20/12/2016

Pantai Bangko-Bangko, Desert Point Istimewa di Lombok Barat

Buat anda masyarakat Lombok tentunya tak asing dengan desitanasi wisata pantai Bangko-Bangko. Pantai ini cukup populer karena memang menyimpan sejuta keindahan yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Dan bukan saja hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun sangat gemar melancong ke pantai ini.

Pantai Bangko-Bangko

Kegiatan Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Bangko-Bangko?


1. Berselancar 

Pantai Bangko-Bangko mendapat julukan sebagai pantai yang memiliki ombak terbaik di dunia. Maka tidak heran jika International Surfing Association menobatkan Pantai Bangko-Bangko sebagai juara ke-6 dari 10 pantai tujuan surfing dengan ombak yang terganas.

Tentu ini adalah tantangan yang menyenangkan bagi Anda yang memiliki hobi surfing. Bahkan Pantai Bangko-Bangko katanya juga memiliki ombak yang khas, yang dinamakan dengan Ombak Kiri, yakni ombak yang membuat para peselancarnya hanya bisa meluncur ke sisi kiri.

Tak hanya itu, Pantai Bangko-Bangko juga memiliki ombak layaknya dinding yang cekung yang mampu bertahan 10 hingga 20 detik lamanya dengan rekor dinding terpanjang mencapai 300 meter dengan tinggi yang bahkan mencapai 3 meter.

Meski memiliki ombak yang menantang, Pantai Bangko-Bangko masih belum terlalu terkenal, pun begitu pantai ini ramai dengan para wisatawan yang ingin mencoba menaklukkan ombak Pantai Bangko-Bangko. Anda tertarik untuk uji nyali juga?

2. Menjelajah

Tak hanya memiliki ombak yang ganas, Pantai Bangko-Bangko juga sangat memungkinkan para pengunjung untuk melakukan penjelajahan alam di hutan mangrovenya yang luasnya mencapai 2.169 hektar. Di dalam hutan mangrove ini terdapat vegetasi asli yang bisa Anda temukan, yakni Pandan Laut dan Biduri.

Tak hanya vegetasi asli, Anda juga bisa menjumpai tumbuhan pantai seta tumbuhan hutan dataran rendah. Tak lupa juga dengan binatangnya seperti elang laut, elang bondol, koakiau, serta ayam hutan. Nah, jika Anda meneruskan perjalanan hingga ke dalam hutan, Anda bisa melihat sisa-sisa puing benteng Jepang beserta meriamnya.

3. Memancing




Pantai Bangko-Bangko seolah tidak dihadirkan bagi penggemar sufring saja, tetapi juga bagi orang yang suka memancing, karena Pantai Bangko-Bangko juga memiliki spot pemancingan di tengah laut. 

Jika Anda juga berminat untuk memancing di pantai ini, Anda hanya perlu menyiapkan alat pancing sekaligus menyewa kapal di Ampenan. Memancing memang memerlukan kesabaran yang tinggi, jika Anda bosan menunggu sementara Anda belum mendapatkan hasil sama sekali namun masih ingin menikmati ikan laut, Anda bisa mendatangi perkampungan nelayan yang ada di pantai ini, karena mereka juga menjual ikan hasil tangkapan mereka.

4. Snorkling dan Swimming

Sekalipun Pantai Bangko-Bangko terkenal karena ombaknya yang ganas, namun Anda masih tetap bisa melakukan aktifitas snorkling dan berenang di pantai ini, lebih tepatnya di bagian pantai yang cukup landai dengan ombak yang tenang dan berpasir putih yang lembut.

Air di Pantai Bangko-Bangko sangat jernih sehingga Anda bisa dengan mudah melihat ikan-ikan kecil serta terumbu karang di dalam air. Sekalipun terkesan aman, Anda sebaiknya tetap berhati-hati kaena di beberapa bagian Pantai Bangko-Bangko ini tertutup oleh karang yang tajam.

Lokasi Pantai Bangko-Bangko


Jika Anda tertarik dengan Pantai Bangko-Bangko ini, Anda bisa mendatangi lokasinya langsung di Desa Batu Putih di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Tetapi, apapun kegiatan yang akan Anda lakukan nantinya di Pantai Bangko-Bangko ini, sebaiknya Anda mempersiapkan kondisi fisik Anda sebaik mungkin supaya Anda tetap fit.

Nah, itulah ulasan mengenai aneka aktifitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Bangko-Bangko. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon