21/01/2017

Inilah 8 Cara Ampuh untuk Memotivasi Semangat Kerja Karyawan

Tanpa karyawan tentunya sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan, karena karyawan adalah aset penting yang merupakan roda penggerak suatu perusahaan. Sehingga sudah merupakan suatu kewajiban, para pemimpin atau owner suatu perusahaan menjaga baik-baik aset penting (karyawan) tersebut. Memberikan segala sesuatu yang menjadi haknya dan memberikan edukasi, motivasi agar loyalitas dan juga semangatnya semakin tinggi.

cara ampuh motivasi para karyawan

Oleh karenanya sebagai seorang pemimpin, anda harus peka dan tahu apa saja hal-hal yang dapat memotivasi karyawan-karyawan anda. Dan sebagai referensi, berikut ini kami rangkum beberapa cara yang bisa anda coba untuk memotivasi karyawan agar lebih semangat dalam bekerja.

1. Membangun kepercayaan anda dengan karyawan

Hal pertama kali yang harus anda bangun untuk memotivasi karyawan-karyawan anda adalah dengan memberikan rasa percaya anda dengan mereka. Jika anda percaya dengan karyawan anda maka akan sangat mudah untuk memberikan motivasi semangat supaya kinerja karyawan anda ke depannya semakin meningkat dan sesuai dengan harapan anda.
2. Buat suasana kerja yang menyenangkan

Suasana dan lingkungan kerja memengaruhi semangat kerja karyawan-karyawan anda. Buatlah iklim kerja yang tidak membosankan dan selalu mempunyai pikiran yang positif terhadap karyawan anda. Lingkungan kerja yang baik dapat mendorong karyawan anda dalam menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik dan tepat waktu. Jangan terlalu serius dalam bekerja, ajaklah sesekali karyawan anda bercanda agar suasana kerja tidak kaku dan lebih hangat.

Susasa kerja yang menyenangkan dapat anda ciptakan dengan menanggapi ide-ide yang diberikan karyawan kepada anda. Berilah ruang bagi karyawan anda untuk selalu mengutarakan pendapat mereka dan berikan tanggapan yang baik mengenai pendapat mereka.

3. Bantu karyawan anda untuk merencanakan karier

Tentunya setiap karyawan pasti menginginkan karier yang bagus untuk ke depannya. Bantulah karyawan anda untuk bisa naik jabatan caranya dengan memberikan penilaian kerja, mengevaluasinya serta mengarahkan karyawan untuk mengembangkan keterampilannya. Janganlah fokus dengan kesalahan-kesalahan karyawan anda tetapi fokuslah dengan hal-hal positif dan potensi karyawan anda. 

4. Lakukan pendekatan secara personal




Pada dasarnya, setiap karyawan menginginkan diri mereka diakui keberadaannya. Sebagai seorang pemimpin, anda harus tahu hal tersebut. Jika anda mengakui keberadaan karyawan anda dan mempunyai hubungan yang baik, akan sangat membantu karyawan anda dalam menyelesaikan pekerjaan mereka dan juga karyawan akan merasa lebih baik. 

Cara untuk melalukan pendekatan personal dengan karyawan anda, tanyakanlah kepada karyawan ketika anda memberinya tugas pekerjaan apakah mengalami kesulitan atau kendala lainnya. Dan bantulah karyawan anda untuk mencari jalan terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan yang anda berikan.

5. Training dan outbond

Berikanlah karyawan anda training untuk meningkatkan kerja karyawan anda. Ketika mereka mengikuti training akan membantu mereka untuk mengubah mindset yang lebih baik untuk ke depannya. Selain memberikan pelatihan atau training, adakanlah outbont bersama karyawan-karyawan anda. Outbond juga membantu anda dalam melakukan pendekatan secara personal serta membantu meningkatkan kerjasama dalam team. 

6. Berikan penghargaan untuk karyawan anda

Hasil kerja karyawan yang baik wajib untuk anda berikan pernghargaan. Karyawan yang diberikan penghargaan atas prestasi yang dicapainya akan memotivasi dirinya untuk meningkatkan kerja ke depan. Penghargaan yang bisa anda berikan misalnya bonus gaji atau paket liburan wisata. Ketika anda memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, akan memengaruhi karyawan lainnya untuk bekerja lebih baik dan mengukir prestasi untuk perusahaan anda. 

7. Jalin hubungan kekeluargaan dengan karyawan

Menjalin hubungan baik dengan cara kekeluargaan adalah cara yang sangat ampuh untuk membangun motivasi karyawan anda. Janganlah anda memandang rendah karyawan-karyawan anda. Rangkul karyawan anda seperti keluarga anda sendiri, mereka akan lebih merasa dihargai dan hal ini membuat mereka semakin semangat dalam bekerja dengan anda. Anda bisa melakukan kunjungan ke rumah karyawan anda jika sedang ada waktu yang senggang atau mengajak karyawan-karyawan anda untuk refreshing bersama-sama.

8. Menyapa karyawan dan memberikan pujian

Jadilah sosok pemimpin yang berwibawa dengan karyawan-karyawan anda. Sapalah karyawan anda, jangan berpikir bahwa anda harus dihormati dan disegani dengan karyawan anda sehingga mereka harus menyapa anda terlebih dahulu. Sosok pemimpin yang dekat dengan karyawan dan berwibawa adalah sosok pemimpin yang disukai oleh karyawan. Dan juga berikanlah pujian kepada karyawan anda baik dari penampilan fisik, kebaikannya sampai kinerja mereka. Dengan hal seperti ini, mereka akan menghormati anda dan akan memptivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi.

Menjadi pemimpin yang berwibawa dan penyayang, bukan berarti anda tidak tegas. Sikap yang tegas dan professional harus di miliki oleh sosok pemimpin yang baik. Tegas bukan berarti kaku tetapi bagaimana cara anda dalam menyikapi proses dan hasil kerja karyawan anda. Supaya ke depannya, motivasi kerja dan semangat kerja karyawan anda semakin meningkat.


Emoticon Emoticon