21/01/2017

5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Tanpa Pelatihan



Untuk meningkatkan kinerja karyawan biasanya perusahaan akan memberikan pelatihan-pelatihan kerja yang dapat menunjang semangat karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Tetapi sayangnya, semua pelatihan tersebut terkadang tidak memberikan efek apa-apa kepada karyawan dalam meningkatkan hasil kerja mereka jika tidak langsung di terapkan dalam dunia kerja sehari-hari. Nah, ada beberapa cara lain yang sebenarnya lebih bagus daripada metode pelatihan tersebut, yang tentunya lebih efektif dan segera terlihat dampak baiknya.

Cara Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan

1. Memberikan hak karyawan tanpa meninggalkan kewajiban

cara paling efektif meningkatkan kinerja para karyawan

Karyawan bukanlah robot yang harus mengikuti semua perintah pekerjaan anda. Selain punya kewajiban bekerja, karyawan juga mempunyai hak atas apa yang telah mereka kerjakan untuk sebuah perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, berikanlah hak karyawan-karyawan anda sepenuhnya. Karyawan anda akan lebih termotivasi jika anda memenuhi hak-hak mereka. Misalnya dengan memberikan hari libur mereka untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mereka cintai. 
Jangan membuat karyawan anda bekerja melebihi jam kerja perusahaan. Jika karyawan diharuskan lembur, berilah mereka bonus dari kerja lembur mereka. Karyawan berhak mendapatkan istirahat yang cukup dan jika waktu istirahat mereka digunakan untuk menyelesaikan tugas lembur, gantilah waktu istirahat mereka dengan gaji dari kerja lembur.

2. Memberi penghargaan dan punishment kepada karyawan

Apabila kinerja karyawan anda baik dan banyak berpengaruh untuk masa depan perusahaan anda, berikanlah penghargaan kepada karyawan-karyawan anda yang berprestasi. Memberikan penghargaan kepada karyawan tidak akan rugi yang ada akan lebih menguntungkan perusahaan karena karyawan-karyawan yang lain akan menjadi termotivasi untuk bisa meningkatkan kinerja mereka agar lebih baik. 




Penghargaan ibarat sebuah umpan untuk mencetak kualitas karyawan yang lebih baik dalam bekerja. Dan jika ada karyawan yang kinerjanya kurang memuaskan bahkan sama sekali tidak baik atau melanggar aturan, jangan segan-segan untuk memberi hukuman kepada karyawan. Hukuman bukan berarti kekerasan tetapi bagaimana caranya agar karyawan dapat meningkatkan kinerja mereka. Buatlah hukuman yang kreatif misalnya menghukum mereka dengan memberikan tugas-tugas baru yang lebih membuat mereka tertantang. 

3. Mengadakan senam seminggu sekali 

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Bekerja terus menerus tidaklah baik untuk kesehatan dan juga psikologi anda. Olahraga dapat dijadikan refreshing dan membantu untuk meningkatkan kerja karyawan. Karyawan yang lesu, kerjanya kurang cepat bahkan hasil pekerjaannya tidak baik dapa disebabkan karena mereka stress dan kurang berolahraga.

Buatlah jadwal senam pagi bersama karyawan-karyawan anda di kantor misalnya setiap jum’at pagi atau hari minggu pagi. Kalau senam dilakukan di hari libur, karyawan boleh membawa anggota keluarganya untuk mengikuti senam pagi dan bisa dilanjutkan dengan pergi liburan atau piknik bersama-sama rekan kerja. Hal seperti ini sanagt ampuh untuk meningkatkan kinerja karyawan tanpa harus mengadakan pelatihan-pelatihan kerja bagi karyawan. 

4. Profesional dalam bekerja

Ketika bekerja, sebagai seorang pemimpin anda harus menunjukkan sikap professional kepada karyawan anda dalam bekerja. Misalnya ketika bekerja pantang bagi karyawan untuk mengakses sosial media mereka dan mencampur urusan pribadi dengan masalah pekerjaan. Sosial media memang sangat penting di era modern sekarang tetapi jika hal itu dapat menurunkan hasil kinerja karyawan, maka sebaiknya ketika diwajibkan untuk meninggalkan sosial media ketika sedang bekerja. Saat jam istirahat kerja, sebagai seorang pemimpin anda harus mengembalikan hak mereka untuk menggunakan sosial media di luar jam kerja. 

5. Memantau kinerja karyawan

Adakanlah rapat mingguan untuk memantau hasil kinerja karyawan anda dan lakukan evaluasi pekerjaan mereka. Sangatlah penting bagi perusahaan untuk meninjau dan memantau semua proyek yang dikerjakan oleh karyawan. Dengan adanya rapat kerja seperti itu akan membantu karyawan yang mendapatkan masalah saat dalam proses mengerjakan proyek perusahaan dan sebagai pemimpin perusahaan, anda akan membantu karyawan untuk menemukan jalan keluarnya dengan bantuan karyawan lainnya. 

5 hal di atas adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan tanpa harus memberikan mereka pelatihan/diklat. Karena faktanya, seringkali pelatihan kerja kurang maksimal dalam membantu karyawan dalam meningkatkan hasil kerja mereka. Dan dengan 5 cara di atas di yakini lebih mampu dan menjamin karyawan untuk bekerja lebih baik ke depannya. 


Emoticon Emoticon