06/12/2016

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Harus Kita Tiru

Sudah diketahui dunia bahwa Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang memiliki banyak sekali perusahaan besar. Negara ini juga menciptakan orang-orang sukses, dan jenius yang tidak sedikit. Namun tahukan Anda sebenarnya apa rahasia sukses mereka? 

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang wajib Kita Tiru

rahasia sukses orang jepang

1. Orang Jepang Dididik Mandiri Sejak Masih Kecil

Rahasia sukses orang Jepang yang pertama adalah bahwa sejak kecil mereka dididik untuk mandiri. Disana anak usia dibawah 12 tahun atau setara dengan usia sekolah dasar sudah harus bisa mandiri.

Untuk melatih kemandirian, biasanya orang tua meminta tolong sang anak membeli beberapa barang sampai bisa mendapatkannya. Selain itu saat berangkat sekolah, tidak ada seorang anakpun yang diantar orang tua ke sekolah. Mereka akan berjalan bersama-sama dengan temannya untuk sampai di sekolah.

Bagaimana dengan keamanan anak tersebut? Tenang saja, di Jepang setiap anak mempunyai benda kecil yang dikalungkan di leher seperti alarm. Jika sang anak dalam bahaya, akan ada pihak berwajib yang dengan sigap menolongnya. Nah dengan mendidik kemandirian sejak kecil akan membantunya untuk meraih kesuksesan dimasa mendatang.

2. Mempunyai Tingkat Rasa Malu yang Tinggi

Rahasia sukses orang Jepang yang kedua adalah bahwa orang Jepang mempunyai rasa malu yang tinggi. Jika Anda melihat berita di Jepang, setiap harinya selalu ada khasus bunuh diri di rel kereta. Khasus bunuh diri ini banyak terjadi karena orang Jepang yang merasa malu telah gagal dalam melakukan sesuatu. Semisal gagal dalam memulai bisnis atau dalam hal lainnya.

Dengan tingkat rasa malu yang tinggi, tentunya akan mendorong seseorang untuk bekerja lebih keras demi mencapai kesuksesan.

3. Selalu Bekerja Keras




Selalu bekerja keras merupakan rahasia sukses orang Jepang yang harus kita tiru selanjunya. Orang Jepang terkenal dengan kerja kerasnya. Bahkan jam kerja yang berlaku di Jepang lebih panjang daripada yang berlaku di negara lain apalagi Indonesia.

Sebagai pembanding pekerja Jepang bisa menyelesaikan satu unit mobil dalam waktu kurang dari 10 hari. Sedangkan pekerja di negara lain bisa menghabiskan lebih dari 40 hari. Dari perbandingan tersebut, sudah bisa dibayangkan bahwa orang Jepang suka sekali bekerja keras. Bahkan pekerja di Jepang tidak mau pulang jika pekerjaannya belum selesai. Selalu bekerja keras ini yang menjadikan orang Jepang menjadi sukses.

4. Mempunyai Gaya Hidup yang Sederhana

Rahasia sukses orang Jepang yang keempat adalah dengan gaya hidup yang sederhana. Tahukan Anda bahwa di Jepang transportasi utama adalah sepeda dan kereta? Benar sekali memang orang Jepang terkenal dengan hidup sederhana. Bahkan untuk menjangkau jarak dari rumah ke tempat aktifitas, orang Jepang memiliki untuk berjalan kaki, bersepeda atau menaiki kereta bawah tanah.

Bahkan mereka yang sudah kaya masih memilih menggunakan kereta bawah tanah sebagai sarana transportasi. Gaya hidup sederhana ini menjadikan orang Jepang cepat sukses karena tidak suka pemborosan dan menghambur-hamburkan uang untuk membeli sepeda motor ataupun mobil.

Selain itu sifat konsumtif tidaklah ada dalam diri orang Jepang. Orang Jepang lebih suka melakukan penghematan dengan cara berbelanja pada jam-jam ketika toko akan tutup karena jam-jam tersebut, pihak toko akan memberikan diskon yang besar.

5. Orang Jepang Pantang Menyerah

Rahasia sukses orang Jepang yang harus kita tiru selanjutnya adalah dengan pantang menyerah dalam melakukan apapun. Sikap pantang menyerah ini mengantarkan orang Jepang untuk meraih kesuksesan. Orang Jepang yang pergi keluar daerah atau keluar negeri untuk belajar atau bekerja, enggan kembali ke kampung halamannya jika belum mencapai kesuksesan.

Beberapa poin diatas merupakan rahasia sukses orang Jepang yang harus kita tiru untuk bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan. Apakah Anda sudah menerapkan salah satunya?


Emoticon Emoticon