30/12/2016

Stop Memarahi Anak Rewel, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Anak yang rewel memang terkadang sangat menjengkelkan, dan banyak orang tua yang mendiamkan anak yang sedang rewel ini dengan cara memarahinya bahkan ada juga yang memukulnya. Sebenarnya cara tersebut adalah cara yang tidak dibenarkan karena bisa berakibat fatal pada anak dan pada perkembangan anak.

solusi memarahi anak yang rewel

Cara yang terbaik untuk mengatasi anak rewel adalah dengan mengetahui berbagai penyebab anak menjadi rewel serta solusi terbaik untuk mengatasinya. Nah untuk itu alangkah baiknya jika anda, melakukan tips-tips berikut.

Penyebab Anak Rewel


Adalah hal yang wajar jika anak rewel saat usia antara 15 bulan sampai 4 tahun yang biasa disebut juga dengan temper tantrum. Nah, temper tantrum ini akan menurun frekuensinya seiring dengan pertumbuhan anak.

Sikap rewel anak ini merupakan salah satu bentuk komunikasi anak dalam menyampaikan keinginannya karena sebenarnya mereka masih belum bisa mengkomunikasikan keinginan tersebut secara verbal yang bisa menuntunnya ke arah frustasi, dan akhirnya anak hanya bisa melakukan protes melalui kerewelan tersebut.

Bukan hanya itu saja, anak juga biasa rewel ketika merasa sakit dan merasa tidak nyaman pada bagian tertentu dari tubuhnya. Bahkan kecapekan juga bisa membuat anak menjadi rewel. Dan jika diperhatikan, terkadang anak juga bisa menjadi rewel hanya untuk sekedar mencari perhatian dari orang tua saja.

Jadi, orang tua harus pintar-pintar dalam mengenali berbagai penyebab anak menjadi rewel, dengan demikian, orang tua tidak perlu memarahi apalagi memukul anak.

Solusi untuk Mengatasi Anak Rewel 


Untuk menenangkan anak yang reel, selain dengan mengenali penyebabnya, orang tua juga bisa memperhatikan beberapa tips untuk mengatasi anak rewel yang kami bagikan berikut ini:




a. Bersikap Tenang

Orang tua hendaknya bersikap tenang dalam menghadapi anak yang rewel. Jangan malah meninggalkan anak yang tengah rewel dengan alasan takut terpancing emosi karena itu malah akan membuat anak merasa tidak diperhatikan. Sebaiknya tetap temani anak yang rewel karena nanti anak pasti akan merasa lelah setelah mengamuk dan kemarahannya itu akan reda dengan sendirinya.

b. Alihkan Perhatian Anak

Sebelum anak menunjukkan gejalan temper tantrum yang lebih lanjut, sebaiknya orang tua segera mengalihkan perhatian anak bisa dengan memberikan mainan yang baru atau dengan bercanda, supaya anak bisa lupa dengan kemarahannya itu.

c. Perhatikan Kondisi Lingkungan Anak

Terkadang anak menjadi rewel hanya karena gigitan nyamuk saja. Orang tua hendaknya juga memperhatikan kondisi lingkungan dimana anak bermain. 

d. Perhatikan Kondisi Fisik Anak

Selain memperhatikan kondisi lingkungan anak, sebaiknya orang tua juga memperhatikan kondisi fisik anak. Karena jika kondisi fisiknya terasa tidak nyaman, otomatis anak akan rewel.

e. Usahakan Agar Anak Mendapatkan Tidur yang Cukup

Karena kelelahan juga bisa membuat anak menjadi rewel, orang tua juga sebaiknya tetap menjaga pola tidur anak sesuai dengan kebiasaannya dan juga sesuai dengan usianya, bagaimanapun juga semakin bertambahnya usia anak, maka pola dan durasi tidur anak juga akan berubah.

f. Berikan Perhatian yang Cukup pada Anak

Perhatian yang diberikan oleh orang tua juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah kerewelan anak karena mencari perhatian. Tetapi perhatian yang dimaksudkan disini tidak bermakna memenuhi semua keinginan anak, melainkan penghargaan saat anak bersikap manis.

Nah, itulah penyebab anak menjadi rewel dan cara untuk mengatasinya. Satu tips tambahan lagi, sebaiknya orang tua tetap bertindak tegas terhadap anak jika dibutuhkan supaya anak tidak menjadi manja. Tetapi jangan bersikap keras supaya anak tidak merasa terintimidasi. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon