17/01/2017

Deretan Tradisi Pernikahan Unik dan Aneh di Seluruh Dunia



Pernikahan merupakan sesuatu yang terbilang sakral, dan umumnya tiap daerah atau suku di suatu negara melakukan upacara-upacara tertentu sesuai dengan adat budaya setempat. Dengan banyaknya ragam suku yang ada di dunia ini, maka tak heran jika terdapat banyak juga tradisi pernikahan, yang tentunya tiap daerah berbeda-beda prosesinya.

Dan dari sekian banyak jenis upacara pernikahan, beberapa di antaranya ada yang sangat unik dan menarik untuk di bahas, seperti misalnya yang kami bagikan berikut ini.

prosesi pernikahan unik

Upacara Pernikahan Paling Unik di Dunia

1. Kalimantan utara

Salah satu upacara pernikahan unik di Indonesia, bisa anda temukan di suku Tidung yang terletak di Kalimantan Utara. Suku ini mengharuskan kaum laki-laki yang akan segera menjadi pengantin untuk menahan hajat(buang air) selama tiga hari dan tiga malam. Bukan hanya bagi laki-laki, namun wanita juga diharuskan melakukan hal yang sama. Adat perikahan dengan menahan hajat ini dilakukan supaya kehidupan pernikahan mereka akan lebih besar, langgeng serta dikaruniai oleh banyak anak. 

2. Kawin Colong

Adat pernikahan yang tergolong unik dan aneh yang selanjutnya adalah kawin colong. Adat yang satu ini dilakukan oleh mereka suku Osing yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Jika diartikan, maka kawin colong memiliki arti mencuri atau mengambil tanpa ijin. 

Tradisi pernikahan yang satu ini dimulai dengan mencuri calon pengantin wanita tanpa ijin untuk kemudian dibawa ke rumah sang calon pengantin pria.

Setelah dua puluh empat jam, pihak dari pengantin pria akan mengutus seseorang untuk mendatangi rumah sang pengantin wanita untuk menjadi colok. 

Colok sendiri merupakan istilah untuk menyebut orang yang di hormati dan dituakan yang berperan sebagai pembujuk orang tua sang wanita agar pernikahan kedua mempelai bisa di setujui dan berlangsung.

Ketika colok sudah datang ke rumah, itu artinya pernikahan antar kedua calon mempelai sudah bisa segera di selenggarakan. Meski masih di lakukan, namun tradisi kawin colong sudah jarang ditemukan.

3. Ospek untuk calon mempelai perempuan

Beda negara beda lagi tradisinya, bagi mereka yang tinggal di Scotlandia, ada tradisi unik pernikahan yang harus dilakukan. Bagi kaum wanita yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan, umumnya mereka akan di pakaikan baju lab dengan warna putih untuk kemudian di lempari tulang ikan, susu basi, merica, telur serta benda apa saja yang dapat membuat mereka bau. Selanjutnya calon pengantin ini akan diikat di pohon dan disiram menggunakan minyak solar.

Usut punya usut, pelatihan atau ospek bagi calon mempelai wanita ini dilakukan untuk mempersiapkan mereka dalam menemui hal memalukan yang bakal ditemui pada kehidupan pernikahan.

4. Mauritania

Menurut banyak orang, ukuran seorang wanita yang cantik adalah mereka yang memiliki tubuh kurus dan tentunya terlihat ideal. Namun beda di Mauritania, di sini seorang gadis akan disebut cantik ketika mereka memiliki tubuh yang besar. 




Inilah kenapa banyak orang tua di Mauritania yang memaksa anak gadis mereka untuk makan lebih banyak ketika usia si anak menginjak 12 atau 15 tahun. 

Gadis di Mauritania, umumnya akan di beri kuskus yang sebelumnya telah di lumuri dengan lemak kambing agar cepat gemuk. Bukan hanya itu, namun anak gadis di Mauritania juga diberi suplemen penggemuk binatang. Untuk mereka yang tidak mau makan, tidak jarang juga yang menerima perlakuan kasar seperti dipukul ataupun disakiti supaya mau membuka mulut mereka.

5. Tradisi menghina keluarga di Afrika Selatan

Di Indonesia ataupun belahan bumi yang lain, umumnya akan berusaha menjaga perasaan keluarga masing-masing calon pengantin. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh penduduk di Afrika Selatan. Di negara ini, masing-masing keluarga berusaha untuk saling menjelek-jelekkan keluarga pengantin satu sama lain. 

Tradisi saling ejek ini di lakukan dengan cara berhadap-hadapan satu sama lain dalam suatu barisan. Untuk selanjutnya, mereka akan saling mengejek satu sama lain. Semakin kejam ejekannya, akan semakin baik. 

6. Kawin culik

Kawin culik merupakan tradisi pernikahan yang cukup aneh selanjutnya. Kawin culik dilakukan oleh suku Sasak yang berada di Lombok. Tradisi Kawin culik ini jika di perhatikan banyak memiliki kesamaan dengan kawin colong. Hal yang cukup membedakan adalah sang mempelai wanita akan diculik dimalam hari supaya tidak terjadi keributan yang tidak diinginkan. 

Ketika penculikan dilakukan, si pria di haruskan dapat mengecoh keluarga wanita agar perbuatannya tidak ketahuan. Dan bila sampai ketahuan, si pria akan dikenai denda. Saat penculikan, sang pria akan mendatangi keluarga calon mempelai wanita untuk memberitahukan jika anak perempuan mereka telah diculik. 

Saat pihak keluarga menyetujui pernikahan, maka orang tua si calon pengantin wanita akan membasuh kaki pria menggunakan air kelapa atau bisa pula dengan air sirup. Jika pernikahannya tidak direstui, maka kaki sang pria akan dibasuh dengan air tajin.

7. Tradisi pernikahan di Marquesas Islands, Tahiti

Di Marquesas Islands, Tahiti, mereka yang akan melangsungkan pernikahan, diharuskan menginjak-injak punggung dari seluruh anggota keluarga. Hal ini dilakukan setelah anggota keluarga membentuk karpet manusia di lantai. 

8. Tradisi pernikahan di india timur

Tradisi pernikahan cukup aneh ini bisa ditemukan di beberapa provinsi di India bagian timur yakni Chhattisgash, Jharkand serta Oriisa. Berada di provinsi ini, memiliki tradisi aneh dengan menikahkan bayi yang terlahir dengan gigi gingsul dengan binatang. 

Tradisi aneh ini didasari dengan anggapan bayi yang terlahir gingsul memiliki kutukan yang hanya bisa ditanggulangi dengan menikahkan mereka dengan binatang. Pernikahan ini juga dilakukan untuk menjauhkan mereka dari godaan setan.

Pernikahan dengan binatang yang dilakukan, tidak lantas membuat status mereka berubah menjadi menikah. perbedaannya adalah, mereka yang telah menikah dengan binatang, kini menjadi lebih kebal dari yang namanya kutukan.

9. Tradisi menangis di suku Tujia

Tradisi aneh ini bisa ditemukan di sebuah suku minoritas yang terletak di China, yaitu suku Tujia. Tidak hanya pada suku ini, namun tradisi menangis juga bisa ditemukan di Sichuan yang terletak di China Selatan. Tradisi menangis, bukan hanya bisa dilakukan di hari pernikahan saja melainkan juga bisa dilakukan sebelum menikah. 

10. Tradisi menikah dengan pohon di India

Di India, mereka yang terlahir ketika planet mars berada di posisi pertama, kedua, keempat, ketujuh, kedelapan serta kedua belas. Mereka yang terlahir pada saat tersebut disebut dengan Mangklik. Mangklik ini akan menemui kesialan yang bisa ditangkal dengan cara menikahi pohon pisang atau patung emas dewa Wishnu. Pernikahan ini dilakukan sebelum mereka menikah dengan pasangan yang asli.

Ada begitu banyak tradisi pernikahan yang tergolong unik dan aneh di dunia ini. Biasanya beragam tradisi tersebut telah di lakukan secara turun temurun oleh leluhur, yang masih jaga dan di lestarikan hingga sekarang. 


Emoticon Emoticon