28/12/2016

Taman Nasional Teluk Cendrawasih-Kekayaan Eksotis di Daerah Tropis



Tidak ada habisnya jika berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Papua. Semua bentang alam dapat ditemui di Papua. Mulai dari pantai, air terjun, danau, gunung, dan juga taman nasional. Sebagian wisata alam di Papua masih belum terekspos dengan baik, oleh karenanya masih banyak wisata alam yang keindahan serta keasriannya masih terjaga hingga kini. Salah satu contohnya ialah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Taman ini juga merupakan ikon wisata yang cukup populer di Indonesia.

cendrawasih taman Nas

Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Lokasi taman nasional ini, terletak di antara dua kabupaten yaitu kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Barat. Taman nasional teluk cendrawasih ini meliputi beberapa pulau, di antaranya pulau Mioswaar, Roon, Nusrowi, Yoop, dan Pulau Rumberpon. Luas yang mencapai 1.453.500 Ha, menjadikan taman nasional teluk cendrawasih ini taman nasional laut terluas nomor satu di Indonesia. Areal ini memiliki flora dan fauna yang tersebar baik di daratan maupun lautan.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terdiri atas daratan dan pesisir pantai (0,9 %), terumbu karang (5,5%), daratan pulau-pulau (3,8%), dan perairan laut (89,9%). Kawasan ini melindungi lebih dari 10 jenis flora yang hampir punah yang sebagian besarnya terdiri dari jenis pohon Kasuarina.

  • Objek Menarik di Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Jelajah gua dapat anda lakukan di Taman Nasioan Teluk Cendrawasih ini tepatnya di pulau Mioswaar. Banyak sekali peninggalan zaman purba yang terdapat di sini. Sumber air panas mengandung belerang namun tanpa kadar garam pun juga ada di kawasan ini. Menurut penduduk, gua tersebut adalah memiliki nilai sejarah karena ada kerangka leluhur etnis Wandau yang katanya adalah sekelompok manusia yang datang ke pulau Mioswaar pertama kali.




Selain di pulau Mioswaar, pulau Numfor layak juga untuk dikunjungi karena terdapat sebuah gua yang berisikan tengkorak manusia dan piring antic serta peti berukir yang diduga peninggalan berates tahun lamanya. Sedangkan di tanjung Mangguar, juga terdapat gua dalam air dengan kedalaman sekitar 100 kaki.

Whale Shark di tanjung Mangguar juga menjadi ikon dari teluk cendrawasih ini. Hiu ini termasuk jinak dikarenakan hiu paus ini merupakan pemakan plankton, bukan pemakan daging. Sehingga aman bagi penyelam untuk mendekatinya.

Objek menarik lainnya adalah pulau Kumbur, dengan waktu sekitar 3,5 jam, anda akan sampai ke habitat burung Junai emas. Burung yang memiliki bulu hiijau keemasan, namun mirip dengan burung merpati. Sebagian besar pulau Kumbur ditumbuhi cemara pantai sehingga bukan tidak mungkin anda berwisata pantai di pulau ini, terlebih diving pada kedalaman laut.

cendrawasih taman nasional


  • Ragam Flora dan Fauna Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Dikarenakan Taman nasional teluk cendrawasih ini merupakan representasi dari berbagai ekosistem mulai terumbu karang, pantai, mangrove, dan hutan tropis, maka taman nasional ini mempunyai 150 jenis karang dari 15 famili yang tersebar di tepian 18 pulau di sana. Karang yang terdapat di sana contohnya Heliopora coerulea atau karang biru, Antiphates sp. atau karang hitam, family faviidae, dan pectiniidae, juga berbagai karang lunak.

Sedangkan untuk ragam faunanya tercatat sekitar 209 jenis ikan yang menghuni wilayah taman nasional teluk cendrawasih ini seperti butterfly fish, angel fish, Paus biru, ketam, lumba-lumba, hiu dan rabbitfish. Moluska yang menghuni mendampingi para ikan antara lain keong cowries, keong strombidae, triton terompet, dan kima raksasa. Di samping itu, ada juga beberapa jenis penyu seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing, dan penyu lekang.

  • Akses Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Anda dapat mengakses tempat ini melaui Manokwari atau Nabire. Jika dari Manokwari, anda dapat menggunakan kapal motor yang datang 3 kali seminggu dengan durasi perjalanan 2,5 jam, atau memakai motor temple dengan waktu tempuh sekitar 6-10 jam. Karena jarak dari Manokwari ke taman nasional ini 95 km. Sedang dari Nabire, hanya berjarak 38 km. 2-6 jam anda akan sampai di taman nasional teluk cendrawasih keberangkatan dari nabire menggunakan perahu motor.

  • Tiket Masuk Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Tidak dikenakan biaya tiket untuk memasuki Taman Nasional Teluk Cendrawasih, tapi jika ingin menjelajahi teluk cendrawasih disarankan lapor terlebih dahulu ke Balai taman nasional teluk cendrawasih di Manokwari guna memperoleh Surat Izin Masuk Lokasi.

2 komentar


Emoticon Emoticon