04/01/2017

Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi



Pemandian air panas sangat erat kaitannya atau identik dengan terapi kebugaran tubuh untuk menghilangkan pegal serta penyakit kulit. Dan salah satu wisata pemandian air panas yang cukup booming di Jawa barat adalah wisata pemandian air panas Cisolok, Sukabumi. Pemandian air panas ini terletak kira-kira 10 kilometer dari kota Pelabuhan Ratu, dan bila dari kota Bandung akan berjarak kurang-lebih 165 kilometer.

Pesona Pemandian Air Panas Cisolok


Pemandian air panas Cisolok ini sangat unik, letak pemandian air panas ini di dekat pantai. Padahal, pada umumnya, pemandian air panas akan terletak di kawasan gunung dan pegunungan. Setelah ditelusuri lebih jauh, air panas yang menyembur dari tiga titik di Pemandian air panas Cisolok ini adalah hasil air yang menyembur sebagai Geyser (airnya panas karena melewati kerak bumi secara langsung). 


Suhu dari semburan air tersebut mencapai 80 derajat Celsius sehingga tidak disarankan bagi pengunjung untuk bermain di sekitar titik semburan karena dianggap berbahaya. Meskipun begitu, baik air yang disemburkan maupun air panas di sungai dan kolam tidak mengandung sulfur atau belerang sama sekali dikarenakan panas yang berasal dari Geyser.

Keunikan lainnya yang dapat anda temui di wisata air panas Cisolok adalah dalam waktu tertentu bisa saja anda akan menyaksikan kehidupan bebas primata endemik Jawa barat seperti lutung, dan kera yang sedang bergelantungan di pohon. Pengunjung nantinya bisa bermain-main di sungai air panas, dan kolam air panas. Selain airnya yang hangat, pemandangan sekitar wisata pemandian air panas Cisolok tergolong masih asri dan alami sehingga menimbulkan kesan segar meski terdapat pada kawasan wisata air panas.

Hal unik lainnya juga ditemukan di sekitar wisata air panas Cisolok adalah penjual telur. Karena telur tersebut nantinya bisa direbus langsung di aliran sungai Cipanas. Telur tersebut akan masak dan siap santap setelah beberapa saat diceburkan dan direndam di aliran sungai Cipanas.




Wisata air panas Cisolok mulai beroperasi sejak pukul 8.00 pagi dan ditutup setiap pukul 18.00 sore hari.

Akses Jalan menuju Wisata Air Panas Cisolok

Secara administratif letak wisata air panas Cisolok ini terdapat di desa Cisolok, kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rute paling mudah dan efisien untuk mencapai wisata air panas Cisolok ialah rute Pelabuhan Ratu – Cisolok. Rute tersebut akan melewati kawasan wisata Karanghayu, Cibangban, dan Citepus. Sesampainya di pertigaan Cisolok, ambillah arah ke kanan guna menuju destinasi wisata air panas Cisolok. Setelah sampai di tempat parkir, anda nantinya masih diharuskan berjalan di atas jembatan gantung untuk menuju lokasi.


Fasilitas Wisata Air Panas Cisolok

Sebagai tempat yang telah resmi di buat menjadi destinasi wisata, tentunya pihak pengelola wisata air panas Cisolok telah melengkapi kawasan wisata tersebut dengan berbagai fasilitas umum penunjang layaknya tempat wisata pada umumnya. Jadi, beberapa fasilitas umum seperti lahan parkir, musholla, toilet dan lainnya bisa dengan mudah anda temui. Dan ada lagi, di tempat ini juga di bangun ruangan atau lebih tepatnya kamar untuk terapi air panas yang menggunakan semprotan air bertekanan dengan suhu air 40 derajat Celsius. Menurut testimoni para pengunjung, rasa yang ditimbulkan terapi tersebut seperti sensasi dipijat menggunakan balsem panas.

Selain adanya kamar terapi air panas, disediakan pula kios-kios makanan, dan kolam renang yang berisikan air panas. Kolam ini sangat luas dan diberikan penutup di atasnya sebagian untuk menjaga kehangatan air panas yang ada.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Panas Cisolok

Kebanyakan wisata alam di Jawa barat menawarkan tarif yang relatif merakyat. Sama halnya dengan wisata air panas Cisolok yang menawarkan tarif tiket masuk yang sangat terjangkau, dan pastinya tidak menguras isi dompet anda. Harga tiket masuk yang seharga Rp.30.000 saja dan tarif parkir yang bervariasi tergantung jenis kendaraan, tarif tersebut mulai Rp.3000 hingga Rp.25.000. Untuk setiap fasilitasnya dikenai tarif Rp.1000 saja. Kolam yang dipakai perorangan dibanderol dengan harga Rp.5000 saja untuk tiap jam nya. Berendam di kamar mandi tertutup diberi harga Rp.15.000. terkahir untuk terapi dikenai biaya Rp.35.000. 


Emoticon Emoticon