11/01/2017

Cara Melepas Flashdisk OTG di Android dengan Aman



Kelebihan android memang sudah tidak diragukan lagi, seperti salah satu contohnya dari segi penyimpanan Data, Dimana Pengguna android bisa memanfaatkan fitur sambungan OTG (OnTheGo) yang bisa memfungsikan dirinya sebagai jembatan untuk terkoneksi dengan penyimpanan Eksternal seperti Flashdisk (FlashDrive). Disini Bagi yang sudah memanfaatkan fitur OTG untuk menambah space memori dengan tambahan Flashdisk tentunya ingin memanfaatkan juga fitur untuk melakukan Eject atau melepas flashdisk dengan Aman.

melepas flashdisk otg dari android

Seperti halnya pada sistem di Personal Computer (PC), baik itu Windows, Linux dan Sistem lainnya, penyimpanan eksternal yang tertancap dan dikenali oleh sistem seharusnya dilakukan UnMount agar sistem mematikan segala proses dan menghentikan asupan tegangan ke media penyimpanan agar nantinya tidak merusak media maupun sistem itu sendiri.

Melakukan Safe Removable terhadap flashdisk yang tersambung via kabel OTG tentunya juga harus dilakukan demi menghindari sistem yang bermasalah maupun menghindari kerusakan perangkat penyimpanan yang dalam hal ini adalah flashdisk.
Mencopot secara paksa (secara tiba-tiba) flashdisk dari port OTG bisa berakibat fatal terhadap flashdisk (FD) itu sendiri. Apalagi bila FD sedang melakukan aktifitas baca dan tulis data, akan bisa mengakibatkan susunan data yang corrupt bahkan flashdisk bisa rusak dengan ditandai tidak terdeteksinya penyimpanan tersebut di sistem.

Mencopot FD dengan tiba-tiba tanpa prosedur 'Safe Removable Disk' akan memutus arus yang secara continue mengalir ke dalam device tersebut, yang akan berakibat rusaknya IC maupun komponen lain yang bersinggungan dengan putusnya arus secara tiba-tiba.




Namun dalam beberapa kasus memang masih banyak pemilik ponsel android yang mencopot flashdisk dari sambungan OTG dengan cara paksa tapi ponsel sampai saat ini baik-baik saja. Namun yang perlu diingat, setiap sistem, merek Ponsel serta ketangguhan alat penyimpanan (Flashdisk) tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya.

Untuk lebih amannya melakukan pencopotan flashdisk dari sambungan OTG android, sebaiknya lakukan prosedur dengan benar seperti yang Admin jelaskan di bawah ini.

Cara melepas Flashdisk OTG dengan benar :


1. Pertama kali buka menu Pengaturan dan masuk ke Menu penyimpanan.

melepas sambungan OTG di android

2. Kemudian geser agak ke bawah di menu penyimpanan tersebut, Temukan opsi pelepasan penyimpanan eksternal dengan aman, kata-kata yang tertera di beberapa sistem tentu bisa beda namun akan sama arti dan fungsinya (lihat contoh).

3. Setelah anda melakukan klik pencopotan penyimpana eksternal, akan ada notifikasi dilayar yang menyatakan bila segala sesuatu baik itu proses data atau aplikasi yang berjalan via penyimpanan eksternal (Dalam hal ini Flashdisk) akan dihentikan. Tekan saja tombol Oke.

melepas memori eksternal OTG

4. Akan ada notifikasi di Bar Atas yang menyatakan bahwa anda aman untuk melepas media penyimpanan.

Demikian tutorial singkat yang bisa admin berikan kepadda pembaca DetikInfo tentang cara melepas flashdisk dari sambungan OTG yang benar di Android. Semoga tipsnya bermanfaat, untuk pertanyaan silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon