25/12/2016

Pulau Wayag, Eksotisme Raja Ampat yang Mempesona



Kemajuan dunia pariwisata di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Terbukti, salah satu pulau, yang dulu tak pernah ter ekspos dan di kenal, kini telah begitu populer, bahkan hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah pulau Raja Ampat Papua. Walaupun pulau ini berada di daerah yang terpencil, dan perlu perjuangan lebh untuk bisa sampai kesana, tetapi hal itu tak menyurutkan tekad para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Dan berbicara mengenai pesona Raja Ampat, tentunya tak bisa lepas dari Pulau Wayag, yang merupakan pusat keindahan Raja Ampat.


Pulau Wayag Pusat Keindahan Raja Ampat.


Jika anda penyuka jalan-jalan sekaligus pecinta wisata selam, Pulau Wayag adalah jawabannya. Pulau Wayag terletak di sebelah barat Kepulauan Raja Ampat, persisnya di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Tidak terlalu mudah untuk mencapai tempat ini, dan diperlukan biaya yang cukup tinggi. Namun, keindahannya yang luar biasa membuat seluruh pengorbanan terbayar lunas.

* Akses ke Pulau Wayag


Tempat ini dapat diakses melalui Pelabuhan Sorong, tentunya setelah sebelumnya anda datang ke Papua dan tiba di Bandara Domine Eduard Sodok (DEO). Untuk menuju Pelabuhan Sorong, dapat menggunakan jasa angkutan taksi, ojek, angkot, ataupun sewa kendaraan.

Dari Pelabuhan Sorong menuju Pulau Wayag, anda dapat menyewa speedboat dengan biaya sekitar 8-9 juta rupiah. Perjalanan dari Pelabuhan Sorong menuju Pulau Wayag ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam.

* Akomodasi 




Sebelum berkunjung ke Pulau Wayag, perlu anda ketahui bahwa di Pulau Wayag tidak ada penginapan. Bisa saja anda bermalam Pulau Wayag untuk menikmati keindahan alamnya, namun harus membawa peralatan berkemah. Jika tidak ingin berkemah, Anda dapat menginap di pulau-pulau yang dekat dengan Pulau Wayag, seperti Pulau Waigeo yang letaknya sekitar 3 km dari Pulau Wayag.

Penginapan yang paling banyak ada di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Di sini selain tersedia resort Raja Ampat yang eksklusif, juga tersedia penginapan murah.

Pulau Wayag merupakan tempat wisata yang termasuk dalam kawasan konservasi. Agar bisa memasuki wilayah konservasi ini, Anda membayar biaya sebesar Rp 250 ribu untuk turis domestik, dan Rp 500 ribu untuk turis mancanegara sebagai izin masuknya yang berupa pin. Pin ini dapat dibeli di Hotel JE Meridien, yang letaknya di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong. Dengan pin ini, Anda dapat memasuki kawasan Raja Ampat selama satu tahun dengan bebas tanpa harus membelinya lagi. Pin ini adalah bagian dari tag konservasi alam Raja Ampat.

* Kegiatan yang Dapat Dilakukan


Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sini. Yang paling terkenal di sini adalah diving dan snorkeling. Dengan air yang begitu jernih, kawanan ikan berenang membentuk pemandangan indah di alam bawah lautnya, kegiatan bawah laut menjadi pengalaman yang tak dapat terlupakan.

Jika anda ingin tahu menikmati pemandangan di pulau ini dari atas, anda harus mendaki Pulau Karang. Kegiatan ini membutuhkan fisik yang prima karena jalannya terjal dan untuk sampai puncak membutuhkan waktu sekitar 35 menit. Dari puncak Pulau Karang inilah, anda dapat menikmati pemandangan alam di Pulau Wayag ini. Gugusan pulau karang yang berwarna hijau dan laut yang hijau kebiruan tampak jelas dari atas. Tampaklah laut yang berwarna biru muda dan biru tua dengan pulau-pulau kapur yang terbentang rapi, di atasnya ditumbuhi pepohonan, sehingga membuat pulau-pulau kapur tersebut terlihat seperti gunung-gunung kecil berwarna kehijauan.

* Kuliner

Kepulauan Raja Ampat terkenal dengan makanan khasnya berupa ikan bakar dari segala jenis ikan yang kaya disediakan oleh lautan luas. Cara memasak ikan yang sedikit berbeda yaitu ikan Bumbu Kuning. Jika anda ingin merasakan kelezatannya, maka anda dapat memesannya di tempat penginapan yang ada.

2 komentar

memang bagus2 banget pulau di raja ampat kapan aku ke sana ni, terimah kasih infonya om

Ayuk bareng2 ke raja ampat, rekreasi sambil silaturahim, tapi kapan juga ya ksana mas ..:)


Emoticon Emoticon