20/12/2016

Penyebab Knalpot Bocor dan Cara Terbaik Mengatasinya



mengatasi kenalpot bocor

Knalpot adalah salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin. Selain itu, knalpot ini juga sekaligus bertugas untuk meredam suara bising dari proses pembakaran. Namun fungsi – fungsi di atas tidak akan berjalan normal jika knalpot mengalami kebocoran. Selain membuat mesin tidak bisa bekerja sempurna, suara yang ditimbulkan oleh knalpot bocor juga sangat mengganggu.

Untuk menghindari terjadinya kebocoran pada knalpot, penting bagi kita para pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui penyebab – penyebab yang memicu atau menimbulkan kebocoran tersebut. Nah, untuk itu silahkan anda simak ulasan yang kami bagikan berikut ini yang akan membahas hal tersebut.

Penyebab knalpot bocor dan cara mengatasinya


A. Penyebab kebocoran knalpot


1. Karat

Karat adalah salah satu penyebab utama terjadinya kebocoran pada knalpot. Seperti yang kita ketahui, knalpot terbuat dari material metal yang rentan berkarat jika berkontak dengan air atau oksigen.

Apalagi jika anda berkendara di jalanan yang basah. Cipratan air (bercampur bakteri) yang menempel pada knalpot dan tidak segera dibersihkan membuat knalpot menjadi berkarat.




Knalpot yang sudah berkarat lebih rentan mengalami kebocoran karena logamnya sudah semakin rapuh.

2. Air yang mengendap dalam pipa

Masih berhubungan dengan poin yang pertama, terkadang kita tidak menyadari kalau ada air yang mengendap di dalam knalpot. Air ini lah yang berpotensi menyebabkan karat di dalam pipa knalpot. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering berkendara dalam kecepatan rendah agar air tidak terlalu lama mengendap di dalam pipa.

B. Cara mengatasi Knalpot yang bocor


Umumnya, saat knalpot bocor seseorang akan membawa motornya ke bengkel untuk dilas. Namun jika anda tidak sempat pergi ke bengkel untuk mengelas knalpot, anda bisa mengandalkan beberapa tips berikut ini untuk menahan sementara kebocoran pada knalpot.

1. Alumunium foil

Anda bisa menggunakan alumunium foil untuk menutup kebocoran sementara. Mengapa Almunium foil? Hal ini dikarenakan alumunium foil memiliki sifat mirip logam dan juga tahan panas.

Caranya, anda cukup mengganjal paking knalpot dengan alumunium foil ini. Pertama lipat atau buntal alumunium foil seukuran dengan paking knalpot, setelah itu pasang dengan posisi di antara pipa dan paking knalpot.

2. Plastik steel

Selain alumunium foil, anda juga bisa menggunakan plastik steel untuk menambal knalpot bocor. Namun ada resiko yang ditimbulkan bahan ini, yaitu bekas tambalan yang merusak tampilan knalpot. Tapi anda tak perlu khawatir karena bekas tersebut masih bisa dihilangkan.

3. Lem besi

Jika anda kesulitan mendapatkan bahan – bahan di atas, anda masih bisa menambal knalpot yang bocor menggunakan lem besi. Lem ini bisa anda jumpai di toko – toko material dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Caranya, campurkan lem putih dan lem hitam, aduk hingga rata lalu tempelkan pada bagian yang bocor. Namun sebelum itu pastikan dulu knalpot benar – benar kering agar proses penambalan berjalan lancar dan hasilnya maksimal.

4. Seal tape Alumunium

Sebenarnya seal tape alumunium lebih banyak digunakan untuk menambal benda dapur seperti wajan atau panci. Namun untuk kepentingan yang mendesak, anda juga bisa menggunakannya untuk menambal knalpot.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda bisa langsung menempelkan seal tape alumunium pada bagian yang bocor.

Itu dia di atas ulasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi knalpot yang bocor. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon