02/01/2017

Air Terjun Cikaso – Pesona Air Terjun Cantik nan Megah di Jawa Barat



Air terjun Cikaso atau Curug Cikaso dalam bahasa Sunda, merupakan air terjun yang aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso yang diberi sebutan Cicurug. Air terjun Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dalam satu tempat yang di bawahnya terdapat kolam berwarna indah. Pada awalnya, air terjun ini lebih dikenal dengan nama Curug Luhur, namun karena masyarakat setempat dan juga wisatawan lebih banyak yang menyebut air terjun ini dengan nama Curug Cikaso, maka sekarang ini lebih populer dengan nama Cikaso. Air terjun Cikaso ini terletak di Pesisir barat daya pulau Jawa, lebih presisinya yaitu di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat.

pesona Air Terjun Cikaso

Pesona Keindahan Air Terjun Cikaso


Seperti yang telah di singgung diatas, air terjun Cikaso memiliki kolam di bawah air terjun. Kolam ini akan nampak berwarna hijau kebiru-biruan jika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan segar dan sejuk dipandang. Akan nampak dua titik air terjun di Curug Cikaso karena satu titik air yang lainnya ditutupi oleh sebuah tebing yang menghadap ke arah terbitnya matahari.

Ketiga titik aliran tersebut masing-masing memiliki nama, pada sektor kiri dinamakan Curug Asepan, Curug Meong pada sektor tengah, dan Curug Aki pada sektor bagian kanan. Ketiga air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dan lebar kurang-lebih 100 meter.

Akses Menuju Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso jawa barat

Air terjun Cikaso berjarak 8 Km dari Surade, sedangkan jika dari Jampang Kulon akan memakan jarak sekitar 15 Km, jika anda dari Sukabumi, menuju Air Terjun Cikaso akan berjarak tempuh 110 Km. Bagi anda yang ingin menemukan air terjun Cikaso dengan bantuan alat bantu GPS, Air Terjun Cikaso dapat ditelusuri via GPS dengan koordinat 7° 21' 40.13" S 106° 37' 3.88" E. Sedangkan bagi anda yang tidak terlalu mengerti mengenai GPS, anda bisa mengikuti panduan berikut.

Biasanya, para wisatawan yang akan menuju Air Terjun Cikaso akan menempuh perjalanan dari kota Surade sekitar setengah jam menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor sampai tiba di pertigaan jalan Cikaso yang berliku namun aspalnya baik. Meski begitu, akan ditemui jalan berbatu di akhir perjalanan sebagai pertanda anda telah dekat dengan tujuan.




Bagi anda yang menggunakan angkutan umum, anda dapat menggunakan jasa angkutan umum dari kota Surade dengan ruter Surade – Cikaso dengan bandrol tarif Rp.6000 tiap orangnya. Setelah menempuh perjalanan dengan angkutan umum, berhentilah di pertigaan jalan menuju Curug Cikaso. Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki lebih-kurang 2 kilometer menuju lokasi Curug Cikaso melewati pematang sawah dan ladang penduduk. Opsi lain bagi anda jiwa traveller, anda bisa menumpang truk pasir yang lazimnya melewati daerah Air terjun tersebut.

Atau bagi anda yang berkeinginan menyaksikan pemandangan dari sungai, anda bisa menyewa sampan yang berkapasitas hingga 12 orang. Sampan ini nantinya akan menyusuri sungai Cikaso yang berangkat dari sekitar jembatan Cikaso. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju Curug Cikaso dengan sampan mencapai 15 menit yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 100 meter menuju Air terjun.

Fasilitas dan Wisata Lain di Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso cantik

Selain menawarkan keindahan alam, Air terjun Cikaso juga menawarkan fasilitas penunjang agar anda tetap nyaman di sana seperti tersedianya warung makan, dan kios souvenir khas dari Cikaso.

Selain itu terdapat juga beberapa obyek wisata lain di sekitar air terjun Cikaso seperti adanya Goa Aul, muara Cikaso, Pantai Cikaso, dan jeram seungkeu yang cocok dijadikan destinasi berlibur anda dalam rangka melepas penat.

Tiket Masuk Air Terjun Cikaso

Tiket untuk masuk ke wisata air terjun Cikaso ini sangat terjangkau dan terbilang murah.Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menetapkan retribusi untuk masuk ke wisata air terjun Cikaso sebesar Rp.2000 – 3000 saja untuk tiap-tiap pengunjung yang satang.

Nah, itu dia review yang bisa kami ulas mengenai pesona air terjun cikaso jawa barat, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.


Emoticon Emoticon