24/12/2016

Trik Merawat Smartphone yang Masuk Air, Agar Tidak Rusak



Smartphone adalah perangkat elektronik yang tergolong sensitif dalam perawatannya. Namun, terkadang ada kalanya kita cerobah atau kurang berhati – hati dalam menggunakan smartphone. Contohnya saja smartphone jatuh dan masuk dalam air. Padahal seperti yang kita tahu, air sangat berpotensi merusak berbagai komponen yang tersemat dalam smartphone. Nah bila hal tersebut terjadi pada anda, anda tak perlu panik, lakukan beberapa tips di bawah ini, untuk tidakan penyelamatan.

Smartphone yang Masuk Air, Agar Tidak Rusak

Trik Merawat Smartphone Yang Masuk Air, Agar Tidak Rusak


  • Lakukan Penanganan Pertama
Ketika ponsel Anda tidak sengaja jatuh ke dalam air atau tersiram air, segera matikan smartphone Anda. Tidak perlu panik hingga mengguncang – guncangkan ponsel Anda. Jangan memberikan banyak gerakan pada ponsel Anda karena dikhawatirkan air akan semakin meluas ke komponen sekitarnya.

Setelah ponsel mati, lepaskan baterai dan casing. Hal ini merupakan upaya untuk mengurangi kemungkinan kerusakan karena air. Jangan lupa untuk melepas sim card dan kartu memory yang masih menancap pada ponsel. Sehingga mencegah kerusakan sim card dan data yang ada pada kartu memori.

  • Keringkan Komponen Ponsel yang Terkena Air
Setelah baterai dan casing sudah Anda lepas, segera keringkan bagian – bagian ponsel yang basah. Ambil lap bersih dan lembut untuk mengelap. Bila ada, carilah yang mampu menyerap air dengan maksimal. Usap secara perlahan dan berhati – hati. Jika ingin lebih maksimal, gunakan vacum kecil untuk mengeringkan air yang tidak terlihat dan masih membasahi komponen dalam ponsel. Bila tidak ada, Anda bisa meletakkan ponsel Anda di depan kipas angin yang menyala selama seharian.




Banyak yang menyarankan untuk mencoba mengubur ponsel yang terkena air ke dalam beras. Ternyata memang hal tersebut benar dan terbukti kemampuan beras dalam menyerap air yang ada pada ponsel sangat ampuh. Anda bisa membiarkan ponsel Anda selama 1 sampai 2 hari untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

Jangan lupa untuk mengeringkan baterainya juga. Bisa dengan mengelap dan menguburnya ke dalam beras. Masukkan baterai ke dalam wadah berisi beras yang berbeda dengan ponsel yang terendam air. 

Setelah itu, pasang kembali baterai dan komponen lainnya untuk mengecek apakah smartphone Anda mengalami kerusakan – kerusakan pada komponan dalamnya. Jangan menyalakan sebelum baterainya terisi penuh. Lalu lakukan tes pada speaker dan sensitifitas layar Anda. Jika dirasa masih belum sepenuhnya kering, lakukan pengeringan ulang dengan tips yang sudah dijelaskan diatas.

  • Periksakan ke Service Centre
Jika setelah mengeringkan, ponsel Anda masih saja bemasalah, seperti layarnya yang masih belum sepenuhnya kering sehingga muncul bercak – bercak air, atau speaker yang menjadi tidak berfungsi, maka segera bawa ke service center terdekat agar mendapatkan penanganan dan perbaikan. Karena biasanya, jika salah satu perangkat saja sudah tidak berfungsi dengan baik, maka nantinya akan mempengaruhi komponen yang selainnya.

  • Lakukan Langkah Pencegahan
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar menghindarkan smartphone Anda dari kemasukan air, Anda bisa memasang flipcase atau case silikon sebagai pencegahan tambahan. Dan tetap berhati – hati dalam menggunakan smartphone Anda ketika hujan atau sedang berkeringat.

Itulah beberapa tips untuk Anda dalam merawat smartphone yang terkena air. Jika tips di atas bisa membuat ponsel Anda menyala dan tidak merusak bagian apapun, maka sukur, karena tentunya Anda tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli ponsel baru.


Emoticon Emoticon