20/12/2016

Pantai Nambung, Pantai Eksotik yang Istimewa di Lombok



Lombok memang sudah tidak perlu diragukan lagi dengan aneka potensi wisatanya yang istimewa, apalagi wisata pantainya. Lombok memang tidak pernah berhenti membuat para wisatawan yang mengunjunginya berdecak kagum. Berbagai keunikan dan keistimewaan di setiap spot wisata yang dimilikinya tentu dipastikan akan membuat ketagihan dan ingin mengunjunginya kembali. Dan salah satunya seperti keistimewaan dan sejuta pesona yang dimiliki oleh Pantai Nambung ini.

Pantai Nambung, eksotik


Pantai yang Langka dan Istimewa


Pantai Nambung termasuk salah satu pantai yang langka yang dimiliki oleh Lombok. Pantai ini memiliki batuan karang yang berukuran besar layaknya Green Canyon sehingga juga mendapatkan julukan Tanjung Jagog.

Jika batu karang yang besar ini dihantam oleh ombak yang cukup besar yang arahnya datang dari timur selatan, sebuah panorama alam yang tak biasa akan terbentuk, yakni terbentuknya air terjun. Pesona air terjun inilah yang banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan yang datang ke Pantai Nambung ini, karena memang panorama apik ini tidak muncul setiap waktu.

Anda harus menunggu sampai pantai pasang terlebih dahulu untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, namun ketika pantai tengah surut pun Anda masih bisa menikmati keindahan Pantai Nambung ini, kaena di balik tebing batu tersebut terdapat kolam alami yang terletak di tengah-tengah jajaran batu karang di mana air terjun tersebut berada.

Namun, ketika pantai tengah pasang, sebaiknya Anda tidak mencoba untuk menyambut air terjun dengan berada di bawah batu karang karena itu sangat berbahaya dan berpotensi untuk mencelakakan Anda. 




Hati-hati juga saat Anda berada di Pantai Nambung ini, karena Pantai Nambung berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang kita ketahui memiliki ombak yang besar dan bergulung, sehingga sangat tidak aman bagi Anda untuk berenang ataupun snorkling. Namun, bagi Anda yang memiliki hobi surfing atau berselancar, Anda bisa melakukannya di beberapa titik di lokasi perbatasan Samudra Hindia ini.

Setelah berhasil menikmati pemandangan air terjun yang tak biasa ini, Anda bisa menikmati deretan rumput laut yang memang ditata rapi di sepanjang bibir pantai oleh masyarakat setempat. Penduduk memang memanfaatkan Pantai Nambung ini untuk tempat budidaya rumput laut selain juga memanfaatkannya untuk mencari ikan.

Bagian utama dari sebuah pantai biasanya adalah pasir. Pantai Nambung ini juga memiliki hamparan pasir putih yang ukurannya seperti merica yang bisa Anda temukan di pantai-pantai yang lain yang ada di Lombok, karena memang Pantai Nambung masih berada dalam satu garis dengan Pantai Kute, Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun.

Karena Pantai Nambung ini memang merupakan destinasi wisata yang masih baru di Lombok, Anda akan kesulitan untuk menemukan fasilitas umum di tempat ini, seperti area parkir yang belum tersedia sehingga Anda hanya bisa menitipkan kendaraan Anda di halaman rumah warga setempat. Namun, hal itu tentu tidak menjadi masalah bukan? 

Lokasi Pantai Nambung


Pantai Nambung ini terletak di Dusun Pengantap di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Untuk bisa mencapai Pantai Nambung sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di wilayah Gerung. Dawi Gerung ini arahkan kendaraan menuju ke pertigaan Segenter di Lembar. Setelah sampai di pertigaan ini silahkan Anda belok kiri menuju ke rute Sekotong.

Setelah tiba di Sekotong Tengah, tepatnya di petigaan Sekotong silahkan Anda belok kiri lagi untuk melalui jalur Teluk Sepi kira-kira sejauh 2 kilometer sampai tiba di Pasar Buwun Mas. Dari sini silahkan Anda teuskan perjalanan Anda hingga mencapai Pantai Nambung.


Emoticon Emoticon