18/12/2016

Kiat-Kiat Memilih Velg Mobil Modifikasi Serta Tips Perawatannya

Kiat-Kiat Memilih Velg Mobil Modifikasi Serta Tips Perawatannya

Modifikasi kendaraan mobil menjadi trend tersendiri saat ini. Bagian mobil yang sering dimodifikasi biasanya merupakan velg pada mobil. Dengan memodifikasi velg, di yakini bisa membuat tampilan kendaraan anda menjadi lebih sporty dan menarik. 

Namun sebelum memulai modifikasi pada velg mobil, anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang penting dalam memilih sebuah velg mobil. Jangan sampai anda salah perhitungan, hingga menyebabkan mobil anda tidak nyaman untuk dikendarai.

Tips memilih velg mobil untuk modifikasi


1. Pilih spesifikasi velg yang sesuai dengan mobil anda


Hal yang pertama kali harus anda perhatikan adalah memilih velg yang memiliki PCD sesuai dengan PCD kendaraan anda. Pastikan pula ukuran diameter dan lebar ukuran velg yang dapat dipasang pada kendaraan mobil anda. Biasanya ukuran velg yang dapat ditampung dalam fender mobil adalah +2 atau +3 dari ukuran standart bawaan mobil. 

2. Memilih material velg

Bila anda hanya ingin merubah penampilan saja, pilihlah velg yang terbuat dari material kuat yang tidak mudah rusak saja. Namuan bila anda ingin merubah penampilan sekaligus menambah peforma mobil, pilihlah velg yang terbuat dari material yang ringan karena dapat membuat massa kendaraan mobil anda sedikit berkurang sehingga otomatis dapat membuat kinerja mesin akan semakin ringan pula. 

3. Memilih model velg

Model velg mobil akan sangat mempengaruhi penampilan mobil anda. Saat ini banyak bermacam-macam jenis velg yang dijual di pasaran seperti one piece atau three piece. 

Velg dengan model one piece berbentuk utuh dan biasanya akan lebih tahan lama. Namun kekurangannya adalah bobotnya yang berat dan pilihan motif nya yang sangat sedikit.

Velg model three piece merupakan mdoel velg mobil favorit karena lebih unggul pada bagian komponen penggantinya. Bila salah satu velg rusak maka anda tidak perlu mengganti semua roda melainkan hanya mengganti velg dengan yang baru saja. Selain itu, model three piece juga dikenal dengan bobotnya yang sangat ringan. 



4. Pertimbangkan keamanan, kenyamanan dan budget anda

Yang paling penting dalam memilih sebuah velg adalah faktor keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendara serta budget yang anda miliki. Pilihlah jenis velg mobil yang sesuai dengan biaya yang anda miliki namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara sehingga menghindari masalah dan bahaya yang akan terjadi.

Cara perawatan velg mobil modifikasi


Agar velg modifikasi pada mobil anda tetap awet, berikut beberapa tips perawatan yang dapat anda lakukan:

1. Selalu untuk menjaga tekanan udara pada ban mobil agar menghindari kerusakan pada velg yang diakibatkan benturan dengan jalan yang berlubang ataupun batu.

2. Menggunakan peralatan yang tepat ketika anda akan membuka ban saat mengganti velg. Beberapa jenis logam pada velg mobil merupakan alumunium yang dapat mudah tergores.

3. Hindari melintas di jalan yang berlubang karena akan merusak bagian luar ban dan keutuhan velg. Selain itu hindari pula berkendara di jalanan yang offroad. 

4. Jangan menggunakan ban dengan diameter yang melebihi diameter velg. Hal ini dapat menyebabkan manuver ban akan terganggu dan kesimbangan roda mobil alan berkurang. 

5. Menggunakan kaki-kaki depan yang velg nya menggunakan cakram. Bila anda memilih motor dengan rem drum, bila drum nya sudah aus maka anda juga harus mengganti velgnya.

6. Rajinlah untuk membersihkan velg modifikasi anda. Terutama bila terkena air hujan. Hal ini dapat menghindari resiko karat dan membuat velg menjadi lebih awet.

Itu di atas kiat-kiat memilih velg modifikasi yang tepat dan cara perawatan velg agar lebih awet dan tahan lama. Mudah bukan? Selamat memodifikasi mobil anda. 


Emoticon Emoticon