26/01/2017

Apa itu Cache data dan pengaruh menghapusnya di Android ?



Mungkin sudah banyak pengguna smartphone android mendengar apa itu Cache data. Dimana banyak yang masih takut untuk menghapus cache yang memang di setiap aplikasi ada opsi pengaturan untuk menghapusnya atau tidak. Namun tahukan pembaca apa itu cache, kegunaannya dan bagaimana efek menghapus cache di android ?. Untuk lebih mengenal apa itu cache, Admin DetikInfo akan membahasnya secara singkat, lugas dan tentunya dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Yuk disimak.

cache data delete

Cache atau sering disebut dengan Tembolok, dalam bahasa Teknik Informatika sederhana adalah Penyimpanan data sementara, dimana data yang telah disimpan tersebut dapat dengan mudah diakses oleh CPU atau prosesor sehingga memperkecil waktu pemrosesan Informasi data.

Sampai disini mungkin ada pembaca yang masih belum begitu memahami bagaimana cache itu bekerja. Baik, akan admin sederhanakan bahasanya..hehe.

Sebagai contoh, Ketika anda membuka Browser dan mengetikkan sebuah alamat di adrress bar kemudian anda menyusuri situs tersebut maka cache akan bekerja menyimpan informasi penjelajahan dan aktifitas anda di penyimpanan (Memory) untuk dimanfaatkan dikemudian waktu. Lho, maksudnya dimanfaatkan untuk waktu berikutnya gimana ?, tenang, mari lanjut pembahasannya.

Ketika anda menutup aplikasi browser dan suatu saat nanti ingin membukanya lagi, kemudian melakukan browsing ke alamat situs yang sudah pernah anda kunjungi sebelumnya maka akan ada suggestion address yang muncul di address bar, itulah kerjaannya cache.




Kemudian ketika anda ingin masuk ke situs yang sudah pernah dikunjungi, maka kecepatannya membuka halaman halaman akan lebih cepat dibanding situs yang belum pernah anda buka. Sekali lagi itulah kerjaan dari cache data.

Sederhananya begini, Memori cache tanpa anda ketahui akan mencatat semua aktifitas yang pernah anda lakukan pada sistem maupun aplikasi. Dengan data yang sudah tersimpan tersebut, nantinya ketika anda kembali membuka aplikasi maupun apapun yang memerlukan cache data akan semakin cepat diakses.

Cache data akan membantu prosesor untuk mempersingkat delay (waktu jeda) proses yang dihasilkan untuk mengolah input data. Karena tadinya ada data sama yang sudah tersimpan di memori Internal maka ketika ada permintaan pengolahan data yang sama si Cache akan menyuguhkan data siap pakai untuk diolah dan ditampilkan hasilnya di layar pengguna dengan cepat tanpa menunggu waktu lama. Sekali lagi, itulah pekerjaan dari cache data di perangkat Elektronika seperti PC maupun Smartphone.

Nah, sesudah mengetahui apa dan bagaimana sistem kerja Cache di Android, sekarang ada pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa pengguna ponsel pintar ini, yaitu apa efek menghapus data Cache ?. Sebenarnya Tidak masalah menghapus cache, Admin sendiri sering melakukan hal tersebut karena beberapa alasan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak yuk jawabannya di bawah ini.

Efek, keuntungan dan kekurangan Menghapus Cahe Data :




1. Ponsel anda tidak akan bermasalah ketika cache dihapus, karena data yang tersimpan di dalam cache hanyalah 'jejak' atau histori dari aktivity yang telah anda lakukan pada aplikasi maupun sistem.

2. Apakah menghapus cache akan menghapus data seperti game, aplikasi, akun dan lain sebagainya ?, jawabannya adalah tidak. Data dalam cache sangat berbeda dengan Data aplikasi, jadi sangat aman menghapusnya.

3. Keuntungan menghapus cache salah satunya yaitu akan membuat ruang penyimpanan lebih lega. Kalau selama ini anda belum pernah mencoba menghapus cache data maka anda akan bisa merasakan space penyimpanan akan bertambah banyak karena aktifitaas mulai anda mempunyai ponsel sampai saat ini belum pernah dihapus sedikitpun. Silahkan coba dan lihat berapa Mega bahkan GB penambahan memori space anda.

4. Setelah menghapus cache data nantinya anda akan merasa ketika membuka suatu aplikasi akan sedikit lama, namun hanya dalam hitunyan detik. Hal ini wajar dikarenakan jejak anda beraktifitas di ponsel yang dulu sudah terhapus dan kini menciptakan jejak baru di aktifitas anda.

Jadi sifat melambatnya membuka aplikasi hanya untuk sementara waktu dan itu akan berubah kecepatannya ketika anda sudah memulai aktifitas baru secara berulang seperti contoh cara kerja cache diatas.

5. Menghapus cache juga bisa menghindari crash aplikasi karena adanya file yang terlalu banyak dibaca dan diproses oleh RAM.

Dari beberapa penjelasan tentang apa itu cache dan apa pengaruhnya ketika pengguna android menghapusnya diatas semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan membubuhkan pertanyaan di kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.

2 komentar

Terima kasih mas farhan..manfaat sekali
Memang benar mas saya masih awam sekali tentang cache data ini, memang juga kata teman-teman juga setiap beberapa kali browsing, dipengaturan cache untuk di hapus nya dan memang android saya juga kadang suka loading terus jarang hapus cache nya....
makasih infonya..jelas sekali mas farhan

Terima kasih Kunjungannya mas, semoga tips tentang cache data di android diatas bermanfaat :)


Emoticon Emoticon