18/01/2017

Fenomena Unik Dan Langka yang Hanya Terjadi Satu Kali Seumur Hidup, Bahkan Ribuan Tahun Sekali

Fenomena unik di alam semesta

Dunia teknologi memang telah berkembang dengan sangat pesatnya. Dengan teknologi di zaman modern ini, para ilmuan bisa lebih mudah dalam mengamati karakteristik suatu planet, bintang dan banyak hal lainnya di alam ini. Termasuk salah satunya bisa mengamati segala fenomena yang terjadi di alam semesta.

Dan berbicara tentang suatu fenomena alam, berikut ini kami rangkum berbagai fenomena aneh, unik dan juga langka yang terjadi hanya sekali seumur hidup atau bahkan ratusan tahun sekali. Penasarana fenomena apa yang di maksud? Berikut kami ulas informasi selengkapnya untuk anda semua. Silahkan di simak.

Deretan Fenomena Unik dan Langka di Alam Semesta

1. Komet Halley

Fenomena komet Halley mungkin hanya terjadi satu kali seumur hidup. Seperti yang di kemukakan oleh penemu komet ini yaitu Edmund Halley bahwa dalam kurun waktu 75 tahun sekali, komet Halley baru akan kembali menampakkan wujudnya di bumi. Menurut sejarah, komet Halley adalah salah satu komet yang memancarkan cahaya paling terang. Komet Halley ini terakhir kali muncul pada tahun 1986 dan di prediksi akan muncul kembali kurang lebih pada tahun 2061.

2. Bintang Spica yang di Kelilingi Bulan

Bintang Spica adalah salah satu bagian dari rasi bintang Virgo yang cahaya paling terang. Sebutan Bintang Spica yang lebih di kenal yaitu Raksasa Biru. Fenomena Bintang Spica yang di kelilingi bulan hanya terjadi dalam kurun waktu sekitar ratusan tahun sekali. Dan kejadian atau peristiwa tersebut akan berlangsung kurang lebih selama 20 hari. Fenomena langka ini kali terakhir kali terjadi pada tahun 2013, yaitu gerakan bulan yang mengelilingi Bintang Spica.

3. Salju yang Turun di Kairo




Kairo merupakan negara yang berada di kawasan Timur Tengah dan identik dengan hawa yang panas. Sehingga akan menjadi fenomena yang sangat langka jika salju turun di negara tersebut. Tepatnya pada tanggal 13 Desember 2013, salju turun di Kairo dan warga di sana tentunya menyambut turunnya salju dengan perasaan suka cita. Dan tentunya, peristiwa ini tidak akan dilupakan seumur hidup mereka karena kemungkinan besar bahwa salju tidak akan turun lagi di tahun yang akan datang sampai akhir usia mereka. 

4. Posisi Planet yang Sejajar dengan Matahari

Peristiwa ini adalah fenomena yang sangat langka dan hanya terjadi dalam kurun waktu 25.800 tahun sekali. Para ahli memperhitungkan bahwa peristiwa plnet yang sejajar dengan matahari akan terjadi pada tahun 2040. Sebelumnya, fenomena planet yang sejajar dengan matahari belum pernah terjadi. Jika perhitungan para ahli benar di tahun 2040 bahwa planet akan sejajar posisinya dengan matahari, maka fenomena ini adalah peristiwa yang terjadi pertama kali seumu hidup. 

5. Bintang yang Tertelan Lubang Hitam

Untuk pertama kalinya sejumlah ilmuan di generasi ini telah berhasil mengamati fenomena bintang-bintang yang tertelan di dalam lubang hitam secara langsung pada tahun 2013. Peristiwa tersebut merupakan fenomena alam yang terkenal dengan sebutan Supermassive Black Hole. Bintang yang tertelan lubang hitam merupakan fenomena yang hanya terjadi dalam kurun waktu ratusan hingga jutaan tahun. 

Nah bagaimana hebat bukan? Sangat beruntung para ilmuan generasi ini yang mempunyai kesempatan melihat langsung fenomena alam semesta di atas. Karena bahkan anak cucu kita pun belum tentu bisa melihat penampakan yang sama di masa mendatang.


Emoticon Emoticon