22/01/2017

Inilah Tips Memotivasi Diri Agar Segera Bangkit Dari Kegagalan dan Keterpurukan

Dalam sebuah kehidupan, yang namanya musibah, kegagalan, dan hal-hal yang menyakitkan lainnya, merupakan suatu hal yang wajar. Terlebih dalam suatu bisnis atau usaha. Kegagalan, bangkrut dan gulung tikar merupakan suatu resiko yang normal terjadi, yang sedari awal harus bisa di antisipasi.

motivasi untuk bangkit dari keterpurukan

Namun nyatanya, walau sudah paham akan hal itu kebanyakan orang tetap merasa putus asa serta kehilangan semangat, setelah menerima kegagalan dari sesuatu (bisnis) yang telah lama di rintis dengan susah payah. Dan sebagai seorang manusia memang hal itu sangat bisa di maklumi. Namun tentunya kita tak boleh berlama-lama dalam kondisi tersebut. Anda harus segera bangkit, buang jauh-jauh rasa putus asa dan mulai membangun kembali mimpi anda dari awal.

Nah, untuk bisa memotivasi anda agar tetap kuat dalam meraih kembali kesuksesan yang pernah di dapat, berikut ini kami rangkum beberapa tips yang sebaiknya anda coba terapkan.

Tips Memotivasi Diri Agar Bangkit Dari Keterpurukan

1. Jalan-jalan ke tempat favorite anda

Ketika anda merasa sangat tertekan akibat segala hal buruk yang terjadi, maka idealnya sempatkan diri anda untuk menyegarkan pikiran dengan mengunjungi tempat-tempat yang anda sukai. Tempat-tempat yang cocok untuk menyegarkan pikiran adalah jalan-jalan ke berbagai destinasi alam dan menikmati indahnya pemandangan serta kesegaran udaranya, bisa ke pantai, mendaki gunung, ke danau, kebun teh, kebun buah, air terjun dan sebagainya. Pergi jalan-jalan ke alam dapat merefresh otak anda dan mengembalikan semangat anda.

2. Mengingat impian anda

Saat anda mulai merasa lelah atau bahkan ingin menyerah, ingatlah kembali tentang impian-impian anda dan apa saja yang selama ini sudah anda jalani. Ketika anda flashback tentang diri anda, anda pasti tahu apa saja hal-hal yang selama ini sudah anda jalani dan anda perjuangkan. Otomatis semua hal itu akan memacu semangat anda lagi untuk melanjutkan langkah dalam memewujudkan segala impian yang anda punya. 

Ingatlah juga orang-orang di sekitar anda yang selama ini selalu ada dan mendukung anda. Orang-orang yang anda cintai dan sayangi itulah yang akan menambah motivasi dalam diri anda untuk terus berusaha menjadi yang terbaik bagi diri anda dan juga mereka. Impian yang anda punya adalah kekuatan yang akan terus membuat anda semangat meskipun berkali-kali anda mengalami jatuh bangun dalam meraihnya.

3. Bayangkan jika anda berhasil meraih impian atau karier anda




Jika segala impian dan keinginan anda tercapai, tentunya anda akan sangat bahagia apalagi kalau sesuatu yang anda raih tersebut adalah hal yang paling berharga untuk hidup anda. Tidak ada salahnya bagi anda untuk berandai-andari atau membayangkan bagaimana rasanya kalau segala impian anda dapat tercapai suatu hari kelak. Ketika anda membayangkan hal itu, anda akan termotivasi untuk segera mewujudkannya. 

4. Tulis semua target impian anda beserta waktunya

Segala sesuatu yang ditulis akan abadi dan mudah untuk diingat dibandingkan dengan ucapan yang hanya sekadar lewat. Tulislah segala hal yang anda impikan di sertai dengan waktunya yaitu hari, tanggal, bulan dan tahun. Dengan membuat target seperti itu, anda akan memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Dan apabila suatu hari anda merasa lelah, ingin menyerah, lupa atau bahkan terlena dengan keadaan, bukalah buku impian anda yang di dalamnya tertulis segala impian anda dan target waktu pencapaiannya. 

5. Buatlah jadwal keseharian anda

Dengan membuat jadwal keseharian anda akan membantu anda untuk disiplin dan termotivasi untuk mencapai segala target yang anda punya. Buatlah jadwal dari jam berapa anda bangun tidur, sarapan, bekerja, beribadah, olahraga dan kegiatan anda lainnya setiap hari. Anda juga harus membuat target yang jelas untuk impian anda.

Misalnya, anda masih seorang mahasiswa dan bercita-cita menjadi seorang penulis sastra terkenal, anda harus meluangkan waktu anda setiap harinya untuk menulis dan menentukan waktu yang tapat apakah pagi, siang, sore atau malam hari. Dalam sehari waktu berputar selama 24 jam, anda dapat menjadwalkan waktu untuk menulis misalnya sehari 3 jam.

Selama 3 jam itu, anda harus disiplin untuk tidak mengerjakan pekerjaan lain. Jika sudah 3 jam anda menulis, anda dapat melanjutkan aktivitas lainnya seperti kuliah, kumpul dengan teman satu organisasi, jalan-jalan, menonton dan sebagainya. 

6. Beri hadiah dan hukuman untuk diri anda

Perjuangan anda untuk meraih impian patut untuk diberi penghargaan. Berilah hadiah untuk diri anda sendiri ketika target anda selesai dengan tepat waktu dan beri hukuman untuk diri anda ketika anda tidak dapat mencapai target yang telah anda buat sebelumnya. Dengan hal seperti ini, diri anda akan lebih termotivasi dan tetap fokus dengan apa yang telah anda buat. 

Contohnya, jika anda mencapai target dengan tepat waktu dan sesuai yang anda inginkan, berilah hadiah untuk diri anda sendiri misalnya dengan membeli sesuatu yang anda inginkan atau pergi menonton film baru. Dan jika anda tidak bisa mencapai target anda, hukumlah diri anda sendiri misalnya tidak boleh pergi menonton, membeli barang yang anda inginkan atau yang lainnya. Cara ini sangat efektif untuk memotivasi diri anda.

7. Bercerita dengan sahabat anda

Ketika anda merasa tak sanggup dan sangat lelah dengan apa yang selama ini anda jalani, ceritakanlah apa yang sedang anda hadapi dengan sahabat terdekat anda atau dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang sama dengan anda. Jangan biarkan diri anda menghadapi segalanya sendiri. Jangan malu untuk meminta tolong dengan sahabat anda atau dengan orang-orang yang anda percaya. Memendam masalah sendirian akan membuat anda stress dan memengaruhi kesehatan anda.

8. Ingatlah kalau hanya diri anda yang bisa mewujudkan impian anda

Meskipun anda punya banyak teman dan sering menceritakan tujuan anda dengan sahabat anda, ingatlah kalau hanya diri anda sendiri yang bisa mewujudkan segala impian anda. Orang-orang di sekitar anda adalah jembatan bagi anda untuk mencapai tujuan dan mimpi yang anda punya. Selanjutnya, segala usaha untuk bisa meraihnya ada pada diri anda sendiri bukan orang lain. 

Itulah delapan cara terbaik untuk memotivasi diri, saat anda sedang terpuruk. Semuanya memang tidak mudah karena butuh niat yang kuat serta usaha yang keras agar semangat bisa terkumpul lagi. Namun jika anda menerapkan tips di atas, besar kemungkinan anda akan punya kekuatan untuk segera bangkit dan melanjutkan langkah-demi langkah agar semakin dekat dengan yang anda impikan. Selamat mencoba dan selalu semangat!!!


Emoticon Emoticon