25/01/2017

Berbagai Kendala di Awal Memulai Bisnis Online dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Maraknya marketplace yang berhasil menelurkan banyak pengusaha sukses, menjadikan banyak orang kian bersemangat untuk ikut membuka usaha online. Sayangnya banyak di antara pengusaha online pemula yang akhirnya menyerah dan berhenti di tengah jalan gara-gara tidak bisa menghadapi kendala/tantangan saat memulai menjalankan usaha tersebut.

tips mengatasi bisnis yang sedang lesu

Nah, agar tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya sedari awal, sebelum membuka suatu usaha, investasikan dulu waktu anda guna mempelajari secara mendetail usaha yang akan di geluti. Paling tidak anda tahu, seluk-beluk usaha tersebut, hingga resiko terburuk yang harus di hadapi saat menggelutinya. 

Untuk lebih jelasanya berikut ini kami bagikan informasi mengenai berbagai kendala yang biasanya di alami para pebisnis online pemula, serta solusi terbaik mengatasinya.

1. Terlalu minim informasi/pengetahuan

Di dunia bisnis online, kita tidak bisa langsung terjun ke dalamnya dan langsung berhasil mencetak keuntungan. Karena dibutuhkan kerja keras untuk bisa berhasil mendapatkan penghasilan. Selain itu, dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk bisnis online. Jika kita minim informasi dan pengetahuan, maka kita akan jadi tertinggal dengan pesaing dan bisnis sulit untuk bisa maju. 

Solusinya adalah dengan belajar, bisa dengan belajar sendiri atau otodidak atau belajar langsung kepada ahlinya. Diluar itu, anda bisa ikut bergabung di forum-forum yang banyak membahas tentang bisnis online untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai bisnis online.

2. Kurang tekun dan fokus 

Pengusaha online yang pemula biasanya suka berganti-ganti jenis usaha apabila merasa usaha yang dijalankannya tidak menemui kesuksesan. Misalnya minggu pertama berjualan baju online, bulan berikutnya bisnis periklanan, 3 bulan kemudian bisnis affiliasi dan seterusnya. Sebenarnya hal ini tidak salah, hanya saja sebagai pemula hendaknya memilih fokus pada 1 bidang usaha saja agar lebih mudah untuk mengelola dan mengembangkannya.




Solusinya adalah jangan mudah tergoda dengan penghasilan orang lain yang sudah sukses di bidang tertentu, tetaplah fokus dengan usaha yang sedang anda jalankan. Dengan bersikap fokus anda akan belajar dari pengalaman, sehingga semakin lama anda akan semakin lihai menjalankan bisnis anda.

3. Tidak sabar dan gampang menyerah

Jika anda merasa berbisnis online adalah mudah, maka anda perlu mengoreksi kembali anggapan tersebut. Karena banyak pengusaha online pemula yang harus jatuh bangun untuk menjalankan bisnisnya, sehingga tidak sedikit yang harus menyerah karena tidak kunjung menghasilkan profit. 

Solusinya adalah dengan tetap bersabar dan tidak menyerah. Semua jenis usaha butuh waktu untuk menjadi sukses, apabila anda sampai menyerah, maka bukan hanya waktu anda yang terbuang, tapi segala pengorbanan anda selama ini akan sia-sia.

4. Kalah bersaing

Pastinya anda sadar bila dalam dunia bisnis online, persaingannya sungguh ketat. Jika anda menjual produk yang sama dengan orang lain, maka bersiap-siaplah untuk berani pasang harga miring agar konsumen mau membeli produk anda. Seperti yang kita tahu, di marketplace produk yang sama bisa dijual oleh beberapa penjual dengan harga yang biasanya berbeda-beda. Konsumen awam pasti akan lebih mudah menjatuhkan pilihan pada produk dengan harga yang lebih murah.

Oleh karena itu, solusinya adalah berani memberikan harga yang lebih kompetitif, mau berpromosi lebih keras, membuat banyak promo-promo, melakukan penjualan dengan produk bundle dan lebih rajin posting produk atupun artikel bermanfaat tentang produk yang anda jual di forum-forum/sosial media.

5. Masalah supplier

Kendala lain yang biasa terjadi pada pengusaha online pemula adalah masalah produsen atau supplier. Masalah akan terjadi manakala reseller atau pengusaha online kesulitan menemukan pemasok barang yang tepat, sehingga akan menyebabkan penjualan produk menjadi terhambat.

Solusinya adalah jangan hanya mengandalkan 1 produsen untuk produk yang anda jual. Memiliki beberapa produsen sekaligus akan menghindarkan anda dari kelangkaan barang yang anda jual, sehingga bisnis anda akan tetap bisa berjalan, meskipun ada supplier yang berhenti menyuplai bahan atau produk ke anda.

6. Banyaknya penipuan 

Tidak hanya bisnis offline yang marak dengan penipuan, bisnis online pun menjadi lahan empuk para penipu yang ingin mengambil keuntungan dari pengusaha pemula yang belum banyak pengalaman di dunia bisnis online. Solusinya adalah dengan selalu berhati-hati, khususnya kepada konsumen yang baru akan membeli produk anda. Pastikan bahwa pembayaran yang mereka lakukan benar-benar sudah masuk ke rekening anda, baru anda kirim produk yang mereka pesan. Jangan mudah terbuai dengan kata-kata manis pelanggan, yang menjanjikan sesuatu yang tidak wajar. Selalulah berpikir logis. 

Nah, Itulah sekelumit kendala yang sering kali di alami para pengusaha pemula di awal-awal mendirikan usaha/bisnis onlinenya. Tetap kuatkan tekad, terus semangat dan jangan mudah menyerah, niscaya lambat laun usaha yang anda rintis dan tekuni akan membuahkan hasil. Selalu yakinlah, bila semua pengusaha suksespun awalnya juga mengalami fase seperti yang anda alami saat ini, yang perlu anda lakukan hanya terus maju, dan maju hingga anda berada di fase yang anda impikan.


Emoticon Emoticon