24/01/2017

6 Contoh Usaha Sampingan Yang Mudah Dijalankan



Mempunyai usaha sampingan bisa tentunya bisa menjadi solusi dalam menghasilkan lebih banyak lagi pundi-pundi rupiah. Dan kelebihan lainnya, dengan membuka usaha sendiri potensi untuk membuka lapangan kerja untuk orang lain juga semakin besar. Akan tetapi sayangnya, merintis usaha sampingan itu tak semudah yang di bayangkan. Belum lagi, karena banyaknya pilihan yang ada membuat kita malah bingung menentukan usaha mana yang akan di tekuni.

usaha sampingan yang mudah dijalankan

Nah, untuk anda para pemula, sangat di sarankan untuk menggeluti jenis usaha yang sederhana, yang mudah di jalankan. Tak perlu muluk-muluk merintis usaha yang rumit yang justru kita kesulitan menjalankannya. Sebagai referensi berikut ini kami rangkum beberapa jenis usaha yang mudah di jalankan yang bisa anda pertimbangkan salah satunya untuk di jalankan.

Beberapa Contoh Usaha Sampingan yang Mudah Dijalankan 

  • Usaha Online Shop 
Usaha online shop merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang mudah untuk di tekuni, bahkan untuk anda yang belum pengalaman berbisnis sekalipun. Usaha ini bisa dikerjakan kapan saja dan juga dimana saja hanya berbekal koneksi internet baik melalui laptop ataupun melalui smartphone. Pilihan usaha online shop juga sangat banyak dengan berbagai target pasar yang luas seperti berjualan baju, tas, sepatu, pakaian anak sampai dengan berjualan aksesoris handphone. 
  • Membuka Bimbingan Belajar di Rumah 
Usaha sampingan yang mudah dijalankan selanjutnya adalah dengan membuka bimbingan belajar. Usaha ini minim risiko dan juga tanpa modal namun bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Menjalankan usaha ini juga tidak membutuhkan banyak waktu. Anda hanya perlu meluangkan 2 sampai 3 jam di sore hari.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini hanyalah keuletan dalam menghadapi anak didik. Selain membuka bimbingan belajar, Anda bisa juga menjadi guru les privat yang mendatangi langsung kediaman anak didik. 
  • Berjualan Pulsa 
Berjualan pulsa bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang mudah di jalankan selanjutnya. Karena berjualan pulsa bisa Anda kerjakan di mana saja dan juga kapan saja sama seperti usaha online shop. Namun dalam berjualan pulsa, walau mudah di kerjakan, juga di tuntut kejelian. Sering kali penjual pulsa dengan cepat gulung tikar karena tidak dapat mengolah keuangan dengan baik. 

Apalagi jika pelanggan Anda rata-rata adalah teman yang biasanya menunggak untuk melakukan pembayaran. Ini akan sangat merugikan Anda, jadi sebisa mungkin berilah ketegasan untuk segera melakukan pembayaran agar modal usaha Anda cepat kembali. 
  • Usaha Laundry 



Usaha sampingan yang mudah dijalankan selanjutnya adalah dengan membuka usaha laundry. Usaha ini sangat menjanjikan apalagi bagi Anda yang memiliki lokasi strategis seperti dekat dengan wilayah perkantoran atau wilayah kampus.

Usaha laundry ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga dalam memanfaatkan waktu luang di rumah. Modal dalam membuka usaha ini juga tidaklah besar hanya sekitar 2 sampai 3 juta rupiah untuk pembelian mesin cuci di awal. 
  • Membuka Toko Alat Tulis dan Jasa Foto Copy 
Usaha sampingan selanjutnya yang mudah untuk dijalankan adalah membuka toko alat tulis dan jasa foto copy. Usaha ini sangat mudah untuk dijalankan dan sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Dengan modal kurang dari 5 juta rupiah, Anda bisa memulai untuk menjalankan usaha ini.

Selain mudah dijalankan, usaha ini juga memiliki pasar yang cukup luas apalagi jika Anda membuka usaha ini di wilayah yang strategis seperti dekat dengan kampus atau dekat dengan sekolah. 
  • Menjadi Penulis Lepas 
Menjadi penulis lepas juga bisa dijadikan usah sampingan yang mudah untuk dijalankan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai kegemaran dalam menulis, tidak ada salahnya memanfaatkan kegemaran tersebut untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Menjadi penulis lepas juga tidak membutuhkan banyak waktu. Anda bisa mengerjakan kapan saja ketika Anda mempunyai waktu untuk menulis. Selain itu mengerjalan usaha sesuai passion akan sangat menyenangkan karena tidak merasa terpaksa dalam mengerjakannya.

Beberapa usaha sampingan diatas adalah usaha yang mudah untuk di jalankan. Tapi, walau hanya sebagai usaha sampingan, jika Anda menjalankan dengan konsisten sangat mungkin akan menjadi berkembang dan semakin besar, yang tentunya bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain dan keuntunganpun juga lebih besar.

2 komentar

beberapa udah pernah coba.. belum berhasil dengan baik. tapi tetap semangat, coba lagi...

terus semangat mas, dibalik kesulitan ada kemudahan....:)


Emoticon Emoticon