03/01/2017

Cagar Alam Lembah Anai, Keindahan Alam Tersembunyi di Tanah Datar Sumatera Barat

Jika Anda ingin menghabiskan liburan dengan melihat aneka flora, fauna serta air terjun sekaligus, maka Cagar Alam Lembah Anai yang ada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang kami rekomendasikan.

Dan selain itu, Cagar Alam Lembah Anai ini bahkan juga telah di tetapkan sebagai kawasan konservasi sejak pemerintahan kolonial Belanda, berdasarkan SK No.25 Stbl No.756 yang dikeluarkan tanggal 18 Desember 1922, dengan luas arealnya adalah 221 hektar, dan hingga sekarang ini masih tetap di pertahankan



Akses Menuju Lokasi Cagar Alam Lembah Anai


Cagar Alam Lembah Anai ini terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat. Untuk bisa ke lokasi Cagar Alam Lembah Anai ini, Anda dapat menggunakan berbagai kendaraan, baik itu angkutan umum, kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewaan.

Pesona Cagar Alam Lembah Anai


Cagar Alam Lembah Anai merupakan kawasan hutan lindung dengan hutan tropis yang lebat. Keberadaan Cagar Alam Lembah Anai ini kurang begitu diketahui karena pemerintah daerah setempat tidak terlalu aktif dalam mensosialisasikan dan mempromosikan kawasan konservasi ini. Nah berikut adalah berbagai pesona yang dapat anda saksikan di Cagar Alam Lembah Anai 

Flora

Ada berbagai jenis flora yang bisa Anda jumpai di Cagar Alam Lembah Anai ini, antara lain Bunga Bangkai, Cempedak Air, Sampek, Cangar, Madang Siapi-api dan beberapa jenis flora langka lainnya

Fauna

Bukan hanya memiliki berbagai flora langka saja di dalamnya, Cagar Alam Lembah Anai juga memiliki berbagai macam fauna langka yang turut melengkapi keistimewaan kawasan konservasi yang satu ini, antara lain biawak, trenggiling, tapir, kancil, beruk, siamang, rusa, kera ekor panjang, harimau sumatera, elang, burung balam, burung puyuh, burung punai dan aneka jenis kupu-kupu.




Namun, fauna yang paling sering dijumpai oleh wisatawan adalah kera ekor panjang, siamang serta beruk yang memang sering bergerak untuk mencari makanan. Di lokasi wisata ini juga terdapat pendamping yang bersedia untuk menemani pengunjung melihat keindahan Cagar Alam Lembah Anai beserta aneka faunanya.

Air Terjun

Keistimewaan lain dari Cagar Alam Lembah Anai adalah keberadaan tiga buah air terjun. Satu air terjun yang paling terkenal adalah air terjun yang letaknya tepat ada di pinggir jalan yang menjadi penghubung antara Kota Bukittinggi dan Kota Padang yang lebih dikenal sebagai Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan airnya berasal dari Gunung Singgalang. Air Terjun lembah Anai ini kemudian ditampung oleh ‘kolam’ yang ada di bawahnya. Yang unik adalah, karena air yang turun cukup cepat dan seolah saling menyusul, menciptakan sebuah pemandangan yang bisa dikatan sebagai kabut ait yang membentuk suatu gugusan cantik yang jika terkena sinar matahari akan tampak berwarna-warni.

Selain Air Terjun Lembah Anai, masih terdapat 2 buah air terjun lainnya. Namun sayangnya, letaknya berada di bagian dalam hutan dan tertutupi oleh lebatnya pepohonan dan jika pengunjung ingin menyaksikan dua air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan kira-kira selama 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai berada.

Fasilitas yang ada di Cagar Alam Lembah Anai

Meskipun Cagar Alam Lembah Anai ini tidak terlalu dikenal, namun di kawasan ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum buat pengunjung, seperti misalnya warung yang menjual aneka makanan dan minuman, area parkir yang cukup luas serta kamar mandi untuk membilas badan dan mengganti pakaian.


Emoticon Emoticon