20/12/2016

Pantai Semeti, Pesona Aquarium Alami Di Lombok Tengah



Pantai Semeti hanyalah salah satu dari sekian banyak spot wisata apik yang ada di Indonesia. Pun begitu, pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai eksotis yang ada di luar negeri, bahkan bisa disejajarkan dengan Pantai Eletheura yang ada di Bahama serta deretan pantai-pantai cantik yang terkenal di Kepulauan Karibia.

Pantai Semeti

Nah, tentunya Anda penasaran kan dengan pantai yang juga termasuk dalam kategori Secret Beach ini? 

Lokasi Pantai Semeti


Pantai Semeti terletak di Kecamatan Pujut, di Kabupaten Lombok Tengah. Posisinya berdekatan dengan Pantai Mawi dan juga termasuk dalam Kawasan Wisata Selong Belanak bersama dengan Pantai Mawi, Pantai Mawun, Pantai Ruwuk dan Pantai Selong Belanak itu sendiri.

Sebagai pantai yang bisa dikategorikan ke dalam Secret Beach, Pantai Semeti memang belum terekspos keeksotisannya sehingga banyak para pelancong yang belum mengetahui keberadaan pantai cantik yang satu ini. Tak hanya itu, Pantai Semeti ini juga cukup sulit utuk ditemukan mengingat lokasinya yang bahkan seolah tersembunyi di balik jejeran perbukitan yang ada di daerah Selong Belanak.

Bukan hanya tesembunyi, Pantai Semeti juga sulit untuk dijangkau mengingat jalanan yang harus ditempuh adalah jalanan rusak dan belum diaspal.

Cara Menuju Pantai Semeti 


Untuk bisa mencapai Pantai Semeti yang sangat terkenal dengan jargonnya yakni Aquarium Alami, Anda bisa menempuh jalur darat dengan rutenya adalah jalur Pantai Mawun atau Pantai Selong Belanak. Anda hanya perlu memilih salah satu dari kedua jalur tersebut.




Apa yang menjadi pembeda jalur Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak? Jalur Pantai Selong Belanak memiliki rute yang lebih dekat sehingga perjalanan dapat ditempuh dalam waktu yang cepat dibandingkan dengan jalu Pantai Mawun. Namun, jika Anda memilih jalur Pantai Selong Belanak, Anda harus puas dengan pemandangan sepanjang jalan yang nampak biasa, berbeda dengan jalur Pantai Mawun yang menyuguhkan pemandangan jalan yang luar biasa.

Keistimewaan Pantai Semeti

Pantai Semeti ini sangat pas bagi Anda yang sangat menyukai keheningan, karena memang pantai ini tidak terlalu ramai seperti pantai Selong Belanak ataupun Pantai Mawi.

Di pantai yang masih terjaga kebersihannya ini, Anda bisa menikmati pemandangan berupa hamparan pasir putih yang sama seperti yang ada di Pantai Kuta Lombok. Bukan hanya disambut dengan hamparan pasir putih saja, Anda juga akan disambut oleh batu-batu karang yang berdiri dengan kokoh dan bertebaran di sisi kanan dan kirinya.

Air laut yang biru dan jernih menjadi pelengkap keeksotisan pantai yang sangat molek ini. Lalu mengapa Pantai Semeti ini juga dikenal dengan jargonnya ‘Aquarium Alami’? Itu karena di pantai ini Anda akan menemukan cekungan yang terisi oleh air laut saat ombak datang dengan dipenuhi oleh terumbu karang serta ikan-ikan kecil di dalamnya sehingga tampak seperti sebuah aquarium.

Aquarium alami inipun tak hanya satu, Anda bisa menemukan banyak aquarium alami dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jadi, sudah tidak perlu meragukan keindahan pantai eksotis yang ada di Lombok ini bukan?

Tak hanya menyajikan pemandangan yang luar biasa, di area sekitar Pantai Semeti juga sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas, yakni area parkir dan berugak santai. Jangan khawatir merasa lapar karena tidak membawa makanan, karena di area pantai ini banyak pedagang yang menjual makanan dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana? Anda sudah mendapatkan gambaran keeksotisan Pantai Semeti? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk menghilangkan kepenatan Anda.


Emoticon Emoticon