasaan yang satu ini memang sulit, namun jika Anda memang memiliki niat untuk hidup lebih sehat, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok ini.

  • Kontrol Tekanan Darah serta Gula Darah 
Ginjal merupakan organ vaskular yang memiliki banyak pembuluh darah, sehingga wajar kiranya jika tekanan darah tinggi serta kadar gula dalam darah yang tinggi disebut sebagai penyebab utama terjadinya kerusakan pada ginjal yang akhirnya juga disebut sebagai penyakit gagal ginjal.

Maka dari itu, sangat dianjurkan agar kita senantiasa mengontrol tekanan darah serta kadar gula darah supaya tetap berada dalam kondisi yang normal. 

  • Hati-Hati jika Mengkonsumsi Obat 
Sebaiknya kita memang minum obat ketika kita sakit. Namun perlu diketahui bahwa obat jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang apalagi jika obat tersebut adalah obat yang dijual dengan bebas di pasaran memiliki efek yang kurang baik untuk kinerja ginjal.

Ginjal akan bekerja lebih keras jika kita banyak mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang. Nah, dalam upaya menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya kita berhati-hati dalam mengkonsumsi obat dan konsumsilah obat jika memang kondisi tubuh kita memerlukannya.

Tes Kondisi Ginjal 

Jika Anda merasakan adanya gejala penyakit ginjal, sebaiknya Anda segera melakukan pengecekan kondisi ginjal, apalagi jika Anda memang beesiko untuk terkena penyakit ginjal, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan kondisi ginjal ini secara berkala.

Nah, itulah di atas 6 cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal supaya ginjal tidak rusak. Jangan lupa juga untuk terus membiasakan pola hidup yang sehat karena di dalam tubuh kita juga terdapat organ dalam lain yang juga harus kita jaga kesehatannya. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon